Kamis, 16 Maret 2017

Tugas 2 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama : Dimas Kurniawan Jonathan
Kelas : 1 PA 12
NPM : 12516048



Mitos

Zaman memang sudah berubah, teknologi juga semakin berkembang, namun di era modern ini masih banyak mitos – mitos yang masih dipercaya oleh banyak masyarakat di berbagai daerah. Berikut adalah beberapa mitos yang masih dipercaya di daerah saya         

1.      Curug Cipamingkis Bogor
Curug Cipamingkis merupakan salah satu objek wisata yang terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Ada banyak mitos yang melekat pada objek wisata ini. Salah satu yang paling terkenal adalah apabila seseorang yang belum mendapatkan jodoh mandi dibawah air terjun curug cipamingkis ini sambil melafalkan niat, maksud, dan tujuannya dengan tulus maka jodohnya akan segera hadir dalam hidupnya. Selain itu warga sekitar juga mengatakan bahwa curug cipamingkis memiliki penunggu yang berbentuk seperti naga yang oleh warga sekitar disebut Ratu Ular atau Dewi Ular.

2.      Harus menyalakan lampu kamar mandi pada saat malam hari
Mitos kedua yang masih dipercaya di daerah saya adalah untuk menyalakan lampu kamar mandi di malam hari. Sebenarnya tidak ada penjelasan pasti mengapa harus demikian, keluarga saya pun sebenarnya tidak melakukan hal itu, namun banyak orang berpendapat hal itu dilakukan karena kamar mandi atau tempat – tempat yang lembap dan gelap merupakan tempat yang ditinggali atau disenangi oleh makhluk halus, mungkin karena itulah lampu kamar mandi harus dinyalakan pada malam hari.

3.      Tidak Boleh menjemur pakaian pada malam hari
Di daerah saya banyak orang mengatakan tidak boleh menjemur pakaian pada malam hari apalagi pakaian anak. Selain alasan logis karena menjemur pakaian pada malam hari tidak membuat pakaian kering justru membuat pakaian menjadi lembap, ternyata ada mitos tersendiri dibalik larangan itu, banyak yang mengatakan apabila kita menjemur pakaian pada malam hari akan membuat si pemilik pakaian menjadi mudah ketempelan atau diikuti oleh makhluk gaib.

4.      Jangan mandi pada larut malam
Mitos lain yang ada di daerah saya adalah tidak boleh mandi pada larut malam, mungkin sebagian orang mengatakan hal itu dikarenakan mandi pada larut malam dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti rematik dan lain sebagainya. Tapi tetap ada mitos dibalik larangan tersebut. Mitosnya mandi pada larut malam dapat memancing makhluk gaib untuk mengganggu dan mengikuti Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...