Kamis, 23 Maret 2017

Tugas 3 Matematika Dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama : Dimas Kurniawan Jonathan
Kelas : 1 PA 12
NPM : 12516048


Perkembangan Teknologi Dalam Kehidupan Sehari – hari
1.      Kamera
Salah satu teknologi yang sangat dibutuhkan manusia adalah kamera. Dengan adanya kamera kita dapat mengabadikan momen – momen yang berharga yang munkin tidak dapat terulang lagi. Namun kamera yang kita ketahui sekarang memiliki proses penyempurnaan dari masa kemasa dan terus berkembang hingga sekaran.
Kegiatan memotret diperkirakan sudah ada sejak abad ke-13 yang pada saat itu disebut dengan camera obscura. Pada abad ke 15 kamera ini diperkecil menjadi seukuran televisi atau radio sehingga lebih mudah untuk dibawa. Terdapat berbagai perkembangan ejak ditemukannya kamera pertama kali.Pada Tahun 1836, Louis Daguerre dan Joseph Nicephore Niepce menemukan metode fotografi praktis pertama. Daguerre dilapisi pelat tembaga dengan perak, kemudian tambahkan dengan uap yodium untuk membuatnya sensitif terhadap cahaya. Pada 1885, George Eastman mempelopori penggunaan film fotografi, dimulai dari kertas film manufaktur pada 1885 sebelum beralih ke seluloid pada tahun 1889. Kamera pertamanya, yang ia disebut “Kodak,” pertama kali ditawarkan untuk dijual pada tahun 1888. Itu adalah kotak kamera yang sangat sederhana dengan lensa fixed-focus dan kecepatan rana tunggal, dengan harga yang relatif rendah
Oskar Barnack, yang bertanggung jawab atas penelitian dan pengembangan di Leitz, memutuskan untuk menyelidiki dengan menggunakan 35 mm film cine untuk kamera dalam percobaannya untuk membangun sebuah kamera kompak yang mampu membuat pembesaran berkualitas tinggi. Leitz diuji pasarkan antara tahun 1923 dan 1924. Kamera tersebut memperoleh respon sangat baik dari para konsumen sehingga para pesaing pun mulai bermunculan salah satunya adalah Canon yang dibuat oleh Jepang.
Kamera pertama dengan refleks praktis dibuat oleh Franke & Heidecke Rolleiflex media dengan nama TLR tahun 1928. Meskipun secara single twin-lens reflex kamera ini tersedia selama beberapa dekade, dengan kepopuleran yang cukup lama. Pada tahun 1952 Asahi Optical, perusahaan yang kemudian menjadi terkenal untuk kamera Pentax memperkenalkan SLR Jepang pertama menggunakan film 35mm, yang disebut Asahiflex. Beberapa pembuat kamera Jepang lainnya juga memasuki pasar SLR pada 1950-an, termasuk Canon, Yashica, dan Nikon. Kamera analog mulai muncul pada tahun 1981 dari Sony Mavica (Magnetic Video Camera). Ini adalah kamera analog, yang mencatat sinyal pixel terus menerus, sebagai mesin rekaman video.
Kamera elektronik Analog berikutnya ditahun 1986 adalah Canon RC-701. Canon pertama kali menjadi kamera untuk memotret Olimpiade 1984, mencetak foto Yomiuri Shinbun, dalam surat kabar Jepang. Di Amerika Serikat, publikasi pertama yang menggunakan kamera ini untuk reportase nyata dalam USA Today, untuk pertandingan Bisbol World Series.
2.      Jam tangan Pintar
Pada awalnya jam tangan diciptakan untuk memudahkan kita dalam melihat dan mengetahui waktu pada saat beraktifitas. Namun seiring perkembangan teknologi, kini jam tangan memiliki fungsi yang lebih dari sekedar mengetahui waktu. Berikut adalah perkembangan jam tangan pintar dari masa ke masa.
Tahun 1941, produsen Mimo Loga menyisipkan perhitungan algoritma dalam jam tangan manual buatannya. Pada tahun 1972-1975,  fungsi kalkulator elektronik digital ditambahkan dalam jam tangan buatan produsen Hamilton Pulsar dan Time Computer. Tahun 1980,  muncul bebrbagai jam tangan berbasis digital yang sudah mulai bisa menjalankan berbagai aplikasi. Tahun 2000-2001, IBM menanamkan os Linux dengan RAM dan flash memori pada jam tangan, dan pada 2010, dua os yang sedang naik daun pada saat itu yaitu android dan ios, juga mulai ditanamkan didalam jam tangan pintar sehingga kini jam tangan pintar sudah memiliki lebih banyak fitur yg dapat memudahkan kita dalam aktifitas sehari – hari seperti menelfon, memotret, mendengarkan musik, pengukur detak jantung, dan lain sebagainya.
Perkembangan Teknologi Dalam Bidang Psikologi
1.      E-conseling
E-conseling merupakan pelayanan intervensi psikologi yang dilakukan melaui Internet. Proses terapi terlebih dahulu dilakukan melaui media ini agar dapat disusun rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face-to-face yang akan dilakukan. Fungsi dari e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya, sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Dalam aplikasinya, psikoterapi online menawarkan tantangan etika baru bagi mereka para terapis yang tertarik untuk menggunakan media ini dalam memberikan pelayanan psikologi. Perbedaan antara komunikasi berbasis teks interaktif dan komunikasiverbal in-person menciptakan tantangan etika baru yang sebelumnya tidak di temui dalam terapi face-to-face (secara langsung).
2.      Program SPSS
Bentuk lain dari penerapan teknologi dalam psikologi adalah program SPSS. Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian jumleh subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan. Data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia. Jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya. Dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika diolah secara manual dapat teratasi.


Sumber :
*http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150312183210-188-38779/evolusi-jam-tangan-pintar-dari-masa-ke-masa/
*https://romirpti.wordpress.com/2014/12/15/perkembangan-kamera-dari-zaman-dahulu-sampai-sekarang/
*http://arohilmi.blogspot.co.id/2012/11/penggunaan-teknologi-internet-dalam.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...