Jumat, 10 Maret 2017

TUGAS MATEMATIKA dan ILMU ALAMIAH DASAR 3 #

Nama: Aqila Shabirah 
NPM: 11516002
Kelas:1PA12

 Pertemuan 3

Hari ini saya ditugaskan untuk membahas tentang perkembangan  teknologi. Berbicara teknologi, pastinya pada zaman modern ini sudah banyak beragam model atau kualitas teknologi yang canggih dan praktis. Disini Saya akan membahas dua alat teknologi berdasarkan pengalaman saya dan teknologi yang digunakan dalam bidang Psikologi. First, saya akan membahas dua alat teknologi berdasarkan pengalaman saya.


Perkembangan alat pengocok adonan kue

 Alat teknologi pertama yang akan saya bahas adalah alat yang sering digunakan dalam hal memasak yaitu “Alat pengocok adonan kue/telur(Mixer/Whisk).  Disini mengapa saya ingin membahas alat pengocok adonan kue/telur ? karena dari SMP saya suka membuat kue, jadi saya sangat mengenal alat pengocok adonan kue. Langsung aja ya saya bahas perkembangan alat teknologi yang pertama …. Simak terus ya…
  •       Alat pengocok adonan kue tradisional
Dulu waktu liburan sekolah, kebetulan sekali saya pulang dari pesantren. Saya mengalami kebosanan yang sangat mendalam hehe…. Hingga akhirnya saya mendapatkan pencerahan untuk menghilangkan kebosanan  dari acara memasak di tv. Saat itu acara tersebut sedang menanyangkan cara membuat donat ala-ala gitu… saya lupa hehe… Saya terus memperhatikan cara membuatnya sampai selesai. saya pun tertarik untuk membuatnya tapi  saya baru sadar kalau di rumah saya nggak ada alat pengocok kue. Akhirnya saya memutuskan untuk membeli alat pengocok adonan esok harinya. Singkat cerita, saya sudah membeli alat pengocok kue yang murah harganya … kata si ibu penjualnya alat pengocok itu namanya alat pengocok tradisional. Seperti gambar di bawah ini  ⇓⇓⇓
Source:tokopedia.com
Sesampai di rumah, langsung lah saya mengunakan alat pengocok kue tradisional untuk membuat donat. Menurut saya, alat pengocok tradisional ini susah karena membuat tangan saya pegal harus menekan-nekan alatnya untuk mengeluarkan adonan yang masuk ke dalam per alat pengocoknya. Selain itu, dengan pegangan alatnya terbuat dari kayu, itu membuat alatnya mudah patah. Akhirnya pun saya tidak memakainya lagi ….
  •   Alat pengocok adonan kue berbahan stainless
Source:id.aliexpress.com
Waktu itu saya ingin membuat kue bolu, mengingat alat pengocok kue tradisional itu patah dan sudah tidak di pakai. saya pun membeli lagi alat pengocok adonan kue di pasar. Di pasar, saya di tawarkan penjualnya alat pengocok kue berbahan stainless. Berhubung harganya terjangkau dengan uang yang saya bawa, saya pun akhirnya memutuskan untuk membelinya. Saya pernah baca di google, kalo alat pengocok berbahan stainlees ini namanya whisk. Sebenarnya selain berbahan stainless ada juga bahan lain. Pertama kali saya memakai whisk ( whisk aja ya bilangnya hehe terlalu panjang bilang alat pengocok kue), memang terasa berbeda dengan alat pengocok yang sebelumnya. Whisk ini memang mudah di gunakan untuk mengocok adonan. Kalau ada adonan yang tersangkut, saya tinggal mengetuk whisk didalam wadah. Sampai saat ini whisk masih saya gunakan untuk mengocok telur atau adonan-adonan yang tidak perlu dikocok terlalu lama.
  • Alat pengocok  adonan kue listrik
Sejak saya senang membuat kue, ayah saya pun membelikan saya alat pengocok adonan listrik atau biasanya disebut mixer.
Source:forum.liputan6.com
saya senang sekali, dibelikan alat mixer yang cukup praktis ini. Jadi, setiap saya membuat adonan kue atau roti saya tidak perlu capek-capek mengocok adonan dalam jangka waktu lama.
  •         Alat pembuat roti dan kue instant
Saya sering sekali melihat iklan alat ini di tv, sampai saya berkhayal ingin punya alat pembuat roti dan kue instan. Saya pun meminta ayah saya untuk membelikannya kebetulan pada saat itu saya dan keluarga sedang pergi ke mall. Dengan kebaikan ayah saya hehe… akhirnya ayah saya mau membeli alat pembuat roti dan kue instan ini.

Source:fjb.kaskus.co.id
Esok harinya, saya dan keluarga penasaran ingin mencoba alat pembuat roti dan kue ini. Saya dan ayah saya  yang mencoba membuat roti untuk pertama kalinya. Saya sangat kagum sekali dengan teknologi modern zaman sekarang ini, alat pembuat roti dan kue ini sangat praktis sekali. Saya hanya memasukkan bahan-bahan rotinya dan hanya menekan tombol-tombol yang tersedia di alat pembuat roti dan kue . kemudian saya dan keluarga hanya menunggu rotinya matang dan langsung bisa dinikmati. Jadi, saya tidak perlu repot-repot mengocok , menunggu adonan mengembang dan memanggang lagi(kalau memanggang khusus roti saja hehe).

Perkembangan alat pengusir nyamuk

Source:rw16-pabuaran.blogspot.com
Alat teknologi kedua yang saya bahas adalah Alat pengusir nyamuk. Karena selama hidup saya, saya selalu berurusan dengan binatang yang satu ini( mungkin semua orang ya bukan hanya saya saja hehe). Langsung aja ya saya bahas perkembangan alat pengusir nyamuk berdasarkan pengalaman saya.
Alat pengusir nyamuk pertama yang saya gunakan adalah obat nyamuk bakar, mengunakan obat nyamuk bakar membuat saya dan keluarga susah bernapas. Kami pun baru tahu kalau obat nyamuk bakar ternyata berbahaya, alternatif kedua yang kami sekeluarga pakai adalah raket nyamuk dan kelambu. Setiap merasa ada banyak nyamuk di sekitar ruangan, saya ataupun anggota keluarga saya yang lain mengunakan raket nyamuk untuk mengusir sekaligus membunuh nyamuk dan setiap kami tidur, kami mengunakan kelambu. Pengunaan raket nyamuk menurut saya kurang efektif karena nyamuk tetap saja menggigit kaki saya sedangkan kelambu cukup efektif tetapi kelambu di rumah saya sudah sobek. Kami pun menggunakan cara lain untuk mengusir nyamuk dengan mengunakan lampu pembasmi nyamuk. Akan tetapi, lampu ini mudah rusak, jadi ,kami memutuskan untuk tidak mengunakannya lagi. Dan kami membeli lagi alat pengusir nyamu berbentuk semprotan (spray) tapi kami harus menunggu setengah jam setelah  disemprotkan dan itu membuat kami malas mengunakannya. Sebenarnya kami juga mengunakan alat pengusir nyamuk elektrik yang mengunakan mat ( keping biru untuk pengusir nyamuk) tapi kami kurang tertarik karena harus menyediakan mat nya. Akhirnya sampai sekarang kami tetap mengunakan alat pengusir nyamuk elektrik tetapi yang mengunakan cairan. Alat pengusir nyamuk terakhir ini menurut saya dan keluarga cukup efektif .

Second and finally, saya akan membahas teknologi terakhir yaitu teknologi yang digunakan dalam bidang Psikologi.

  •   Perkembangan Teknologi Pada Tes Psikologi

Metode yang dapat digunakan untuk mengetahui  minat dan bakat seseorang yaitu melalui tes Psikologi. Tidak hanya untuk orang yang melamar kerja dan pelajar tapi semua orang dapat melakukannya dengan mudah seiring dengan perkembangan teknologi canggih. Pada zaman modern ini, pengunaan tes Psikologi sendiri sudah melalui CBT(Computer Basic Test)  yakni tes yang disepakati mengunakan kertas dan pensil sekarang mulai mengunakan komputer. Perbedaan yang nyata dari tes melalui CBT terletak pada penyampaian butir soalnya dan sistem pengoreksiannya pun langsung dilakukan oleh komputer. Perkembangan tes berbasis CBT ini semakin maju dengan dikembangkannya tes yang bersifat adaptif.    yaitu suatu tes yang mampu memperkirakan tingkat kemampuan kandidat dan dapat menyesuaikan kesulitan tes dengan kemampuan kandidat. Ini berarti meskipun mengambil tes yang sama namun tingkat kesulitan dan jumlah pertanyaan dapat berbeda-beda menyesuaikan dengan tingkat kemampuan kandidat. Dengan demikian seiring dengan berkembangnya teknologi pada tes psikologi  diharapkan dapat membantu perusahaan atau institusi pendidikan dalam menemukan “the right man in the right place” khususnya menemukan kemampuan karyawan potensial untuk bekerja sesuai bidangnya dan kemampuan potensial  pelajar atau mahasiswa untuk belajar sesuai passionnya . Jadi tidak perlu kecewa jika belum lolos tes psikologi, karena hasil tes psikologi anda adalah gambaran kemampuan sesuai dengan respon yang anda berikan.

  •  Website Psikologi Online
Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang networking, memudahkan kita untuk mendapatkan ilmu pengetahuan Psikologi melalui literature-literatur yang disajikan dalam bentuk E-book(buku online), artikel online ataupun ensiklopedia online. Dengan begitu, banyak orang yang berkecimpung di dunia psikologi  yang memanfaatkan networking untuk membuka website online grup psikologi. Dimana, website ini digunakan sebagai arena dan sarana memperoleh dan berbagi ilmu pengetahuan psikologi seperti, psikologiZone.com , belajarpsikologi.com , duniapsikologi.com , allaboutpsikologi.com , psikologifamiliy.com, dan sebagainya. Selain sebagai sarana memperoleh dan berbagi ilmu, pemanfaatan yang juga dapat kita rasakan dari website online grup ini adalah sebagai alat komunikasi murah yang memungkinkan terjadi interaksi antara dua orang atau lebih. Hal ini memungkinkan terjaidnya  proses belajar mengajar jarak jauh (E-learning) yang lebih efesien dari segi waktu, tenaga, dan biaya. Termasuk jasa psikolog dapat dilakukan secara online. Ini sangat membantu bagi seseorang yang memiliki kepribadian tertutup/introved, dimana ia memiliki setumpuk permasalahan dalam hidupnya namun ia malu untuk mengungkapkannya kepada orang lain, dengan jasa psikolog online ia memiliki kebebasan dalam mengungkapkan hal yang ada dalam dirinya, ia tidak akan merasa terganggu karena tidak langsung berhadapan dengan orang yang diajaknya berdiskusi. Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari website psikologi online. Jadi, sesungguhnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat mempengaruhi kehidupan kita. Dalam bidang keilmuan psikologi, hal ini memiliki dampak positif yaitu memberikan efisiensi pada proses pembelajaran dan profesi psikolog. Sedangkan dampak negatifnya mengacu pada pola tingkah laku seseorang terhadap lingkungannya.









Source :
http://www.kompasiana.com/anindearahardjo/perkembangan-teknologi-pada-tespsikologi_56a081819fafbded11597372
 http://hasna.blog.upi.edu/2013/11/29/pengaruh-perkembangan-ict-dalam-dunia-psikologi/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...