Kamis, 09 Maret 2017

TUGAS MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR 1 #

Nama : Aqila Shabirah 
NPM: 11516002
Kelas: 1PA12 
Pertemuan 1 

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar, selintas menjadi sesuatu yang cukup menakutkan dalam pikiran saya sebelum memasuki kelas softskill tersebut, saya pikir matematika dalam mata kuliah ini seperti matematika yang saya pelajari dari sejak duduk di bangku SD hingga SMA. Akan tetapi setelah saya memasuki kelas tersebut, saya ternyata salah mengenai apa yang dipelajari dalam mata kuliah ini. Untuk mengetahui lebih lanjut apa sih yang dipelajari di mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar,saya akan mereview kembali apa yang sudah saya pelajari.  yuk…. langsung saja saya bahas…..
Apa itu Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar? Apa hubungannya dengan Psikologi ?
Berhubung saya mahasiswa jurusan psikologi, oleh karena itu, pertanyaan diatas saya kaitkan dengan ilmu psikologi. Definisi Matematika dan ilmu Alamiah Dasar dalam bidang ilmu psikologi merupakan Ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan-pengetahuan umum dan teknologi yang mempengaruhi psikologis  manusia. Matematika dalam ilmu psikologi digunakan untuk mengekspresikan jumlah yang sering digunakan dalam percobaan berdasarkan data kuantitatif. Biasanya ilmu matematika yang sering digunakan untuk menghitung data percobaan-percobaan psikologi ialah ilmu statistika. Psikologi pun tidak lepas dengan ilmu yang berbasiskan pengetahuan alam seperti psikologi faal dan biopsikologi. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang belajar ilmu psikologi juga harus mengetahui tentang anatomi manusia, agar mempermudah mengetahui gejala-gejala pada tubuh  yang mempengaruhi psikologis manusia tersebut. Selanjutnya….
Mengapa sih kita harus mempelajari Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar?
Dengan mempelajari Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar, kita sebagai mahasiswa yang tidak memiliki basic dalam bidang MIPA alias anak ips seperti saya, Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar sangat membantu untuk menambah wawasan mengenai perkembangan pengetahuan alam dan juga teknologi. Lalu bagaimana dengan mahasiswa yang sudah memiliki basic MIPA ? tentunya, mereka tetap merasakan manfaat mempelajari Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar. Tujuan lain  mempelajari Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar yaitu kita dapat mempelajari dan mengetahui faktor penting kehidupan manusia, SDA dan lingkungannya.
Apa saja ruang lingkup dalam Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar?
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar meliputi pengenalan tentang ilmu pengetahuan alam dalam bidang ilmu psikologi, mengetahui peranan pengetahuan dalam perkembangan teknologi juga mengetahui dampak dari perkembangan teknologi itu sendiri dan hubungan ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah kelangsungan hidup manusia.
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar berkaitan erat dengan IPTEK, IPTEK itu sendiri adalah ilmu yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan manusia. Teknologi dan pengetahuan  yang dikembangan dari IPTEK ada yang dapat mensejahterakan manusia seperti mesin traktor untuk membajak sawah sehingga petani tidak perlu membajak sawah dengan mengunakan garu (alat membajak sawah tradisional ) dan sapi/kerbau lagi. Adapun teknologi dan pengetahuan yang dapat  menghancurkan kehidupan seperti Hacker, mereka menyalahgunaan pengetahuan tentang teknologi komputer atau handphone untuk merugikan orang lain.
Nah, apa sih yang mendorong manusia menciptakan teknologi ?
Faktor utama yang mendorong manusia menciptakan teknologi yaitu “ rasa ingin tahu”. Semakin besar rasa ingin tahu manusia, ia dapat mengembangkannya menjadi suatu ilmu pengetahuan. Sudah menjadi ciri khas manusia memiliki rasa ingin tahu. Dari rasa ingin tahu lah muncul hal yang disebut dengan MITOS dan SAINS.
Apa perbedaan Mitos dan Sains ?
Mitos adalah hasil dari rasa ingin tahu manusia tetapi karena keterbatasan akal dan indera manusia, manusia kemudian menerka-nerka atas pertanyaan yang ditimbulkan dari rasa ingin tahu manusia itu sendiri. Yang kemudian hasil dari menerka- nerka itu dijadikan jawaban sehingga manusia meyakini bahwa jawaban itu benar.
Lain halnya dengan Sains, Sains juga hasil dari rasa ingin tahu manusia yang membedakannya dengan mitos adalah sains tidak mengenal beberapa hal berikut :
  • Sistem Nilai dan norma
  • Estetika(keindahan)
  • Baik buruk ataupun hal yang dapat dikatan tabu
  • System politik dan kekuasaan
  • Sistem agama
Itulah hal yang tidak dikenal oleh Sains, Sains biasanya berhubungan erat dengan Matematika. Apa peran Matematika dalam Sains? Peran Matematika sangat besar dalam Sains, sejak 12.000 tahun silam manusia mulai menulis dan berhitung dalam waktu yang bersamaan. Dalam perkembangannya, Matematika mutlak dibutuhkan dalam Sains. Tanpa Matematika, Sains(IPA) tidak dapat berkembang karena sebelumnya Sains hanya mengandalkan metode eksperimen. Matematika yang digunakan adalah metode matematik atau statistic untuk keperluan pemodelan dan rekonstruksi gejala dan lingkungan alam. Pengetahuan ilmiah pun berhubungan dengan  sains, karena eksperimen-eksperimen yang di lakukan oleh manusia dapat dijadikan pengetahuan bagi manusia lain.
Kriteria Pengetahuan yang  ilmiah terdiri dari :
  • Objektif
  • Metodik
  • Sistematik
  • Universal atau umum
Penegtahuan ilmiah memiliki langkah-langkah pokok metode ilmiah:
Ø  Perumusan masalah
Ø  Penyusunan hipotesa
Ø  Pengujian hipotesis
Ø  Penarikan kesimpulan
Bagaimana sih cara memperoleh pengetahuan ?
Ada tiga cara yaitu  prasangka seperti halnya mitos yang tadi sudah saya jelaskan di atas, intuisi manusia dan trial and error.
Itulah pembahasan mengenai mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar yang sudah saya pelajari. Pembahasan di atas pun baru sebagian kecil dari Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar masih banyak lagi yang harus saya pelajari…. Sekian pembahasan saya kali ini … kurang lebihnya mohon maaf …

source:https://deathneverlost.wordpress.com/2012/05/09/matematika-dan-ilmu-alamiah-dasar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...