Minggu, 12 Maret 2017

Tugas 2 Matematika & Ilmu Alamiah Dasar

Nama   : Rhea Ahmad Matin
Kelas   : 1PA12
NPM   : 16516280

Mitos

Kali ini saya mendapat tugas untuk menuliskan mitos-mitos yang ada di daerah masing-masing, tentu ini menarik karena kedua orang tua saya lahir dimana mitos masih sangat dipercaya, tugas ini dibantu oleh mamah saya yang masih ingat mitos-mitos dari kampung halamannya yang menjadi acuan saya untuk mengerjakan tugas ini, berikut mitos-mitos yang beredar dikeluarga ataupun di kampung halaman saya.

1. Jangan nyapu dimalam hari ! Karena buat rezeki jadi seret.

Zaman dulu tentu pada malam hari sangat gelap, iya walaupun ada lampu, mungkin lampunya berwarna kuning yang sangat redup dan tidak nyaman untuk mata kita, Lalu munculnya lah mitos dimana jika nyapu dimalam hari akan membuat buat rezeki jadi seret, mungkin alasan logisnya karena dimalam hari lantai rumah tidak terlalu keliatan jadi takutnya akan ada uang yang ikut tersapu, dan bagaimana jika uang itu ikut tersapu ? itu sama saja dengan menolak rezeki bukan ? seperti itu yang diceritakan oleh mamah saya.

2. Ibu yang hamil sebaiknya makan dipiring yang kecil dan bagus sedangkan anaknya yang sudah lahir makan dipiring yang besar dan bagus.

Mitos kedua yang diberitahu oleh mamah, mungkin menarik bagi perempuan, karena terkait mamah yang melahirkan saya, pasti mamah juga diberitahu mitos ini oleh nenek saya yaitu mamahnya mamah saya, mitos ini jika ibu hamil makan dipiring yang kecil dan bagus agar anak yang terlahir cantik/ganteng dan alasan logisnya jika ibu hamil makan dipiring yang besar ditakutkan makan dengan porsi besar yang tidak baik untuk si bayi, sedangkan jika si anak sudah lahir makanlah dipiring yang besar dan bagus agar cepat tumbuh besar dan menjadi anak yang cantik/ganteng.

3. Jangan makan di cobek nanti jodohnya nenek-nenek bagi laki-laki dan kakek-kakek bagi perempuan.

ada mitos lucu (lagi) yang diberitahukan mamah saya, jangan makan dicobek ! nanti jodohnya nenek-nenek atau kakek-kakek sampai sekarangpun mamah masih bingung mengenai mitos ini karena alasan logisnya tidak dapat ditemukan karena memang tidak ada sangkut pautnya jodoh dan tempat makan, tapi mitos ini tetap dipercaya oleh orang-orang dulu.

4. Kampung Pulo di Situ Cangkuang, rumahnya tidak boleh lebih dan kurang dari 7 dan dilirang membunyikan gong.

Mitos ini beredar di Garut kampung halaman saya, mamah memberitahukan ada mitos menarik yaitu di daerah Situ Cangkuang, nama Cangkuang diambil dari tanaman sejenis pandan dan pohon ini hanya tumbuh di daerah itu, di Situ Cangkuang ada kampung yang terkenal mitosnya yaitu Kampung Pulo.

Di Kampung Pulo punya mitos dilarang mendirikan rumah tidak lebih dan kurang dari 7 rumah, konon jumlah rumah ini sesuai dengan anak dari sesepuh Embah Dalem Arif Muhammad, alasan khusus kenapa dilarang mendirikan rumah tidak lebih dan kurang dari 7 rumah masih menjadi mitos warga setempat, mitos lainnya yang terkenal di daerah Kampung Pulo yaitu dilarang membunyikan gong, menurut warga setempat, dulu salah satu anak dari Embah Dalem Arif Muhammad ingin mengkhitankan anak laki-lakinya tetapi pada saat arak-arakan, tepat saat dibunyikan gong, anak laki-lakinya terjatuh dan meninggal. Sampai sekarang mitos dilarang membunyikan gong masih dipercaya oleh warga asli Kampung Pulo.

Sumber

http://regional.kompas.com/read/2010/02/23/08514912/Misteri.Hujan.dan.Penampakan.di.Papandayan.dan.Cangkuang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...