Sabtu, 11 Maret 2017

tugas pertemuan 2 ayu sekarni/11516246

Nama     :Ayu sekarni
Npm      : 11516246
Kelas     : 1pa12


MITOS
Meskipun teknologi sudah sedemikan canggih, namun hal tersebut tak lantas jadi halangan bagi kebanyakan orang untuk mempercayai sesuatu yang sifatnya tak logis. Entah mistis, gaib, mitos dan sebagainya. Bahkan yang namanya mitos masih jadi bumbu-bumbu kehidupan sehari-hari yang keberadaannya kadang masih sangat diyakini. Kali ini kami akan menceritakan beberapa mitos dari kampung kami yaitu  pulau Madura. Sebelum menceritakan kami akan menjelaskan apa sih mitos itu? Mitos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.

Berikut ini beberapa mitos yang ada di pulau Madura:

1.      1. Jangan menetesi darah orang mati dengan air jeruk
Ada sebuah mitos yang beredar di masyarakat tentang larangan untuk tidak memberikan tetesan jeruk ke darah orang yang sudah meninggal. Katanya, hal ini akan menyakitkan mereka yang sudah mati dan sebagai gantinya akan ganti menuntut balas kepada pelakunya. Terdengar seperti omong kosong, namun hal ini memang benar terjadi.

Ya, pernah ada orang-orang iseng yang menetesi darah bekas tabrakan dengan air jeruk. Tak lama, terdengar seperti suara erangan yang tahu dari mana asalnya. Lalu berselang beberapa hari kemudian, pelakunya tewas dengan cara yang sama di tempat yang sama pula. Sarannya, meskipun terdengar sangat tidak masuk akal, jangan pernah mencoba melanggar mitos satu ini.

2.    2.   Tidak boleh banyak-banyak makan ikan  
Mitos dikampung halamanku  ini masih dipercaya hingga sekarang, dan sepertinya tak perlu untuk dibuktikan kebenarannya ya namanya juga mitos iya kan. Meskipun kampung halamanku dikelilingi oleh selat tapi selaku kami orang Madura dianjurkan tidak boleh banyak-banyak memakan ikan karna itu akan membuat bodoh bagi yang memakannya.

Sedikit aneh ya karna pulau yang dikelilingi selat dan mata pencahariannya adalah nelayan masih saja kami sebagai warga Madura tidak boleh memakannya banyak-banyak.

3.     3. Tidak boleh keramas menjelang maghrib khusus perempuan
Mitos kali ini sangat mengerikan kedengarannya. Konon dahulu kala khusus bagi perempuan itu tidak boleh mandi lalu keramas menjelang maghrib jika perempuan itu belum menikah maka ibunya akan berumur pendek sedangkan yang sudah menikah umur suaminya akan menjadi pendek, Emm mengerikan sekali ya.

4.      4.Tidak boleh makan dipintu
Mitos kali ini sedikit lucu yaitu Anak perempuan  dilarang keras makan di depan pintu, konon bisa batal dilamar orang alias balik kucing. Kalau dipikir-pikir memang tidak pantas makan didepan pintu, fungsi pintu hanya untuk jalan keluar masuk saja kan. Kalau memang makan ya di ruang makan atau di tempat yang layak untuk makan. Hubungan dengan yang ngelamar balik lagi apa ya ? otomatis balik, semua cowok pasti pengen calon istri yang punya sopan santun, lah kalau makannya di depan pintu kan gak etis kelihatannya mungkin Karena itu ga jadi ngelamar.

5.     5. Tidak boleh memasukkan uang kedalam mulut
Mitos kali ini yaitu kita tidak boleh memasukkan uang kedalam mulut akibatnya penyakit akan datang. Aneh ya dengernya? Kalo dari logika sih ngapain makan uang kedalam mulut? Yang pastinya kalo udah dewasa tidak akan terjadi tapi kalo anak kecil apa aja kan yang dimakan. Katanya dulu aku sering makan uang sampai-sampai aku dimarahi karna takut penyakit datang.

Setelah dipikir-pikir ada benarnya ya, uang itu kan pasti tidak bersih dia selalu dipegang banyak orang lalu kita tidak tahu apa yang memegang itu tangan bersih atau pun kotor dan yang pastinya banyak kuman dan kuman itu yang membuat penyakit datang.

sumber: ibu dan kakak




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...