Senin, 20 Maret 2017

Tugas 2 Matematika & Ilmu Alamiah Dasar

Adnan Aziz Ainin
1PA12
10416245

Mitos-Mitos Yang Ada di Daerah

Sebagai orang yang berasal dari daerah Jawa, tepatnya Kota Pemalang, yaitu kota kecil yang terletak didaerah barat Provinsi Jawa Tengah, masa kecil saya akrab dengan yang namanya mitos. Karenanya sampai sekarang saya kerap kali tak habis pikir darimana asal usul mitos-mitos tersebut.

                Beberapa diantara yaitu :

1. Kita tidak boleh menunjuk (menggunakan jari tangan) pemakaman, dan kalau sampai hal itu terjadi kita harus menjilat jari (yang kita gunakan untuk menunjuk), dan dibiarkan mengering dengan sendirinya dengan kata lain tidak boleh mengusapnya, dan kalo kita sampai mengusapnya maka kita harus menjilatnya kembali.

Kalau kita tidak melakukan ritual tersebut (menjilat jari) maka pada malam harinya kita akan didatangi oleh penunggu pemakaman (hantu). Sampai saat ini ketika saya mengingat hal tersebut tak jarang saya tersenyum, sembari bertanya, kenapa sampai harus percaya dan menjadi pelaku mitos tersebut.

2. Orang hamil harus membawa gunting kecil kemanapun dia pergi, dan mitos ini pun pernah dilakukan oleh ibu saya, menurutnya ini untuk jaga-jaga dari hantu yang mengganggu orang hamil. Sempat saya bertanya kepada beliau kenapa hal tersebut harus dilakukan beliaupun menjawabnya demikian.

Seingat saya mitos ini berlangsung sejak lama karena saya banyak menemukan orang yang hamil, mereka membawa gunting kecil yang biasanya digantungkan pada salah satu bagian bajunya dan sampai sekarang masih ada penduduk didaerah saya yang melakukannya.

3. Keluarga yang berduka harus menyalakan lampu minyak dan dikurung menggunakan kurungan ayam, hal ini berlangsung selama kurang lebih satu  minggu sejak kematian anggota keluarga. Entah apa yang sebenarnya mendorong hal ini harus dilakukan namun menurut cerita yang beredar hal ini berguna untuk menjaga arwah mendiang almarhum dan kalau tidak simayat akan dijilat oleh sosok hantu bernama “Banaspati”, yaitu hantu yang berbentuk bola api bulat.

4. Tidak boleh makan sambil berdiri, seingat saya mitos yang satu ini bertujuan untuk mendidik anak-anak supaya tahu mengenai tata cara makan dengan benar dan kata orangtua kalau kita makan sambil berdiri lama-kelamaan jadi kuda.

Setelah saya tahu ternyata hal ini ada perintahnya didalam hadist karena sesuai dengan tata cara Rasullullah ketika beliau makan maupun minum.

Beberapa mitos diatas merupakan kepercayaan yang ada didaerah saya terlepas dari semua kebenarannya kita tidak bisa menampik keberadaannya. Namun, sebagai manusia yang beradab dan beragama kita harus berpegang teguh pada ajaran kita, jika mitos-mitos yang ada bersebrangan dengan ajaran agama maka sebaiknya kita tinggalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...