Senin, 27 Maret 2017

Tugas 3 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar



Nama   : Intan Justitia Dewi
Kelas   : 1PA 12
NPM   : 18516337
Tugas 3
Perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari!
FLASHDISK





 


Yaitu sebuah alat penyimpanan data yang semakin  popular dan bisa di bilang menggeser peranan floppy disk atau yang biasa kita sebut dengan Disket. Sebenarnya flashdisk dan disket memiliki fungsi yang sama, hanya saja sebagai alat atau media penyimpanan data flashdisk biasanya memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar daripada disket. Rata-rata sebuah disket hanya mampu menyimpan data sebesar 1.44 Mega Bytes, sedangkan sebuah flashdisk mampu menyimpan data mulai dari 32 Mega Bytes sampai 2 Giga Bytes, bahkan lebih. Flashdisk adalah alat penyimpanan data memori flash tipe NAND yang memiliki alat penghubung yang terintegrasi yang disebut USB (Universal Serial Bus).
Flash Memory (NOR dan NAND) pertama-kali ditemukan yaitu oleh Dr. Fujio Masuoka pada tahun 1984, ketika itu ia sedang bekerja pada Toshiba. Sedangkan nama ‘Flash’ digagaskan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali, karena ada tiga perusahaan yang memperselisihkan yaitu M-Systems, Netac, dan Trek 2000.
Perkembangan flash disk sangat pesat. Flash disk saat pertama kali dipasarkan pada tahun 2000 hanya berkapasitas 8 MB. Sekarang, tahun 2011, hanya berselang 11 tahun, kapasitas flash disk terbesar yang dipasarkan adalah 256 GB, 32000 kali lipatnya. Perkembangan secepat ini disebabkan peneliti sudah menemukan teknologi yang semakin canggih. Material yang tersedia pun semakin lama semakin canggih, terutama setelah ditemukan dan berhasil dimanfaatkannya logam semikonduktor. Tidak hanya disknya, port USB-nya pun terus berkembang. USB port yang pertama dikenalkan pada tahun 1996, USB 1.0, memiliki kecepatan transfer data maksimum 12Mbit/s. Sedangkan USB 2.0,  yang dikeluarkan pada tahun 2000, memiliki kecepatan transfer data 480 Mbit/s. 40 kali lipat dari USB 1.o. Kemudian tahun 2010 dipasarkan USB 3.0 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 5Gbit/s, 10 kali lipat dari USB 2.0.
Untuk masalah keamanan yang dimiliki flashdisk atau flash drive saat ini sebatas melindungi data yang ada supaya tidak terakses oleh orang yang bukan pemiliknya. Cara kerja yang dipakai saat ini antara lain menggunakan Full Disk Encryption atau Physical Authentication tokens. System terbaru yang diperkenalkan tengah tahun 2005 lalu adalah Biometric Fingerprinting. Dalam perkembangan selanjutnya, flashdisk menggunakan standar pentransfer data (bus) serial mampu mentransfer data dengan frekuensi clock 480 Mb perdetik. Generasi berikutnya mampu mentransfer data dengan kecepatan yang bervariasi,  semisal “180X” atau 180 x 150 KIB/s. Bahkan beberapa flashdisk mempu mentransfer hingga 5 gb per detik sejak mengadopsi USB 3.0. Namun, sebagian besar flashdisk yang ada di pasaran belum memanfaatkan USB 3.0 karena keterbatasan controller.
Flashdisk memiliki keunggulan dan kelemahan dibandingkan dari alat penyimpanan data lainnya.
Keunggulan :
·         Mudah di bawa kemana mana karena bentuknya yang mungil dengan kapasitas penyimpanan data besar.
·         Dapat digunakan menyimpan data digital berupa gambar, teks, audio dan sebagainya.
·         Dapat dipasang sistem pengaman berupa password agar tidak semua orang bisa menggunakannya.
Kelemahan      :
·         Mudah terserang program jahat  komputer dan menyebarkannya ke perangkat lainnya.
·         Apabila mencabut flashdisk saat masih bekerja mentransfer data bisa cepet rusak.

 Beberapa fungsi dari Flashdisk diantaranya yaitu :
A.    Flashdisk sebagai virtual memori
Dengan kemajuan teknologi pada saat ini yang sangat berkembang pesat, flashdisk yang awalnya hanya desain sebagai penyimpanan data kini berfungsi sebagai RAM. Dan bagi anda yang merasa komputernya masih menggunakan bagi anda yang merasa komputernya masih menggunakan Pentium 4 kebawah dengan harga memori DDR yang mahal lebih mahal dari DDR 2 sehingga membuat computer anda sedikit lambat karena minimnya kapasitas RAM komputer, anda bisa menambahkan RAM dengan menggunakan flashdisk yang anda punya. Dengan Flashdisk yang anda miliki, flashdisk anda dapat dibuat menjadi RAM, cara ini cukup efektif agar meningkatkan performa komputer anda, istilah ini dikenal dengan sebutan virtual memory.
Pengertian RAM sendiri adalah Random Access Memory, sebuah tipe penyimpanan komputer yang diisinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Pengertian lain RAM (Random-Acesss Memory) merupakan salah satu jenis memory internal yang menentukan kemampuan kecepatan kinerja sebuah komputer. Memory internal (Internal memory) bisa juga disebut juga memory utama (Main memory) dan memory primer (Primary memory). Komponen ini berfungsi sebagai pengingat. Jadi semakin besar RAM maka semakin baik kinerja PC kita, tetapi juga harus ditunjang hardware yang lain, percuma juga ketika memiliki RAM4G tetapi processornya P2 sama dengan tidak.
B.     Install Windows Menggunakan Flashdisk.
Pada zaman teknologi yang semakin canggih masa sekarang ini tidak ada yang tidak mungkin, bagi yang memiliki notebook mungkin akan berpikir 2 kali untuk membeli DVD Room External karena harganya yang lumayan mahal dan jarang terpakai.Disini hanya cukup memanfaatkan flashdisk yang anda miliki untuk windows ke komputer atau notebook anda, karena pada zaman sekarang flashdisk sudah menjadi kebutuhan pokok , setiap orang pasti mempunyai flashdisk dengan kapasitas yang besar dan tidak banyak memakan biaya. Sekarang anda bisa melakukan installasi windows yang hanya dengan menggunakan flashdisk yang sudah anda punya, bukan sekedar untuk menyimpan data saja tetapi bisa juga dipergunakan untuk menginstall windows anda.
C.     Flashdisk Senjata para Hacker.
Flashdisk yang kita kenal adalah sebuah perangkat portable yang sering digunakan sebagai media peyimpanan data, baik data pekerjaan kantor, kampus atau data-data baik data pekerjaan kantor , kampus atau data-data penting lainnya. Karena konsep dasar diciptakannya flashdisk adalah sebagai media penyimpanan data yang bersifat portable dan gampang dibawa kemana-mana, banyak pemilik flashdisk yang menganggap flashdisk hanya berguna sesuai dengan konsep dasar penciptaannya. Padahal dengan sedikit kreativitas anda dapat menjadikan flashdisk anda sebagai sebuah media pembantu dalam proses pembelajaran dan tindakan Hacking maupun penerapan security/keamanan anda saat beraktivitas pada komputer yang anda gunakan. Pada perkembangan dunia Informasi Teknologi masa sekarang flashdisk berfungsi bukan hanya sekedar tempat penyimpanan data saja namun flashdisk sebagai security tools.
D.    Flashdisk Sebagai Kunci Komputer.
Flashdisk adalah sebuah bebda kecil yang digunakan sebagai perangkat penyimpanan data portable yang sangat mudah dibawa kemanapun anda pergi. Ukurannya yang begitu kecil yang hanya sebesar korek gas membuat benda ini sangat mudah dibawa kemanapun dibandingkan perangkat penyimpanan lain seperti disket dan cd. Selain sebagai media penyimpanan, ternyata flashdisk mempunyai beberapa fungsi lain diantaranya bisa digunakan sebagai pengguna PC kita.
E.     Membuat Windowsnlive flashdisk.
Dengan membuat windows Live Flashdisk ini sebenarnya banyak sekali kegunaannya, jiak terdapat error pada windows komputer desktop atau tidak apat masuk kedalam windows desktop, anda hanya perlu memasukkan flashdisk anda dan memperbaiki system windows yang ada pada komputer desktop dengan menggunakan Windows Live Flashdisk yang sudah anda buat.

F.      Flashdisk sebagai Memory Card.
Pada tips kali ini akan mencoba menjadikan sebuah flashdisk menjadi memory card. Flashdisk ini nantinya akan digunakan sebagai media penyimpanan sebagai pengganti memory card.
G.    Reset Password Windows dengan Flashdisk.
Jika anda lupa dengan password windows baik windows xp, vista maupun windows 7 anda masih bisa mereset password administrator agar kosong alias tanpa password. Program sebelumnya dengan WPR(Windows password Remover) mampu menghapus password admin.
H.    Membuat Hiren’s boot flashdisk.
Hiren’s boot CD (HBCD) merupakan kumpulan tool yang dijadikan satu dalam CD bootable. HBCD sangat digemari oleh orang-orang yang suka mengoprek komputer,baik untuk sekedar hobby maupun sebagai senjata mereka yang bergerak dibidang service komputer.
I.       Membuat flashdisk 1 GB menjadi flashdisk 2 GB.
Membuat flashdisk 1 GB menjadi Flashdisk 2 GB adalah cara lama untuk merubah agar flashdisk 1GB terlihat menjadi 2 GB ketika anda properties flashdisk tersebut.
J.       Hack Your friends Flashdisk.
Flashdisk atau orang-orang bisa menyebutnya USB merupakan hardware yang paling banyak diminati oleh masyarakat pada saat ini sebagai alat untuk penyimpanan data-data mereka baik yang bersifat privat maupun publik. Selain dari kegunaan-kegunaan diatas flashdisk juga memilki fungsi lain yaitu mengatur dan mengelola komputer, untuk menjalankan fungsi maka langkah awal adalah menginstall Parted Magic yaitu suatu software yang berfungsi untuk meresert password di Windows, clone sytem dan juga partisi hardisk. Selain itu flash disk juga bisa dibuat untuk bootable disk. Selain fungsi yang maksimal diatas, masih banyak sekali fungsi flasdisk untuk kebutuhan kita sehari-hari. Berawal dari sebuah disket berkembang menjadi CD dan saat ini sudah bisa dikemas berupa benda kecil yaitu flashdisk dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Perkembangan kecanggihan teknologi memang menunjukkan sebuah hasil yang dapat lebih mempermudah aktivitas manusia.Flashdisk akan lebih maksimal lagi bila anda mampu memanfaatkannya dengan baik, serta tak lupa merawatnya baik dari sisi fisik maupun file yang ada didalam flashdisk. Selalu lakukan scaning secara rutin saat flashdisc digunakan agar terhindar dari virus.





PRINTER
Printer merupakan sebuah alat/Hardware (perangkat keras) yang terhubung langsung dengan mesin computer. Printer sendiri berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar dan tampilan-tampilan lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Istilah resolusi printer disebut juga dpi (dot per inch) yang mengandung arti banyaknya jumlah titik dalam luas area 1 inch. Makin tinggi resolusinya, maka akan semakin bagus pula hasil cetakannya. Begitupun sebaliknya, jika resolusinya rendah, maka hasil cetakannya tidak akan bagus. Di era modern saat ini, banyak sekali jenis-jenis printer yang hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia.
Teknik cetak mencetak sebenarnya telah dilakukan secara konvensional di Cina pada abad ke-14. Inovasi yang dilakukan masyarakat Cina untuk menciptakan tinta dan block printing sangat berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Namun, perkembangan di Cina tak sedahsyat perkembangan yang terjadi di kawasan Eropa. Hal ini diindasikan lantaran tulisan alfabet Cina memiliki ribuan spesific ideogram sehingga sangat sulit apabila diterapkan ke media mesin ketik. Dampaknya, hampir tidak ada perubahan yang berarti perihal efisiensi produksi di Cina sebagaimana perkembangan yang terjadi di Eropa.
Pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat di kawasan Eropa yang menyebabkan kebutuhan proses produksi dokumen tulisan sangat murah dan instan. Seorang usahawan dan tukang emas asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin cetak secara revolusioner. Penemuan ini bahkan dianggap penemuan paling penting di era Millenium silam, meski efek yang ditimbulkannya terhadap perekonomian global tidak terlalu signifikan. Dari masa ke masa, teknologi printer kian berkembang. Bahkan kebanyakan orang di seluruh penjuru dunia menganggap alat tersebut sebagai bagian dari kebutuhannya. Kini, printer telah banyak diproduksi oleh produsen-produsen ternama seperti Epson, Hewlett-Packard (HP), Canon, Brother, Lexmark, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jenis-jenisnya pun sangat beragam, dan tentu saja cara kerja printer nya juga berbeda pula.

Berikut jenis dan cara kerja printer     :

·         DaisyWheel

 

Printer jenis ini menggunakan kumpulan huruf yang tersusun dalam sebuah piringan. Oleh pemakainya, piringan tersebut dapat diganti-ganti sesuai dengan jenis huruf yang diinginkan. Cara kerjanya relatif sangat lambat dan tidak lebih cepat dari mesin ketik listrik biasa. Walaupun demikian, kualitas huruf yang ditampilkan oleh printer jenis ini sangat bagus.
Kelemahan lain dari printer jenis ini adalah tidak bisa digunakan untuk mencetak gambar atau grafik. Pada saat mencetak, mekanisme printer jenis ini akan memutar piringan sehingga posisi huruf yang dibutuhkan bisa tepat pada tempat yang dibutuhkan
. Pada posisi seperti itu, palu/pemukul (hammer) akan menekan huruf yang bersangkutan sehingga menyentuh pita karbon dan kemudian akan diteruskan diatas kertas yang berada dibalik karbon/pita, sehingga terjadilah pencetakan huruf demi huruf.
Dikarenakan cara mencetak printer jenis ini berdasar huruf demi huruf, maka printer ini juga dikenal sebagai Character-Printer. Kecepatan cetaknya relatif lambat, berkisar 40 hingga 100 karakter per-detiknya.
 
DotMatrix-Printer
 
 
 Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7, 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertikal dan membentuk akan sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk gambar karakter melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga dikelompokkan dalam character printer. Kecepatan printer jenis ini sangat bervariasi. Type yang terkenal dari printer jenis ini adalah seri Epson LX-80 dengan kecepatan cetak 80 karakter per-detik. Pada saat head-printer bergerak dari kiri ke kanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf. Setiap karakter yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unik yang terdiri dari berbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis warna (color) dan ada pula yang non-color. Untuk printer color, menggunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.

Ink-JetPrinter
 

 Printer jenis ini adalah yang paling banyak digunakan hingga saat ini. Cara kerja printer jenis ini adalah dengan menggunakan sistem yang berbeda dibanding dengan dua printer sebelumnya. Proses pencetakkannya menggunakan semprotan tinta (dimana proses penyemprotan diatur oleh komputer) ke media cetak guna menghasilkan karakter ataupun gambar yang diinginkan. Karena menggunakan teknik semprot, maka printer jenis ini sama sekali tidak menimbulkan suara berisik seperti halnya printer-printer sebelumnya.
Karena menggunakan resolusi cetak yang tinggi (minimal 300 dpi/dot per-inci), maka hasil cetakkan printer jenis ini biasanya lebih bagus apabila dibanding dengan dua jenis printer sebelumnya, khususnya dalam menghasilkan gambar ataupun grafik. Kelemahan printer jenis ini adalah, tidak bisa mencetak secara rangkap pada saat yang bersamaan. (Untuk jenis printer sebelumnya, bisa menggunakan karbon, sehingga beberapa lembar kertas bisa dicetak secara bersama-sama).

LaserJetPrinter
 
 Printer jenis ini memakai sistem yang hampir sama dengan sistem yang dipakai oleh mesin foto-copy, sehingga hasil cetakkannya jauh lebih rapi jika dibanding dengan printer-printer sebelumnya. Proses pencetakkannya dilakukan dengan mem-fokuskan gambar yang akan dicetak titik demi titik yang dilakukan oleh semi conductor laser dimana pada mesin foto-copy biasa, pemfokusan gambar dilakukan oleh silinder yang berputar.
Karena output yang dihasilkan sangat memuaskan, maka printer jenis laser jet sangat cocok digunakan dalam dunia percetakan. Selain itu, pilihan huruf yang dimiliki juga sangat beragam, demikian pula style ataupun bentuk dari huruf yang bersangkutan.

Plotter
 
 
 Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada.
Head dari plotter terdiri dari beberapa buah pena berwarna yang secara terus-menerus akan bergerak keatas kertas gambar guna menghasilkan gambar yang sebelumnya telah dirancang pada sistem komputer. Secara umum, bagian yang ada di dalam plotter terbagi menjadi dua, yaitu drum-plotter dan table-top-plotters (flatbad). Flatbad plotter yang dilengkapi dengan pena ataupun gantungan pena yang selalu bergerak menelusuri permukaan kertas guna menghasilkan gambar
Inkjet Plotters merupakan plotter jenis lain yang bisa menghasilkan berbagai image dengan menggunakan semprotan tinta dari berbagai warna yang mana warna tersebut kemudian akan menempel pada kertas yang tergulung pada sebuah drum. Komputer yang dihubungkan dengan inkjet plotter ini, akan mengontrol pergerakan drum serta semprotan dari tinta yang bersangkutan. Inkjet plotter dapat menghasilkan berbagai kombinasi warna gambar secara cepat, tidak berisik, dan tepat.

PrinterDigital

Beberapa waktu yang lalu, keunggulan foto kamera digital hampir tenggelam oleh terbatasnya tempat yang menyediakan jasa cetak foto digital. Disamping itu, mutu dan kualitas gambar hasil cetak foto dari printer ink-jet, ternyata tidak maksimal.
Sekarang dapat kita jumpai model-model terbaru printer portable yang dapat mencetak foto digital secara cepat dan pengoperasian yang sangat sederhana. Printer ini dapat mencetak gambar secara langsung dari kamera digital tanpa membutuhkan perangkat komputer. Walaupun demikian, printer jenis ini juga bisa dihubungkan dengan sebuah PC.
Pada sektor video, beberapa pabrikan juga telah melengkapi produk video kameranya yang dapat terhubung langsung dengan sebuah printer mini dimana output video dapat dikonversi langsung dalambentukdigital.
Proses ini berlaku juga untuk proses sebaliknya dari digital ke-analog. Yang perlu dilakukan hanyalah menghubungkan kedua piranti melalui Bridge secara langsung tanpa melalui PC.

AllinOnePrinter.
 
 
 Dewasa ini printer jenis ini mulai banyak digemari karena printer ini dilengkapi dengan banyak fitur dan fasilitas. Berbagai fitur peralatan kantor dasar menjadi satu di dalam printer ini. Beberapa printer jenis ini dilengkapi berbagai fitur unggulan dalam hal cetak (print), salin (copy), pemindai (scanner), hingga mesin fax yang menjadi satu di dalam printer ini. Beberapa printer jenis ini juga sudah menggunakan layer LCD warna untuk menampilkan operasi yang sedang berjalan maupun hasil jadi dokumen yang akan dicetak.
Printer jenis ini juga menggunakan piranti koneksi lengkap mulai dari port USB standard, network (Ethernet), wifi, hingga Bluetooth. Dengan resolusi cetak yang tinggi membuat printer jenis ini menjadi solusi terbaik dalam urusan cetak mencetak dan berbagai fasilitas pendukung di dalamnya akan makin memudahkan pekerjaan anda di kantor. Namun harga dari printer jenis ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan printer jenis lain yang tidak menggunakan beragam fitur selain hanya untuk mencetak saja.


Teknologi yang digunakan dalam psikologi!

Aplikasi SPSS Dalam Psikologi
Kemampuan statistik merupakan salah satu syarat untuk para calon psikolog. Berkaitan dengan kemampuan skoring dan pengolahan data dalam suatu penelitian. Hal ini berarti para mahasiswa dalam bidang yang berkaitan (dalam konteks ini psikologi) harus mampu dalam perhitungan statistik guna melengkapi syarat skripsi maupun penelitian terutama yang menggunakan metode kuantitatif. Dahulu semua kegiatan ini dilakukan secara manual, namun sekarang telah dibuat program khusus untuk perhitungan statistik yang dinamakan SPSS (Statistical Product And Service Solution) yang memiliki berbagai macam software yang bersifat umum maupun spesifik yang dibuat guna memudahkan dalam penggunaannya berkaitan dengan perhitungan statistik.

Spss pertama dikembangkan pada tahun 1960 sebagai perangkat lunak statistik. Dan pada tahun 1984 dikembangkan Spss untuk PC (Personal Computer) atau yang disebut dengan SPSS/PC. Dan untuk seri windows nya sendiri baru dikembangan pada awal tahun 90an tepatnya 1992. Dan terus berkembang hingga saat ini seri yang terbaru 16.0.
TujuanSPSS
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa program ini dibuat dengan berbagai macam perintah yang umum maupun spesifik, guna memudahkan individu dalam perhitungan maupun pemrosesan data mentah statistik secara cepat dengan akurasi yang baik.

CaraKerjaSPSS
Cara kerja SPSS secara garis besar hanya terbagi atas 3 cara: Pemasukan data (input) - Pemrosesan - dan akan keluar hasil atau sering kita sebut dengan output.
Namun berikut akan diberikan gambaran secara garis besar tentang bagaimana cara SPSS bekerja.
  1. Pemasukan Data (Input) : Langkah awal dalam pengoprasian SPSS adalah pemasukan data atau input. Masukan data dalam lembar kerja dengan memberikan nama kolom dan baris yang tertulis secara otomatis
  2. Proses: Pemrosesan adalah langkah yang paling panjang dan rumit jika dijabarkan satu persatu. Seperti yang dijlaskan sebelumnya bahwa hanya akan disajikan gambaran secara garis besar atau bersifat umum, bukan hal yang dijelaskan secara spesifik. Intinya adalah kita memilih metode analisis setelah langkah pertama atau pemasukan data dilakuakan. Metode analisis ada berbagai macam antara lain ANOVA, Regresi linier, Korelasi, Analisis Faktor, T-test dsb.
  3. Hasil (output): Hasil pemrosesan adalah data jadi baik berupa angka yang telah terproses maupun diagram, baik batang, pie, maupun yang lainnya.
ManfaatSPSS
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa SPSS membantu pengguna dalam memproses data mentah statistik. Program ini telah dipakai diberbagai ilmu seperti jurnalistik, keuangan, psikologi, ekonomi, akuntansi dan lain sebagainya. Karna SPSS juga bisa melakukan analisis terhadap data yang bersifat kulitatif dengan cara mengkuantifikasikan terlebih dahulu. Tidak heran bahwa mahasiswa dalam bidang yang berkaitan sangat membutuhkan program ini.

Psikodiagnostik
Psikodiagnostik berasal dari 2 kata, yaitu psikologi dan diagnostik. Psikologi adalah ilmu tentang tingkah laku manusia, sedangkan diagnostik adalah mencari tahu. Jadi, bisa disimpulkan psikodiagnostik ini adalah ilmu tentang mencari tahu masalah perilaku yang muncul. Misalnya, mencari tahu mengapa pasien A bertingkah laku aneh, apa yang menyebabkan dia bertingkah seperti itu, dan penanganan apa yang harus diberikan kepada pasien A tersebut.
Psikodiagnostik ini muncul dilatarbelakangi oleh kebutuhan klinis, yang dieksiskan oleh Hermann Rorschach. Dalam mendiganosa seseorang individu, Hermann membuat sebuah tes yang dinamakan “Test Rorschach”. Test Rorschach adalah suatu tes yang berupa bercak tinta, yang diteteskan pada kertas sehingga memunculkan bentuk gambar yang simetris. Lalu subjek/individu yang di tes diminta untuk mengiterpretasikan gambar tersebut. Beberapa psikolog menggunakan test ini untuk memeriksa kepribadian seseorang. Test ini banyak digunakan untuk kasus – kasus dimana pasien tidak ingin menggambar proses terbuka.
Apa tujuan dari psikodiagnostik itu sendiri??
  1. Untuk mengetahui potensi/ kemampuan-kemampuan yang dimiliki individu
  2. Agar dapat memperlakukan individu sesuai dengan potensinya
  3. Untuk menetapkan kelainan-kelainan psikis yang dialami individu, seperti fobia, skizoferenia, paranoid, dll
  4. Agar dapat memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kelainan psikologis yang dialami individu tersebut. Misalnya, dia menderita paranoid, apa penanganan yang tepat supaya paranoidnya bisa disembuhkan.
  5. Untuk mengetahui adanya perbedaan-perbedaan individu. Misalnya, kembar identik. Apakah kembar identik sudah pasti sama?? Bisa saja mereka memiliki kepribadian yang berbeda-beda.

Apa peran psikodiagnostik itu sendiri??

  • Dalam psikologi: Alat bantu/ metide yang penting dalam mencapai praktis psikologi. Jadi psikodiagnostik ini bukan merupakan cabang dari ilmu-ilmu psikologi, melain sebagai proses, sebagai alat prasarana dalam psikologi.
  • Dalam kehidupan sehari-hari: Untuk menyelesaikan problem solving.

Lalu apa sasaran dalam belajar psikodiagnostik??

1.Menempatkan individu sesuai dengan potensi yang dimiliki baik di bidang pendidikan, pekerjaan, dan kehidupan sehari-hari. Contoh, perusahaan A membutuhkan seseorang yang bisa memajukan perusahaan tersebut. Maka dicarilah orang yang pandai bicara, tanggung jawab, disiplin, dll. Apakah perusahaan A dapat maju dengan memakai orang yang pemalu, tidak tepat waktu, takut tampil depan umum, dll?? Tentu tidak.
2.Mendorong individu agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki secara optimal. Sama seperti contoh di atas. Jika individu sudah diletakkan sesuai potensinya, maka dia akan lebih semangat dalam bekerja dan bisa mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya.

Sumber            :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...