Sabtu, 11 Maret 2017

MATEMATIKA & ILMU ALAMIAH DASAR
(Pertemuan dan Tugas 1)
RIKAYANTI/16516415/1PA12

Apasih yang kita ketahui dari Matematika & Ilmu Alamiah Dasar itu? Banyak beranggapan bahwa matematika merupakan ilmu menghitung yang  berurusan dengan angka, dan Ilmu Alamiah Dasar (IAD) merupakan ilmu yang berhubungan dengan kehidupan alam sekitar. Disisi lain yang perlu kita ketahui bahwa Matematika merupakan cikal bakal dari SAINS, dan Ilmu Alamiah Dasar merupakan pengetahuan tentang konsep dasar dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Teknologi.
Tahukah kalian bahwa ternyata Ilmu Matematika itu berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam. Kok bisa? Sedikit ulasan mengenai peranan matematika dalam sains dalam sejarahnya manusia mulai menulis dan berhitung dalam waktu bersamaan, dimulai sejak kurang lebih 10.000 atau 12.000 tahun silam. Dimana tulisan merupakan symbol dari pikiran/imajinasi. Berhitung awalnya berupa relasi korespondensi satu-satu antara obyek (yang dihitung) dengan jari tangan, ketika jari tidak cukup banyak, digantikan dengan benda seperti kerikil/batang. Ketika benda-benda itu cukup banyak, perannya digantikan dengan tulisan (angka). Sejak awal, matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputasi. Sehingga dalam perkembangannya, matematika mutlak dibutuhkan dalam SAINS/IPA/IAD. Tanpa matematika, IPA tidak akan berkembang, karena sebelum melibatkan matematika, sains hanya mengandalkan metode induksi (eksperimen) sedangkan matematika menggunakan metode deduksi (perhitungan matematik/statistik) yang sangat handal untuk keperluan pemodelan dan rekonstruksi gejala alam dan perilakunya.

Tujuannya Apa sih?
Kenapa kita harus mempelajari Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar? Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar ditujukan untuk mahasiswa non-MIPA agar mahasiswa memiliki pandangan yang lebih luas dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta mampu memperoleh dan memahami pengetahuan yang ada yang termasuk ke dalam bidang Pengetahuan Alam dan Teknologi (IPTEK).

Ruang Lingkup IAD
-          Perkenalan dengan IPA
-          Peranan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi
-          Dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan sosial
-          Ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah kelangsungan hidup.

SAINS
Pengetahuan  zaman kuno (non ilmiah) >< sekarang (ilmiah)

Pengetahuan ilmiah memiliki kriteria:
-          Objektif
-          Metodik
-          Sistematik
-          Berlaku umum

Cara memperoleh pengetahuan :
-          Prasangka
-          Intuisi
-          Trial and Error

IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi)
Manusia dapat menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi karena akal budinya dan rasa ingin tahu  manusia yang berkembang. Karena berlangsung berabad-abad, maka terjadi akumulasi pengetahuan, sehingga terjadi perbendaharaan pengetahuan. Produk IPTEK itu banyak yang mensejahterahkan manusia (Handphone, Lampu, dll) dan ada yang menghancurkan  kehidupan (nuklir, internet yang disalah gunakan)

MITOS

Mitos juga timbul dari rasa ingin tahu, tetapi mengalami keterbatasan akal (rasio) dan keterbatasan indera sehingga manusia mereka-reka jawaban di dalam alam pikirannya sendiri. contohnya : jangan bangun tidur siang-siang, nanti rezekinya di patuk ayam, dsb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...