Sabtu, 25 Maret 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 3

RIKAYANTI/16516415/1PA12

Perkembangan Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari dan dalam Bidang Psikologi


Sejarah Perkembangan Mesin Jahit
Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Pakaian yang dijahit dengan rapi dan kuat akan memberikan kenyamanan bagi setiap orang yang memakainya. Kok bisa sih kita membuat baju? Kok bisa kita menjahit dengan rapih? Padahal untuk membuat satu buah baju saja itu sangat sulit apalagi membuat puluhan bahkan ratusan jahitan dengan rapih. Karena kesulitan ini, manusia berusaha menciptakan alat yang dapat mempermudah mereka dalam membuat pakaian dengan berbagai macam mesin jahit mulai dari yang untuk digunakan di rumah sampai mesin jahit industry.
Manfaat mesin jahit :
-          Membuat pakaian yang indah, sehingga orang-orang terlihat cantik mengenakannya.
-          Memperbaiki robekan pada pakaian.
-          Menaikkan dan menurunkan lipatan untuk mengikuti tren, dsb
 Berikut ini sejarah penemuan mesin jahit:
1.      Pada abad ke-14, penemuan jarum yang terbuat dari besi. Menjahit pakaian dengan jarum akan membutuhkan waktu yang lama
2.      Pada tahun 1755, Charles Weisenthal seorang imigran Jerman yang tinggal di Inggris berhasil menemukan mesin jahit yang pertama
Mesin jahit ciptaan Charles Weisenthal
3.      Pada tahun 1790, Thomas Saint seorang penemu yang juga seorang pembuat lemari dari Inggris, berhasil merancang mesin jahit penemuannya. Ciptaan Saint sudah selangkah lebih maju dari Weinsthal. Tapi ternyata penemuan tersebut tidak dapat dioperasikan.
Mesin jahit ciptaan Thomas Saint
4.      Pada tahun 1814, Josef Madersperger, seorang penjahit dari Austria berhasil merancang mesin jahit , namun dianggap gagal.
Mesin jahit ciptaan Josef Madersperger

5.      Pada tahun 1818, John Adam Dogie dan John Knowles dari Amerika juga merancang mesin jahit, namun dianggap gagal karena tidak berfungsi ketika digunakan pada sebuah pabrik tekstil.
6.      Pada tahun 1830, Barthelemy Thimonnier ilmuan asal Perancis ini berhasil merancang mesin jahit yang pertama kali dapat beroperasi dengan  baik. Mesin ini menggunakan satu benang dan sebuah jarum kait seperti jarum border atau sulam. Namun penemuan ini tidak memperoleh sambutan baik bagi masyarakat.
Mesin jahit ciptaan Barthelemy Thimonnier
7.      Pada tahun 1834, Walter Hunt seorang berkembangsaan Amerika berhasil menciptakan mesinjahit yang lebih modern. Namun, ia tidak berminat untuk mematenkan mesin jahit ciptaannya.

Mesin jahit ciptaan Walter Hunt
8.      Pada tahun 1846, Elias Howe berhasil menciptakan mesin jahit dengan dua benang dari arah berlawanan dan memiliki jarum berlubang diujungnya.

Mesin jahit ciptaan Elias Howe

9.      Pada tahun 1850-an mesin jahit belum menjadi barang produksi massal. Pada akhirnya Isaac Singer berhasil membuat mesin jahit dengan jarum jahit yang bisa digerakkan menggunakan kayuhan pedal kaki. Pemasaran mesin jahit ini terjadi secara besar-besaran pada tahun 1860.

Mesin jahit ciptaan Isaac Singer

10.  Pada tangal 2 Juni 1857 James Gibbs berhasil menciptakan mesin jahit dengan rangkaian benang tunggal yang pertama
Mesin jahit ciptaan James Gibbs

11.  Pada tahun 1873 Helen Augusta Blanchard berhasil menciptakan mesin jahit yang bisa membuat jahitan berpola zig-zag yang pertama.
Mesin jahit ciptaan Helen Augusta Blanchard


12.  Saat ini telah hadir teknologi terbaru dari mesin jahit yaitu adanya mesin jahit portable dengan tampilan mini dan praktis serta mudah dibawa kemana-mana, mesin jahit modern yang penggunaannya dapat menggunakan tenaga listrik serta mesin jahit komputer yang bekerja mengikuti pola yang telah kita buat pada komputer.
Mesin jahit ciptaan Helen Augusta Blanchard

Sumber: http://dindaasani.blogspot.co.id/
https://deasaraswati.wordpress.com/2015/07/08/perkembangan-dan-kemajuan-teknologi-mesin-jahit/

Sejarah Perkembangan Mesin Cuci
Sebelum ditemukannya mesin cuci, pakaian dicuci dengan cara membanting-bantingkannya ke batu dan menggosokkannya dengan pasir yang kasar.pakaian kemudian dibilas dengan air dan kotorannya dialirkan ke sungai atau laut. Hal ini masih digunakan pada tempat-tempat terpencil ataupun pedesaan. Namun, di perkotaan seperti ini, hamper semua rumah tangga sudah memiliki mesin cuci.
Manfaat memiliki mesin cuci adalah meenghemat banyak waktu dan tenaga.
Awal ditemukannya mesin cuci:
1.      Pertama kali di abad 17 dan di patenkan di Amerika 1846 dengan kerangka berbentuk drum yang ide utamanya masih digunakan hinga kini, mesin cuci dahulu degerakkan oleh tangan ataupun hewan seperti kuda.

2.      Beberapa puluh tahun setelahnya mesin cuci listrik diperkenalkan di Amerika pada tahun 1900. Model ini dikembangkan dengan maksud untuk menghilangkan proses menggilas dan mengucek dengan tangan.
3.      Pada tahun 1911 diproduksikannya mesin cuci dengan nama Maytag (sekarang Whirpool).
Sekarang ini banyak sekali jenis mesin cuci . hal ini membuat kita harus melakukan perbandingan untuk memilih mesin cuci sesuai kebutuhan keluarga.
Mesin cuci masa kini telah mengalami perkembangan yang pesat. Alat ini sudah semakin canggih, sehingga kita dapat memilih cara mencuci yang disesuaikan dengan bahan pakaian dengan hanya menekan beberapa tombol saja, bahkan suaranya pun tidak bikin bising, sehingga tidak terganggu jika kita mencuci pada malam hari.
MESIN CUCI MASA KINI


Perkembangan Teknologi Dalam Bidang Psikologi
1.      E-counseling (elektronik konseling)
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi maka menuntut program bimbingan dan konseling agar dapat memberikan layanan yang maksimal sesuai dengan tuntutan zaman. Dahulu jika kita ingin mendapatkan bimbingan dan konseling kita harus bertatap muka dengan konselor, tapi sekarang ini tidak, alat-alat komunikasi yang sangat mendukung perkembangan teknologi informasi ini mampu membuat program e-counseling, diamana program ini membantu konseli untuk mampu menyelesaikan masalah yang dihadapinya tanpa harus mengunjungi atau datang bertatap muka dengan konselor yaitu dengan cara menjadikan teknologi informasi sebagai alat dalam suatu program kegiatan berkonsultasi. Jadi kita tidak harus mendatangi konselor secara langsung.
Konseling tidak hanya dilakukan dengan face to face dalam satu ruang tertutup, namun bisa dilakukan melalui format jarak jauh yang di bantu teknologi yang selanjutnya dikenal dengan istilah e-konseling. E-counseling (electronic counseling) atau proses penyenggaraan konseling secara elektronik. Pelayanan e-konseling tidak hanya terbatas pada penyelenggaraan konseling (istilah yang paling popular untuk mengebut konseling individual) saja, namun diperluas menjadi penyelenggaraan BK secara keseluruhan. Pelayanan ini dilakukan konselor dalam upaya membantu mengentaskan dan menangani permasalahan klien. Gibson (2008) menyebutkan pelayanan ini dilakukan oleh konselor untuk memberikan kenyamanan bantuan yang dibutuhkan konseli ketika menghadapi suatu masalah dan tidak mungkin dilakukan secara face to face.
Sumber : http://info-konseling.blogspot.co.id/2013/03/konseling-online.html

2.      Aplikasi SPSS dalam Psikologi
Kemampuan statistic merupakan salah satu syarat untuk para calon psikolog. Berkaitan dengan kemampuan skoring dan pengolahan data dalam suatu penelitian. Mahasiswa psikologi harus mampu dalam perhitungan statistic guna melengkapi syarat skripsi maupun penelitian terurtama yang menggunakan metode kuantitatif.
Dahulu semua kegiatan ini dilakukan secara manual, namun sekarang telah dibuat program khusus untuk  perhitungan statistic yang dinamakan SPSS (Statistical Product and Service Solution) yang memuiliki berbagai macam software yang bersifat umum maupun spesifik yang dibuat guna memudahkan dalam penggunaannya berkaitan dengan perhitungan statistic.
Tujuan SPSS
Program ini dibuat dengan berbagai macam perintah yang umum maupun spesifik, guna memudahkan individu dalam perhitungan maupun pemrosesan data mentah statistic secara cepat dengan akurasi yang baik.
Cara kerja SPSS
Pemasukan data (input) – pemrosesan – hasil (output)
Manfaat SPSS
Membantu pengguna dala memproses data statistic.

Sumber:http://psikologidanteknologiinternet.blogspot.co.id/2011/11/aplikasi-spss-dalam-psikologi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...