Senin, 27 Maret 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (tugas 3)

Nama : Dina Ainun Nabilla
NPM  : 12516070
Kelas  : 1 PA 12

           1.     Ceritakan perkembangan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
Teknologi adalah bentuk kreasi dari manusia yang diwujudkan dengan alat, dan teknik tertentu sehingga dapat mempermudah suatu pekerjaan dalam menghasilkan sesuatu.Teknologi juga dapat didefinisikan sebagai pengunaan dan penerapan pengetahuan tentang alat-alat, teknik, metode atau sistem oraganisasi atau pun produk sebagai hasil akhir. Di zaman sekarang teknologi sudah berkembang pesat,rata-rata masyarakat sudah mulai menggunakan teknologi. Contoh dari kemajuan teknologi yaitu;

             a. Internet
Komunikasi elektronik berkembang bersama dengan komunikasi internet. ARPANET (Advanced Research Projects Agency Network) merupakan awal mula jaringan internet dikenal. Komunikasi melalui jaringan yang tersebar di seluruh dunia adalah komunikasi internet dan dianggap sebagai salah satu evolusi yang paling penting dalam komunikasi manusia. Internet telah menjadi bagian yang sangat penting dalam masyarakat saat ini. Internet dapat menghubungkan orang-orang dari seluruh dunia setiap hari. Internet juga dapat digunakan dalam berbagai kegiatan dalam masyarakat antara lain untuk komunikasi, perdagangan, pembelian, penjualan saham, dan juga bagi industri periklanan. Penemuan dan perkembangan teknologi mengubah cara masyarakat berkomunikasi diseluruh dunia. Dalam dua dekade sebelmunya, Internet bukanlah sumber informasi yang utama dan yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Berbagai macam informasi dan kecepatan tinggi untuk dapat berbagi onformasi menjadi alasan utama di balik pertumbuhan internet. Manusia memiliki waktu yang terbatas, sehingga setiap kejadian di sekitar masyarakat merupakan faktor yang membuat media sukses besar. Di Indonesia, menurut lembaga survei pasar e-marketer pada tahun 2014 masyarakat Indonesia yang mengakses internet mencapai 83,7 juta orang. Angka tersebut menunjukkan tingginya laju pertumbuhan masyarakat Indonesia dalam menggunakan internet, dimana pada tahun 2013 hanya mencapai 72,8 juta orang. Perubahan teknologi yang cepat terjadi pada masyarakat sekarang ini telah membantu internet untuk memberikan berita kepada masyarakat dalam waktu yang sangat cepat.Dengan teknologi juga kita dapat mendapatkan banyak informasi dengan cepat,mudah karena tinggal mengakses internet saja melalui smartphone.

b.      Kendaraan
Menurut saya,perkembangan kendaraan di zaman sekarang sangat pesat. Di zaman dulu,apabila seseorang ingin berpindah dari tempat satu,ke tempat lain biasanya dengan berjalan kaki ataupun menggunakan sepeda,getek,dan alat transportasi sederhana lain nya. Di zaman dulu juga masyarakat dapat dengan mudah saling bertegur sapa karena masih menggunakan alat transportasi umum. Namun berbanding terbalik dengan sekarang,rata-rata masyarakat sudah mempunyai kendaraan yang lebih bagus dan lebih nyaman untuk dipakai,dan mereka pun sudah tidak perlu bersusah payah lagi. Banyak pabrik kendaraan bersaing untuk mendapatkan banyak konsumen,dan banyak pabrik juga yang melakukan gencar-gencar nya menarik konsumen,entah itu dengan mengerluarkan kendaraan tipe terbaru,ataupun yang lain nya. Memang dampak positif nya adalah sesorang dapat lebih mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain,namu dampak negatif nya itu tidak boleh dilupakan,seperti masyarakat menjadi manja,kurangnya sosialisasi dengan sesama,dll.

2.      Teknologi yang digunakan dalam psikologi
a.       E-Counseling
E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. Internet menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang baru, dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi itulah yang disebut dengan E-counseling atau e-mail counseling. E-mail conseling merupakan pelayanan intervensi psikologi yang dilakukan melaui Internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan melaui media ini, untuk kemudian menyususn rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face-to-face akan dilakukan. Fungsi dari e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Dalam aplikasinya, psikoterapi online menawarkan tantangan etika baru bagi mereka para terapis yang tertarik untuk menggunakan media ini dalam memberika pelayanan psikologi.  Intinya E-Counseling berguna untuk memudahkan seseorang melakukan konseling tanpa perlu melakukan sistem face-to face.
b.      Program SPSS

Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi pun menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif.  Dalam penelitian jumlah subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan, data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya, dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika di olah secra manual dapat teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...