Senin, 13 Maret 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Tujuan pembelajaran:
Bagi mahasiswa non-MIPA, dapat menambahkan wawasan IPTEK (yang merupakan faktor penting kehidupan manusia).

Ruang lingkup IAD:
a. Memperkenalkan IAD
b. Peranan ilmu pengetahuan dengan teknologi masa kini
c. Dampak perkembangan IPTEK terhadap kehidupan sosial di sekitar kita
d. Keterkaitan ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah kelangsungan hidup manusia

Apa itu IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)?
Ilmu pengetahuan merupakan landasan dari teknologi yang ada. Dengan adanya ilmu pengetahuan maka ada juga teknologi. Produk IPTEK tergolong menjadi 2, yaitu: Dapat mensejahterakan manusia dan ada juga yang dapat menghancurkan kehidupan manusia

Apa yang mendorong manusia untuk menciptakan IPTEK?

Rasa ingin tahu
Ilmu pengetahuan muncul dari rasa ingin tahu yang timbul di benak manusia. Rasa ingin tahu di miliki oleh manusia sejak lahir. Rasa ingin tahu itu berkembang seiring dengan umur manusia. Karena hal itu berlangsung sejak dulu pada diri manusia, maka rasa ingin tahu itu terakumulasi dan dapat di klasifikasikan. Namun karena hal itu juga, muncul hal yang di namakan, MITOS.

Mitos?
Mitos adalah hasil dari rasa ingin tahu yang tinggi namun di batasi oleh keterbatasan akal (rasional) dan keterbatasan indera. Karena tidak semua pertanyaan dapat di jawab melalui pengalaman atau pengamatan. Sehingga manusia mereka-reka hal yang belum pasti tersebut dan menimbulkan hal yang di namakan, mitos.

Sains
Sains lebih membahas tentang hal yang sesuai nalar dan logis. Sanins atau ilmu pengetahuan lebih sistematis. Sains tidak membahas tentang:
Sistem nilai dan moral, keindahan (estetika), baik-buruk, sopan-tidak sopan, menjijikan, sistem politik dan kekuasaan dan tidak menjangkau Wahyu Illahi.

Cara memperoleh pengetahuan:
a. Prasangka
b. Intuisi
c. Trial and Error

Sains atau pengetahuan terbagi menjadi:
a. Pengetahuan zaman kuno dan pengetahuan zaman sekarang
b. Pengetahuan non ilmiah dan pengetahuan ilmiah

Pengetahuan Ilmiah memiliki kriteria sebagai berikut:
a. Objektif c. Sistematik
b. Metodik d. Berlaku umum

Langkah - langkah pokok metode ilmiah:
a. Perumusan masalah
b. Penyusunan Hipotesa
c. Pengujian Hipotesis
d. Penarikan Kesimpulan

Peranan matematika dalam sains
Manusia mulai dapat menulis dan berhitung sejak 12.000 tahun silam. Tulisan merupakan simbol dari imajinasi dan fikiran. Berhitung berawal dari perhitungan hal-hal kecil menggunakan jari-jari tangan, lalu ketika hal yang di hitung tidak cukup di hitung dengan jari maka di gantikan dengan kerikil atau batang. Ketika benda tersebut tidak cukup untuk menggambarkan jumlah suatu baarang maka di gantikan dengan simbol yang di namakan angka.
Sejak awal matematika di ciptakan untuk komputasi. Dalam perkembangannya manusia di butuhkan dalam sains, tanpa adanya matematika sains tidak dapat berkembang. Karena sebelum adanya matermatika, penelitian menggunakan metode eksperimen. Perhitungan matematika bersifat matematik/statistik, yang sangat membantu dalam ilmu pengetahuan. 

Nama: Adilla Novita
NPM: 10516168
Kelas: 1PA12

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...