Minggu, 12 Maret 2017

Tugas 1 Matematika & IAD Andre Dwi Cahyo



Nama   : Andre Dwi Cahyo
Kelas   : 1PA12
NPM   : 10516800

TUGAS 1 ILMU MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR

Matematika adalah ilmu yang mempelajari tentang bagai mana cara berhitung atau ilmu yang mempelajari tentang angka-angka. Ilmu Alamiah Dasar adalah merupakan ilmu yang mengkaji pengenalan, pengetahuan dan perkembangan di alam semesta ini, termasuk yang terjadi di muka bumi ini meliputi:

1.      Perkenalan dengan IPA.
2.      Perana ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi.
3.      Ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah kelangsungan hidup manusia.

Ilmu pengetahuan teknologi yauitu pengetahuan atau wawasan seseorang di bidang teknologi. IPTEK ialah segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi. Adapun sisi negatif dan sisi positif dari perkembangan IPTEK. Faktor manusia ingin sesalalu menciptakan pengetahuan teknologi sebagai berikut:
1.      Rasa ingin tahu
Rasa keingin tahuan manusia sudah biasa terjadi di setiap fenomena apa saja yang terjadi di alam semesta ini sehingga membuat manusia merasa puas dengan apa yang talah mereka ketahui. Terkadang manusia juga merasa tidak pernah puas dengan apa yang mereka ketahui sehingga membuat mereka menjadi mereka-reka dengan jawaban meraka terhadap fenomena tersebut.

2.      Mitos
Rasa ingin tahu manusia ternyata tidak dapat terpuaskan hanya atas dasar pengamatan ataupun pengamatan. Tidak semua dengan kata apa, mengapa, bagaimana melainkan dengan dengan kata-kata lain diluar itu Maka dari itulah manusia sering mereka-reka sendiri jawaban atas keingin tahuannya mereka itu.



3.      Sains
Sains tidak membahas mengenai norma dan moral, keindahan, baik buruk, sistem politik, dan kekuasaan serta tidak menjangkau wahyu ilahi. Cara manusia mendapatkan ilmu pengetahuan dengan cara berprasangka, intuisi, dan juga dengan trial and error.

Pengetahuan Ilmiah

1.      Kriteria Ilmiah
Suatu pengetahuan dinyatakan ilmiah apabila dapat memenuhi kriteria yaitu Objektif, Metodik, Sistematik, Berlaku umum.
2.      Langkah-langkah pokok metode ilmiah meliputi yaitu Perumusan masalah, Penyusunan hipotesa, Pengujian hipotesis, Penarikan kesimpulan.


Perana Matematika dalam sains
Manusia mulai menulis dan berhitung dalam waktu bersamaan, di mulai sejak 12.000 tahun silam. Tulisan merupakan symbol dari pikiran/imajinasi. Berhitung awalnya berupa relasi korespondensi satu-satu antar objek yang dihitung dengan jari tangan. Ketika jumlah jari tidak cukup, digantikan dengan benda seperti krikil/batang. Ketika benda-benda itu cukup banyak, perannya digantikan dengan tulisan atau angka. Sejak awal, matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputansi. Dalam perkembangannya, matematika mutlak di butuhkan dalam sains atau IPA. Tanpa mat IPA tidak akan berkembang, karna sebelum melibatkan mat, sains hanya mengandalkan metode induksi (eksperimen). Mat menggunakan metode deduksi (perhitungan matematik/statistik) yang sangat handal untuk keperluan pemodelan dan rekonstruksi gejala alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...