Jumat, 10 Maret 2017

Tugas 1 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Tugas Pertemuan 1
Nama   : Sekar Mulianingrum Hanafiah
NPM   : 16516893
Kelas   : 1PA12
Tugas I (Resume)
Di hari siang yang cerah, mahasiswa 1PA12 memiliki kegiatan belajar di kampus. Mereka sedang mempelajari mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar yang merupakan mata kuliah softskill di Universitas Gunadarma.
            Mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar memiliki tujuan untuk menambah wawasan perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan teknologi yang merupakan faktor penting kehidupan manusia, sumberdaya alam dan lingkungannya.
            Rasa ingin tahu merupakan permulaan dari Ilmu Pengetahuan. Rasa ingin tahu manusia berkembang dan berlangsung selama berabad-abad dan terjadi akumulasi pengetahuan yang membuat manusia melakukan perbendaharaan pengetahuan.
Rasa ingin tahu yang tidak terpenuhi kadang memunculkan mitos. Mitos timbul dari rasa ingin tahu tetapi mengalamu keterbatasan akal dan keterbatasan indera. Di dunia ini ada beberapa oertanyaan yang tidak selalu memiliki jawaban. Tidak semua pertanyaan dapat dijawab melalui pengamatan dan pengalama, sehingga dikemudian hari manusia mereka-reka jawaban dalam pikiran mereka sendiri.
Pengetahuan ilmiah memiliki kriteria yaitu; objektif, metodik, sistematis dan berlaku umum.
Langkah-langkah pokok metode ilmiah adalah
-          Perumusan masalah
-          Penyusunan hipotesa
-          Pengujian hipotesis
-          Penarikan kesimpulan
Matematika memiliki peranan besar dalam perkmbangan ilmu pengetahuan.berhitung awalnya berupa relasi korespondensi satu-satu antara obje yang dihitung dan jari tangan. Ketika jumlah jari tidak cukup, digantikan dengan benda seperti kerikil atau batang. Jika benda-benda itu cukup banyak, perannya digantikan dengan tulisan.
Sejak awal, matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaian dengan komputasi. Dalam perkembangannya, matematika mutlak dibutukhkan dalam sains. Tanpa matematika, ilmupengetahuan alam tidak akan berkembang dan begitupun sebaliknya.
Materi-materi itu bukanlah susunan angka dan huruf yang harus diselesaikan dengan perhitungan, melainkan sejarah dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Dengan selesainya penjelasan dosen, beliau menyampaikan tugas-tugas yang harus dikumpulkan Senin depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...