Senin, 13 Maret 2017

matematika dan ilmu alamiah dasar

Nama   : Syifa Afifah
NPM   : 17516264
Kelas   : 1PA12

Tugas 1
Berdasarkan  pada apa yang telah diterangkan pada hari selasa 7 Maret 2017, IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) adalah suatu sumber informasi yang dapat meningkatkan pengetahhuan atau pun wawasan seseorang dibidang teknologi. Atau dapat juga disebut sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi, baik itu penemuan yang terbaru yang bersangkutan dengan teknologi ataupun perkembangan dibidang teknologi itu sendiri.
Pada era gelobalisasi ini teknologi sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia. Dengan pesatnya perkembangan IPTEK itu sendiri terdapat 2 efek yang ditimbulkan,yaitu efek negatif dan positif, yang mensejahterakan manusia dan menghacurkan kehidupan manusia, seperti
·                Positif
Munculnya handphone sangat mempengaruhi kehidupan manusia saat ini, tak hanya di aspek pendididkan, perekonomian, perpolitikan, sosial, dan budaya pun terbantu karena adanya teknologi yang dinamakan handphone, pengaruh besar dari handphone sangat bermanafaat untuk keberlangsungan hidup manusia.

·                Negtatif
Tak melulu efek positif yang diberikan handphone, tanggung jawab pengguna pun menjadi suatu titik yang perlu diperhatikan. Dengan banyaknya ketidak tanggungjawaban pengguna, banyak konten-koten tidak pantas yang menjamur dalam handphone. Dan dapat membuat manusia menjadi semakin malas karena ketrergantungannya pada teknologi karena IPTEK memiliki tujuan untuk mempermudah dan memanjakan manusia.oleh karena itu manusia menjadi semakin malas karena teknologi sudah dapat mengggantikan pekerjaannya.
Terciptanya IPTEK  karena ada rasa ingin tahu, karena pada dasarnya kebutuhan akan pengetahuan merupakan suatu sifat alamiah yang hanya dimiliki oleh manusia. Rasa ingin htahu manusia dapat terus berkembang. Karena berlangsungnya berabad-abad, maka terjadi akumulasi pengetahuan sehinggga terjadi perbendaharaan pengetahuan, dan dari rasa ingin tahu juga dapat muncul hal yang sering disebut sebagai MITOS.
Mitos timbul karena rasa ingin tahu yang tak dapat dijelaskan oleh akal dan keterbatasan indera. Tak semua pengetahuan yang terlukis di indera dan pengalaman manusia dapat terjawab secara rasional, seingga manusia mereka-reka jawaban didalam alam pikirannya sendiri.
Bedahalnya dengan sains, sains adalah sesuatu yang repikirkan oleh akal sehat manusia. Berbagai macam kriteria dalam sains terpapar yaitu, objektif, metodik, sistematik, dan berlaku umum. Dan juga sains tidak akan membahas mengenai:
·                System nilai dan moral
·                Keindahan (estetika)
·                Baik-buruk, sopan-tidaksopan, menjijikan, dll
·                System politik dan kekuasaan
·                Tidak menjangkau wahyu ilahi
Terdapat berbagai macam cara untuk memperoleh pengetahuan, yaitu dengan prasangka, intuisi, dan trial and error . Adapula langkah-langkah pokok metode ilmiiah, diantara nya:
·             Perumusan masalah
·             Penyusunan hipotesa
·             Pengujian hipotesis
·             Penarikan kesimpulan
Adapun Peranan Matematika dalam Sains adalah:
·            Manusia mulai menulis dan berhitung dalam waktu befrsamaan, dimulai      sejak 12.000 tahun silam.
·  Tulisan merupakan symbol dari pikiran/imajinasi.
·                 Berhitung awalnya berupa relasi korespondensi satu-satu antara objek (yang dihitung) dengan jari tangan. Ketika jumlah jari tidak cukup, digantikan dfengan benda seperti kerikil/batang. Ketika benda-benda itu cukup banyak, perannya digantikan dengan tulisan (angka).
·                 Sejak awal, matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputasi.

·                 Dalam perkembangannya, matematika mutlak dibutuhkan dalam sains (IPA). Tanpa matematika, IPA tidak akan berkembang, karena sebelum melibatkan matematika, sains hanya mengandalakan metode induksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...