Sabtu, 11 Maret 2017

Tugas 1 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama    : Sekar Mulianingrum Hanafiah
Kelas      : 1PA12
NPM      : 16516893
Tugas Pertemuan 1
Perkembangan teknologi
  • Perkembangan Teknologi dalam kehidupan sehari hari

Pensil
                Sebagai manusia yang belajar, tentu kenal dengan alat tulis yang satu ini. Pensil. Sepotong kayu ramping dengan isi grafit yang biasa digunakan untuk menulis. Pensil yang kita gunakan untuk menulis ini memiliki sejarah panjang.
                Pensil dengan grafit yang kita kenal ini diciptakan oleh seorang insinyur asal Perancis, Nicholas-Jacques Conte. Beliau mencampur bubuk grafit dan tanah liat lalu membentuknya menjadi batang-batang dan dibakar dalam perapian, kemudian isi pensil itu dilapisi kayu halus. Pada tahun 1858, Hymen Lipman mematenkan pensil dengan ujung penghapus. Namun penemuan itu ditolak karena dianggap tidak ada hal baru dari pensil tersebut
Sedangkan pensil mekanik diteukan oleh Sampson Mordan dan Gabriel Riddle di Inggris pada tahun 1822 yang berfungsi untuk mengeluarkan grafit kecil secara perlahan jika ujung atas pensil ditekan. Ternyata pensil mekanik sudah ada dari dua abd yang lalu ya? Baru tahu.
Kertas
Siapa tak tahu kertas? Lembaran putih dan tipis yang (awalnya) digunakan (hanya) untuk menulis. Tanpa kertas dimana manusia bisa mengabadikan sejarah (setelah zaman prasejarah tentunya).
Ialah Cai Lun, seorang berkebangsaan Tionghoa di zaman Dinasti Han pada tahun 50 Masehi. Ia mendapatkan ide untuk membuat kertas setelah muak dengan metode menulis sebelumnya, menulis diatas bambu atau sutra. Pada zamannya, sutra merupakan barang mahal yang tak semua orang bisa dapatkan dan bambu terlalu berat untuk dibawa kemana mana. Sangat menyulitkan dan tidak praktis.
Cai Lun membuat kertas pertamanya dari kulit pohon. Ia rendam kulit pohon itu lalu dipukul-pukul agar seratnya lepas. Pada tahun 105 Masehi, Cai Lun mengenalkan Kertas temuannya ini kepada sang Kaisar. Sang Kaisar amat girang dan memberikan gelar kebangsawanan pada Cai Lun. Hingga saat ini penemuan kertas merupakan salah satu peneman terpenting dalam sejarah peradaban umat manusia.
  • Perkembangan teknologi dalam bidang psikologi

E-Counseling
E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. Internet menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang baru, dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi itulah yang disebut dengan E-counseling atau e-mail counseling. E-mail conseling merupakan pelayanan intervensi psikologi yang dilakukan melaui Internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan melaui media ini, untuk kemudian menyususn rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face-to-face akan dilakukan. Fungsi dari e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Dalam aplikasinya, psikoterapi online menawarkan tantangan etika baru bagi mereka para terapis yang tertarik untuk menggunakan media ini dalam memberika pelayanan psikologi. Perbedaan antara komunikasi berbasis teks interaktif dan komunikasi verbal in-person menciptakan tantangan etika baru yang sebelumnya tidak di temui dalam terapi face-to-face (secara langsung).
Program SPSS

Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi pun menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian jumleh subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan, data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya, dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika di olah secra manual dapat teratasi.
Thanks to
https://jadisejarahwan.wordpress.com/tag/perkembangan-pensil/
http://buko-moto.blogspot.co.id/2015/08/pensil-sejarah-dan-perkembanganya.html
http://www.intipsejarah.com/2015/03/sejarah-dan-perkembangan-pensil.html
http://www.penemu.co/penemu-kertas-cai-lun-tsai-lun/
https://murkelefaud.wordpress.com/2012/08/08/penerapan-teknologi-dalam-bidang-psikologi/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...