Jumat, 10 Maret 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama : Dina Ainun Nabilla
NPM   : 12516070
Kelas   : 1 PA 12

                                                Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
       Tujuan mata kuliah ini diajarkan agar mahasiswa non-MIPA mampu menambah wawasan tentang perkembangan IPA,teknologi dan tentang Sumber Daya Alam yang ada di Indonesia.
A.    IPTEK ( Ilmu Pengetahuan dan Teknologi )
Ilmu pengetahuan merupakan landasan dari teknologi, dan ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang berharga yang didapatkan manusia. Produk IPTEK dibagi menjadi 2 yaitu, produk yang mensejahterakan manusia dan produk yang menghancurkan manusia.

v  Beberapa hal yang mendorong masyarakat menciptakan IPTEK :
·         Rasa ingin tahu
Ilmu pengetahuan bermula dari rasa ingin tahu, rasa ingin tahu manusia berkembang. Karena berlangsung berabad-abad, maka terjadi akumulasi pengetahuan sehingga terjadi perbendaharaan pengetahuan. Dari rasa ingin tahu muncul juga hal yang disebut mitos.
·         Mitos
Mitos timbul karena rasa ingin tahu tetapi mengalami keterbatasan akal (rasional) dan keterbatasan indera. Tidak semua APA, MENGAPA dan BAGAIMANA dapat dijawab melalui pengamatan dan pengalaman, sehingga kemudian manusia mereka-reka jawaban di dalam alam pikirannya sendiri.
·         Sains
Karakter sains à sains tidak membahas mengenai:
o   Sistem nilai dan moral
o   Keindahan (estetika)
o   Baik-buruk, sopan-tidak sopan, menjijikan, dll
o   Sistem politik dan kekuasaan
o   Tidak menjangkau Wahyu Illahi
Cara memperoleh pengetahuan:
o    Prasangka
o   Intuisi 
o    Trial and Error

v  Dampak positif dan dampak negatif dari IPTEK antara lain :


Bidang Informasi dan komunikasi
·         Dampak positif :
a. Kita akan lebih cepat mendapatkan informasi-informasi yang akurat dan terbaru di bumi bagian manapun melalui  internet
b. Kita dapat berkomunikasi dengan teman, maupun keluarga yang sangat jauh hanya dengan melalui handphone.

·         Dampak negatif  :
a. Penggunaan informasi tertentu dan situs tertentu yang terdapat di internet yang bisa disalah gunakan fihak tertentu untuk tujuan tertentu
b. Kecemasan teknologi, selain itu ada kecemasan skala kecil akibat teknologi komputer. Kerusakan komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file penting dalam komputer inilah beberapa contoh stres yang terjadi karena teknologi. Rusaknya modem internet karena disambar petir.
 Bidang Ekonomi dan Industri
Dampak positif :
a. Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
b. Terjadinya industrialisasi
c. Produktifitas dunia industri semakin meningkat. Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...