Sabtu, 11 Maret 2017

TUGAS PERTEMUAN 3 MIAD.

Perkembangan Teknologi
Tugas Pertemuan 3

Nama                   : Salsabila
Kelas/NPM : 1PA12/16516784

1.      Perkembangan Media dari Masa ke Masa
Pada zaman Romawi kuno sekitar 60 SM muncul media untuk pernyataan umum yang dikenal dengan nama Acta Senatus atau Acta Diurna Populi Romawi. Acta Diurna memuat pengumuman dari Kaisar Roma dan berita-berita kekaisaran lainnya. Biasanya Acta Diurna tebir setiap hari dan ditempel atau dipasang di pusat kota yang biasa disebut Forum Romanum. Pada zaman itu, orang yang biasanya mencatat beritanya disebut Actuari atau yang kita kenal sekarang dengan sebutan penulis. Para pakar berpendapat bahwa masa sebelum Acta Diurna sebagai Masa Prajurnalis dan masa setelah Acta Diurna sebagai Masa Jurnalis.



a.       Surat Kabar Tercetak Pertama
Ts’ai Lun merupakan orang pertama yang membuat kertas dari kulit murbei, sebelum itu orang menulis di atas papyrus dan kulit kambing atau lembu. Orang Eropa baru mengenali teknik pembuatan kertas pada abad ke-12 dan sejak itulah penggunaan kertas semakin meluas. Surat kabar harian pertama kali terbit di Leipzig (1660) dengan nama Leipzig Zeitung. Kemudian di Inggris (1720) dengan nama Daily Courant. Sourabaya Courant merupakan merupakan surat kabar pertama di Indonesia yang diterbitkan oleh Hindia Belanda pada tahun 1837. Surat kabar merupakan media massa yang muncul pertama kali dan karena proses percetakan yang dilakukan dengan cara menekan kertas di atas susunan huruf dengan menggunakan penekan datar lainnya, sehingga disebut dengan pers (press).



b.      Radio
Pada tahun 1874 Guglielmo Marconi (Italia) menemukan radio. Tahun 1899 ia sanggup mengirim berita dengan gelombang elektromagnetik menyebrangi selat Inggris. Kemudian di tahun 1901 Marconi berhasil mengirim berita radio dari Inggris ke Newfoundland melintasi Atlantik. Marconi juga berhasil memicu berkembangnya penyiaran radio pada tahun 1920-an. Radio memiliki kegunaan, contohnya sebagai keperluan hiburan, promosi, dan juga penyampaian berita. Peristiwa yang terjadi hari ini dapat langsung kita ketahui pada hari itu juga. Lalu munculah istilah jurnalisme radio (radio journalism atau broadcasting journalism).



c.       Film
Penemuan film bersamaan dengan ditemukannya pita seluloid. Seiring berkembangnya waktu film justru lebih mengarah ke seni pertunjukan. Menurut Joseph M. Boggs dalam bukunya The Art of Watching Film menjelaskan penyebab film menjadi condong berkembang sebagai media pertunjukan adalah semata-mata untuk membuat orang merasa terhibur.



d.      Televisi
Televisi ditemukan pada tahun 1926 oleh John L. Baird kemudian didemonstrasikan lewat BBC (British Broadcasting Corporation) London Inggris. Media televisi dan radio disebut juga sebagai jurnalisme elektronik, termasuk di dalamnya media internet.

2.      Teknologi yang digunakan dalam Psikologi
            A. E-Counseling
Merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. E-Counseling membantu para terapis untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan kliennya sebelum akhirnya mereka sepakat untuk bertemu secara langsung atau face-to-face untuk melanjutkan proses terapi selanjutnya.

 B. Program SPSS
Program ini digunakan untuk membantu pengolahan data. Aplikasi ini sangat membantu seorang psikolog jika sedang melakukan penlitian di bidang psikologi dengan menggunakan metode kuantitatif. Aplikasi SPSS dapat mempermudah pengolahan data dalam skala besar sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga, dan dapat mengurangi resiko hasil yang tidak akurat.

Sumber:
http://hidayatulfitriyah79.blogspot.co.id/2016/03/sejarah-perkembangan-media.html
http://hidayatulfitriyah79.blogspot.co.id/2016/03/sejarah-perkembangan-media.html
     





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...