Senin, 20 Maret 2017

TUGAS 2 MATEMATIKA IAD PAMELA ROSA ANGELICA

Nama : Pamela Rosa Angelica
Kelas : 1PA12
NPM : 15516708
TUGAS 2

Pohon jodoh di kebun raya bogor, pohon jodoh ini adalah salah satu mitos kebun raya bogor yang lumayan popular dikalangan wisatawan yang pernah berkunjung kesana, konon katanya pohon ini bisa membuat hubungan cinta menjadi awet.
Setu cikeas, cukup banyak mitos yang beredar terkait di tempat ini. Salah satu di antaranya bahwa di dalam setu ini terdapat pusaran air yang di bawahnya terdapat istana kerajaan gaib. Istana kerajaan tersebut, konon dijaga dengan sangat ketat. Mitos lainnya adalah setiap pojok situ atau setu ini ada penunggunya. Namanya di mulai dengan kata mbah, di antaranya yaitu mbah gagu. Mbah maun dll. Paling tidak ada 4 mbah penunggu setu ini. Konon pula, terdapat tanda-tanda khusus berupa berubahnya warna ikan dari setu ini yang menandakan bahwa setu ini meminta tumbal. Mitos-mitos ini pulalah yang dikaitkan dengan tewasnya 2 wisatawan yang ditemukan berpelukan di dasar setu tahun 2014 yang lalu.
Gunung pusuk buhit samosir Sumatra utara, menurut legenda setempat, pusuk buhit merupakan tempat asal mula orang batak. Jadi, nenek moyang orang batak berasal dari pusuk buhit. Konon si boru deak parujar turun dari langit. Dua terpaksa meninggalkan kahyangan karena tidak suka dijodoh dengan si raja odap-odap. Padahal mereka berdua sama=sama keturunan dewa. Dengan alat tenun dan benangnya, siboru deak parujar yakin menemukan suatu tempat persembunyian dibenua bawah. Alhasil, dia tetap terpaksa minta bantuan melalui burung suruhan si leang-leang mandi agar dewata mulajadi nabolon berkenan mengirimkan sekepul tanah untuk ditekuk dan dijadikan tempatnya berpijak. Namun sampai beberapa kali kepul tanah itu di tekuk-tekuk, tempat pijakan itu selalu diganggu oleh naga padoha niaji. Raksasa ini sama jelen dan tertariknya dengan si raja odap-odap melihat kecantikan siboru deak parujar. Akhirnya si boru deak parujar mengambil siasat dengan makan sirih. Warna sirih si boru deak parujar kemudian semakin menawan naga padoha niaji. Dia mau tangannya di ikat asala yang membuat merah bibir itu dapat dibagi kepadanya. Namun setelah kedua tangan berkenan di ikat dengan tali pandan, siboru deak parujar tidak memberikan sirih itu sama sekali dan membiarkan naga padoha niaji meronta-ronta sampai lelah. Bumi yang di ciptakan oleh siboru deak parujar terkadang harus diguncang gempa. Gempa itu hasil perilaku naga padoha niaji. Namun ketika guncangan itu mereda si boru deak parujar mulai merasa kesepian dan mencari teman atau bercengkerama. Tnpa di duga dan mengejutkan, diapun bertemu dengan si raja odap-odap dan sepakat menjadi suami – istri yang melahirkan pasangan manusia pertama di bumi dengan nama raja ihat dan itam manisia. Pasangan manusia pertama inilah yang menurunkan si raj abatak generasi keenam dan menjadi leluhur genealogis orang batak (http://tanobatak.wordpress.com)

Mitos gunung sibayak, gunung yang mempunya tinggi 2.212 meter di atas permukaan laut mempunyai mitos tentang suara neraka yang sampai sekarang pun masih terus berhembus. Gunung ini terletak di desa raja berneh atau desa semangat gunung, berkecamatan simpang empat, kabupaten tanah karo. Gunung yang mempunyai jarak sekitar 60km dari kota medan ini disebut juga dengan sebutan gunung raja oleh orang batak karo. Kata masyarakat dikaki gunung sibayak ini sering terdengar suara orang berkumpul, kadang berteriak bahkan tangisan. Dan suara inilah yang disebut ‘’ suara neraka’’ oleh penduduk setempat. Konon dulu ada dukun sakti digunung ini yang tak mampu menyembuhkan anak perempuannya sendiri hingga meninggal. Lantaran sedih, ini mengorbankan dirinya sendiri kepada penunggu gunung ini. Karenan sekak saat itu sering terdengar suara tangisan dan juga suara anaknya yang kemudian disebut sebagai suara neraka. Dan suara neraka itulah yang kemudian di tuding sebagai penyebab terjadinya kecelakaan sejumlah pendaki local maupun asing, termasuk juga kecelakaan pesawat.
A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...