Kamis, 09 Maret 2017

TUGAS MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR 2 #


Nama: Aqila Shabirah 
NPM: 11516002
Kelas : 1PA12

Pertemuan 2 
MITOS di Daerah dan Lingkungan Saya....

Kali ini saya mendapatkan tugas softskill mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar yaitu menceritakan mitos-mitos di daerah saya dan lingkungan tempat tinggal saya. Orang tua saya berasal dari Palembang, Sumatera Selatan. Akan tetapi, saya lahir di Jakarta dan tinggal di Depok. Oleh karena asal orang tua saya, kelahiran saya, dan tempat tinggal saya berbeda hehe... jadi,  saya akan menceritakan mitos- mitos yang saya ketahui dan di sekitar lingkungan saya.๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„
Langsung aja…. Yuk….

  1. Mitos Pohon Cinta di Pulau Kemaro, Palembang

Source: travel detik.com

Bulan Januari 2016 lalu, saya dan keluarga berkunjung ke rumah saudara saya yang berada di Palembang. Beberapa hari setelah saya menginap dirumah saudara saya, saya dan adik saya di ajak oleh saudara saya pergi ke Sungai Musi. Sesampainya disana, kami langsung menaiki perahu kecil untuk menyebrangi Sungai Musi. Sekitar 15 menit akhirnya kami sampai di sebuah pulau yang saya pun tidak tahu namanya tetapi setelah saya tanya ke saudara saya ternyata pulau tersebut bernama pulau kemaro.  Ketika kami memasuki gerbang Pulau Kemaro , kami di tuntun oleh jalan yang bertuju ke sebuah vihara. Sebelumnya kami disuguhkan sebuah batu yang bertuliskan tentang Legenda Pulau Kemaro.

source:detiktravel.com 
Di batu tersebut tertuliskan sebuah kisah putri raja, Siti Fatimah dan saudagar Tionghoa bernama Tan Bun An pada zaman Kerajaan Palembang. Saat itu, kedua pasangan tersebut baru pulang dari Tiongkok dan Siti Fatimah bertemu dengan orang tua Tan Bun An. Namun setibanya di pesisir Sungai Musi, Tan Bun An kaget bukan kepalang.
7 Guci hadiah yang diberikan dari orang tuanya ternyata berisi sayuran berupa sawi-sawi asin. Tanpa pikir panjang, Tan Bun An malah menendangnya ke dalam Sungai Musi entah apa alasannya. Tapi, guci terakhir ternyata pecah di dek kapal dan berisi hadiah yang diyakini emas. Tan Bun An lalu nyebur ke air untuk mencari guci-guci tadi. Namun, saudagar Tinghoa itu tak muncul-muncul ke permukaan.
Pengawalnya pun lantas menyelam untuk mencarinya, tapi malah dia juga tak muncul ke permukaan sungai. Melihat itu, Siti Fatimah juga ikut menyeburkan diri ke air demi mencari kekasihnya. Na’as, mereka semua justru tak muncul ke permukaan air dan konon muncullah Pulau Kemaro di tempat mereka bertiga itu. Legenda tersebut tertera di dekat Vihara Hok Tjing Rio yang ditulis oleh Disparbud Kota Palembang tahun 2009. Siti Fatimah yang menyelam ke air demi menemukan Tan Bun An, diyakini sebagai lambang cinta sejati.
Setelah saya membaca legenda tersebut, saudara saya mengatakan bahwa pohon yang berada di tengah-tengah Pulau Kemaro itu. Banyak pengunjung yang percaya bahwa kalau nama pengunjung dan pasangannya di tulis di pohon tersebut, cinta mereka akan abadi seperti cinta Siti Fatimah dengan Tan Bun An. Tapi kata saudara saya, mitos tersebut tidak benar adanya.

  1. JANGAN NGELANGKAHIN ORANG YANG LAGI TIDURAN, NTAR NGUTANG DARAH!

Source:madjongke.com

Kata- kata tersebut dulu sering saya dan kawan-kawan saya katakan. Waktu saya duduk di bangku SD, saya belajar kelompok di rumah teman saya. Saat sedang asyik-asyiknya kami belajar, salah satu teman saya sebut aja W , dia mengubah posisi duduknya menjadi tengkurap, lalu teman 
saya yang lain ingin mengambil minum atau makanan gitu… saya lupa hehe…sebut aja C,  dia melangkahi badan teman saya yang sedang tengkurap. Teman saya yang tengkurap itu langsung marah dan bilang “ ngutang darah lo…” teman-teman saya yang lain menyuruh si C juga tengkurap dan dilangkahi oleh W. katanya supaya darahnya balik . ntah itu benar atau tidak sampai sekarang saya masih bingung itu benar atau tidak heheheh….

  1. INJEK JEMPOL TEMEN YANG MENDAPAT HARI PERTAMA MENSTRUASI , SUPAYA KITA CEPAT MENDAPAT MENSTRUASI!

source:2bp.blogspot.com
Mito itu saya dapatkan ketika saya duduk di bangku SMP, dulu saya melanjutkan SMP di sebuah pondok pesantren. Di asramanya, Saya sering mendengar kaka kelas saya melakukan ritual injak jempol kaki kanan atau kiri temannya yang sedang mendapat menstruasi di hari pertama. Kaka kelas saya ini akan menginjak jempol temannya yang sedang menstruasi sambil mengucapkan “Lailahaillaallah” tapi ada juga yang mengucapkan sambil berjabat tangan. Katanya sih, supaya menstruasinya cepet. Dulu pun saya meyakini hal tersebut, tapi ntah saya lupa atau apa saya tidak tahu apakah cara itu benar dapat mempercepat haid atau tidak … ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

  1. ADA BINTIK PUTIH  DI DALAM KUKU, JIKA DI  KUKU KANAN ADA YANG SUKA, JIKA DI KUKU KIRI ADA YANG BENCI !

Source: google.com
Ntah saya tahu dari mana tentang mitos konyol ini… sepertinya sih waktu saya duduk di bangku SD. Jadi, katanya kalau ada bintik putih di dalam kuku kanan itu ada yang suka sama kita, kalau di kiri ada yang benci dengan kita. Waktu itu kuku saya diperiksa oleh teman saya, dia melihat dalam kuku kanan saya ada bintik putih kemudian dia langsung memegang jari saya yang kukunya ada bintik putihnya dan dia menghitung tinggi jari saya dengan mencubit dikit jari saya, lalu dia mengingat huruf abjad keberapa  yang sama dengan hitungan tinggi jari tangan saya. Lalu ketika dia mendapat huruf abjadnya dia langsung menyebutkan nama salah satu teman cowok yang ada dikelas saya yang huruf awalnya sama dengan abjad yang tadi dia ingat … jadi, dia langsung berpikir bahwa si teman cowok saya ini suka sama saya .. haduh ada-ada saja ya… saya juga ikut percaya lagi hehe… Padahal fakta sebenarnya, bintik putih pada kuku itu merupakan tanda kesehatan tubuh kita. Berikut faktanya :
1.      Reaksi alergi terhadap obat, cat kuku atau pengeras kuku
2.      Kurang nutrisi seperti kalsium,vitamin A,B,D,E dan zat besi dan sebagainya
3.      Indikasi memilki penyakit serius: Liver, Hepatitis, Sirosis, Ginjal, Anemia, Malaria, Herpes, dan Diabetes
4.      Dehidrasi dan kuliut kering
5.      Tanda adanya infeksi jamur atau bakteri
6.      Cidera ringan akibat benturan pada kuku





source: 
https://travel.detik.com/read/2013/12/02/082057/2429135/1519/menguak-mitos-pohon-cinta-di-pulau-kemaro-palembang
http://www.fantasticblue.net/2015/10/fakta-dan-mitos-bintik-putih-pada-kuku.html





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...