Kamis, 09 Maret 2017

Tugas Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar pertemuan 1 (Winda Lilis Sana)

Nama              : Winda Lilis Sana
Kelas/ Npm     : 1 PA 12/ 17516664
Tugas               : Pertemuan 1
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
            Tujuan dari Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (MIAD) untuk mahasiswa non MIPA adalah untuk memperluas perkembangan IPA dan Teknologi, seperti faktor pentingnya kehidupan manusia, sumber daya alam ,dan lingkungannya.
Ilmu Alamiah Dasar memiliki beberapa ruang lingkup, yaitu:
1.      Pengenalan IPA.
2.      Peranan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi.
3.      Dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan sosial.
4.      Ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah kelangsungan hidup manusia.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK)
            Landasan dari teknologi adalah ilmu pengetahuan. Produk IPTEK terdapat 2 yaitu untuk membantu kelangsungan hidup manusia dan dapat menghancurkan / merusak kehidupan manusia.
Ada beberapa faktor pendorong manusia menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi, yaitu:
1.      Rasa Ingin Tahu
Awal mula dari ilmu pengetahuan adalah rasa ingin tahu yang besar. Setiap manusia memiliki rasa ingin tahu terhadap sesuatu. Rasa ingin tahu yang berabad-abad maka terjadi akumulasi pengetahuan, sehingga rasa ingin tahu manusia berkembang.
2.      Mitos
Munculnya mitos karena rasa ingin tahu tetapi memiliki keterbatasan akal (rasional) dan keterbatasan indera. Tidak semua apa, mengapa, dan bagaimana dapat dijawab melalui pengamatan dan pengalaman, sehingga manusia mengarang jawaban di dalam pikirannya sendiri.
3.      Sains
Sains tidak mengenal adanya sistem nilai dan moral , estetika, baik-buruk, sopan-todak sopan, menjijikkan, sistem politik dan kekuasaan, dan yang terakhir sains tidak menjangkau Wahyu Illahi.
Ada 3 cara memperoleh pengetahuan, sebagai berikut :
1.      Prasangka
2.      Intuisi
3.      Trial and Error

Pengetahuan Ilmiah
Kriteria pengetahuan ilmiah, yaitu :
1.      Objektif
2.      Metodik
3.      Sistematik
4.      Berlaku umum

Langkah-langkah pokok metode ilmiah, sebagai berikut :
1.      Merumuskan masalah
2.      Menyusun hipotesa
3.      Menguji hipotesis
4.      Kesimpulan.

Peranan Matematika dalam Sains
            Sejak 12.000 tahun silam, manusia mulai menulis dan berhitung dalam waktu bersamaan. Tulisan merupakan dari simbol pikiran. Berhitung awalnya berupa relasi korespondensisatu satu antara obyek (yang dihitung) dengan jari tangan. Jika angkanya terlalu besar dan tidak bisa dihitung menggunakan jari tangan, maka bisa menggunakan kerikil atau batang untuk menghitung. Jika bendanya terlalu banyak maka bisa digantikan dengan tulisan(angka).
            Matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputasi. Dalam perkembangannya, matematika mutlak dibutuhkan dalam sains (IPA). Dengan adanya matematika, IPA dapat berkembang. Matematika menggunakan metode deduksi untuk keperluan pemodelan dan rekonstruksi gejala alam dan perilakunya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...