Senin, 13 Maret 2017

Tugas 1 - Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama : Tria Kartika
NPM : 17516439
Kelas : 1 PA 12

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Dalam perkuliahan, matematika dan ilmu alamiah dasar dipelajari unuk dapat menambah wawasan perkembangan IPA dan teknologi bagi mahasiswa yang dahulunya bukan non-MIPA, karena itu menjadi faktor penting bagi kehidupan manusia, SDA dan lingkungannya. Ruang lingkup yang dibahas dalam IAD adalah bagaimana peranan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi, lalu apa dampak yang ditimbulkan dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan manusia sekarang ini, dan apakah ilmu pengetahuan dan teknologi ini bisa membantu manusia untuk menyelesaikan masalah kelangsungan hidupnya.
A. IPTEK ( Ilmu Pengetahuan dan Teknologi )
Ilmu pengetahuan merupakan landasan dari teknologi, karena ilmu pengetahuan adalah dasar dari berkembangnya sebuah teknologi. Produk IPTEK dibagi menjadi 2, yaitu :
1) IPTEK yang mensejahterakan manusia
2) IPTEK yang menghancurkan manusia
IPTEK bisa menjadi menguntungkan atau merugikan tergantung dari manusia yang menggunakannya. Jika digunakan dengan baik dan benar, IPTEK akan bisa mensejahterakan manusia, tapi jika disalah gunakan itu akan menghancurkan manusia.
Ada beberapa hal yang mendorong mansuai menciptakan sebuah ilmu pengetahuan dan teknologi, antara lain :
a) Rasa Ingin Tahu
Manusia memiliki rasa ingin tahu pada suatu hal, dan terkadang rasa ingin tahu ini membuat manusia terus mencari sampai mereka dapat menemukannya. Dari rasa ingin tahu inilah ilmu pengetahuan bermula. Rasa ingin tahu manusia terus berkembang. Karena berlangsung berbad-abad, maka terjadilah akumulasi pengetahuan. Rasa ingin tahu dapat membuat manusia mempercayai sebuah mitos.
b) Mitos
Mitos timbul karena manusia mempercayai sesuatu tanpa tahu itu adalah benar atau tidak, karena manusia memiliki keterbatasan akal dan keterbatasan indera. Dari keterbatasan itu, manusia tidak dapat menjawab semua pertanyaan yang hanya ditemukan dari sebuah pengamatan dan penglihatan, hingga pada akhirnya manusia suka mengira-ngira sebuah jawaban yang hanya ada didalam pikirannya sendiri.
c) SAINS
Sains memiliki sebuah karakter, ada karakter yang tidak dibahas dalam sain, antara lain :
Sistem nilai dan moral
Estetika
Baik-buruk, sopan-tidak sopan
Sistem politik dan kekuasaan
Tidak menjangkau Wahyu Ilahi
Adapaun cara untuk memperoleh pengetahuan, antara lain:
Prasangka : pikiran negatif terhadap seseorang tapi sudah ada tindakan.
Intuisi : kemampuan memahami tanpa dipelajari sebelumnya
Trial and Error : mencoba dan gagal, walaupun gagal tapi terus mencoba sampai berhasil.

B. PENGETAHUAN
Pengetahuan pada zaman kuno dan zaman sekarang sudah sangat berbeda. Dahulu, pada saat zaman kuno pengetahuan didapatkan dengan non-ilmiah, sedangkan pada zaman sekarang sudah ilmiah, hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi.

C. PENGETAHUAN ILMIAH
- Kriteria 
Objektif
Metodik
Sistematik
Berlaku umum
- Langkah-langkah pokok metode ilmiah
Perumusan masalah 
Penyusunan hipotesa
Pengujian hipotesis
Penarikan kesimpulan

D. PERANAN MATEMATIKA DALAM SAINS
Manusia dapat menulis dan berhitung sejak 12.000 tahun silam. Tulisan adalah simbol dari pikiran atau imajinasi manusia. Sejak awal, matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputasi. Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah input. Dalam perkembangannya, matematika mutlak dibutuhkan dalam sains karena tanpa matematika, sains (IPA) tidak akan berkembang. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...