Jumat, 10 Maret 2017

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR 1# ( Ni Luh P. Kintan )

Nama   : Ni Luh Putu Kintan .A.
Kelas   : 1 PA 12
NPM   : 15516392
TUGAS I
MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR
               Pada tanggal 7 Maret 2017 kemaren, saya mengambil kelas Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar. Sebelumnya, saya belum pernah mendengar apa itu Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar, dan saya kira Mata Kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar itu mempelajari tentang Matematika Dasar seperti logaritma, bangun ruang dan limit, tetapi saya salah dan ternyata Mata Kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar itu adalah wawasan perkembangan IPA di mana salah satu yang dipelajari tentang IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
         IPTEK sendiri merupakan landasan dari teknologi. Jadi, IPTEK itu memiliki produk diantaranya :
1.      Yang Mensejahterakan Manusia
Contohnya :
a.       Handphone
Merupakan alat komunikasi dua arah yang berfungsi untuk memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain untuk jarak jauh. Selain untuk sarana komunikasi, ternyata handphone ini juga berguna untuk menambah wawasan misalnya mencari materi untuk pembelajaran, membantu tugas kuliah.

b.      Lampu
Zaman nenek moyang kita dulu yang tinggal di daerah pedalaman mana ada sih yang namanya lampu. Dulu mereka menggunakan lilin atau kayu yang di bakar sebagai pengganti lampu. Lampu sendiri berfungsi sebagai sarana penerangan seperti belajar.

2.      Yang Menghancurkan Kehidupan
Contohnya :
a.       Internet
Merupakan salah satu jaringan komputer yang saling terhubung secara internasional dan tersebar di seluruh dunia. Zaman sekarang, penggunaan Internet hampir semua masyarakat dunia menggunakan Internet mulai dari anak-anak sampai orang tua. Internet ini memiliki banyak sekali fungsinya contohnya seperti mencari materi pembelajaran, bermain sosial media, dll.
Tetapi, banyak dari mereka yang menyalahgunakan Internet ini seperti menonton video dewasa, membuat masyarakat muda kecanduan terhadap Internet sehingga mereka kurang bersosialisasi terhadap lingkungan sekitar.

Ternyata, mitos itu bagian dari Ilmu Pengetahuan. Kenapa ? karena Ilmu Pengetahuan itu bermula dari rasa ingin tahu, dari rasa ingin tahu inilah muncul suatu hal yang disebut MITOS.

Mitos sendiri adalah suatu perumpamaan yang berasal dari cerita rakyat zaman nenek moyang kita dulu di mana kita harus ikuti tetapi belum di ketahui kebenarannya. Contohnya di daerah Jawa Tengah apabila terjadi Gerhana Matahari, kata masyarakat Jawa kalau mataharinya itu dimakan “buto”. Tetapi itu salah, karena secara ilmiah Gerhana Matahari itu terjadi karena posisi bulan terletak di antara Bumi dan Matahari, sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya Matahari.

            Selain mitos, ada juga Sains. Sains sendiri tidak membahas tentang :
1.      Sistem nilai dan moral
2.      Keindahan ( estetika )
3.      Baik-buruk, sopan-tidak sopan
Cara memperoleh pengetahuan antara lain :
1.      Prasangka
2.      Intuisi
3.      Trial and error
Peranan Matematika dalam Sains, antara lain :
1.      Sejak 12.000 tahun, manusia mulai menulis dan berhitung dalam waktu yang bersamaan
2.      Matematika menggunakan metode dedukasi

3.      Matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...