Rabu, 15 Maret 2017

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR 2# ( Ni Luh P. Kintan )

Nama   : Ni Luh Putu Kintan .A.
Kelas   : 1 PA 12
NPM   : 15516392
TUGAS II
MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR

1.      Pura Tanah Lot di Bali
Pura Tanah Lot Bali atau yang disebut juga Pura Luhur Tanah Lot adalah sebuah tempat suci agama Hindu yang mempunyai keidahan sunsetnya. Pura Tanah Lot Bali terletak di tepi pantai Tanah Lot dan berdiri di atas sebuah batu karang laut, disebelah baratnya juga terdapat Pura yang disebut Pura Batu Bolong. Banyak wisatawan yang berwisata di Bali terutama di Tanah Lot.
Selain mempunyai keindahan sunsetnya, ternyata Tanah Lot memiliki beberapa mitos diantaranya kalau kita membawa pasangan yang belum resmi menikah, maka hubungan mereka tidak akan bertahan lama atau kandas dalam waktu dekat, sehingga banyak masyarakat lokal yang enggan membawa pasangan ke tempat tersebut.
Selain mitos dilarang membawa pasangan, saya akan membahas tentang mitos Ular Suci. Ular Suci semacam ular laut pada umumnya, tetapi ular ini jinak karena ada pawang ular yang menjaga ular tersebut. Menurut masyarakat yang tinggal di sekitar Tanah Lot, apabila kita menyentuh dan meminta sebuah permohonan, dipercaya Ular Suci ini dapat mengabulkan permohonan tersebut dan Ular Suci juga dipercaya sebagai penjaga tempat suci tersebut, sehingga apabila kita berwisata ke temapt itu, kita dapat melihat Ular Suci itu.

2.      Munculnya Buaya Putih di Setu Babakan
Setu Babakan adalah nama sebuah danau yang terletak di pinggiran DKI Jakarta tepatnya di daerah Srengseng Sawah, Jagarkasa, Jakarta Selatan di mana kawasan tersebut sudah dijadikan sebagai Cagar Budaya oleh pemerintah DKI Jakarta.
Kawasan Setu Babakan itu memiliki mitos yaitu munculnya Buaya Putih. Asal mula munculnya Buaya putih ini adalah sepasang kekasih di mana hubungan mereka tidak direstui oleh orang tua si gadis. Karena tidak direstui, pacarnya si gadis ini hendak pergi merantau untuk merubah nasibnya dan apabila ia sudah merantau, ia akan kembali. Sudah 1 tahun berlalu, si pacarnya ini tidak ada kabar apakah ia berhasil atau tidak merantaunya, apalagi si gadis ini akan dijodohkan oleh orangtuanya dengan lelaki lain.
Dan akhirnya si gadis ini putus asa. Ia pergi ke Danau Setu Babakan. Dengan perasaan hancur, ia menceburkan dirinya ke danau. Setelah ia menceburkan dirinya ke danau, siluman penghuni danau itu melihat dia dengan penuh kasian. Maka si gadis ini tidak mati, tetapi menjelma sebagai buaya putih. Dan menurut warga sekitar, apabila ada orang yang berbuat tidak senonoh, maka orang itu akan menjadi korban Buaya Putih Setu Babakan.

3.      Pulung Gantung di Gunung Kidul
Kalian pasti sudah tidak asing lagi kan dengan kata “ bunuh diri “. Yak, benar sekali, bunuh sendiri terjadinya karena alasan ekonomi, stress karena mungkin tidak mendapat pekerjaan, diselingkuhin pacar. Tapi, yang harus kalian tahu bahwa kasus bunuh diri tidak sering terjadi di kota – kota besar seperti Jakarta atau Surabaya, melainkan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kok bisa sih ???
Di daerah ini mempunyai kasus bunuh diri dengan angka yang terbilang cukup tinggi yaitu sekitar 7 per 100.000 penduduk. Dan sampai saat ini pun pemerintah daerah sekitar belum mengetahui apa penyebab terjadinya bunuh diri di lokasi tersebut dan kenapa mereka lebih memilih mengakhiri hidupnya ketimbang berjuang untuk hidup lebih lama lagi.
Menurut sumber, kalau setiap kali terjadi bunuh diri, maka dipercaya ada pertanda yang datang, berupa cahaya-cahaya misterius yang kerap muncul dan berterbangan yang disebut sebagai Pulung Gantung. Menurut warga sekitar, Pulung Gantung diartikan seperti seberkas sinar berwarna merah yang datang dari atas langit dan jatuh ke sebuah rumah.
Menurut mitos yang banyak beredar di daerah tersebut, jika sebuah rumah kena pulung gantung maka di rumah itu akan ada yang meninggal dunia, tetapi meninggalnya bukan karena sebab sakit tapi justru bunuh diri dan apabila ada warga setempat yang tanpa sengaja melihat Pulung Gantung, maka semua orang akan panik dan mereka akan beramai-ramai membaca istighfar dan memukul pentongan sebagai penangkal untuk dijauhkan daru segala marabahaya.

4.      Goa Lawah di Klungkung, Bali.
Bali merupakan destinasi wisata yang paling diminati oleh para turis baik lokal maupun mancanegara. Bali sangat terkenal dengan kuil – kuil sucinya. Yang akan saya bahas disini adalah Pura Goa Lawah di Klungkung.
Pura Goa Lawah merupakan rumah bagi ribuan kelelawar.  Namun, para legenda lokal percaya, Pura Goa Lawah juga menyembunyikan aliran sungai yang dapat menyembuhkan penyakit. Pura ini telah dibuat sekitar tahun 1007 dan terdapat candi kuno di depan pintu masuk gua di mana awalnya  situs candi ini tidak memiliki nama.
Di balik keunikannya, Pura Goa Lawah ini menyimpan sejumlah mitos lokal. Para legenda lokal percaya, di dalam gua terdapat terowongan yang menjadi rumah bagi raja ular yang memakai mahkota di kepalanya.
Menurut warga sekitar, lorong gua itu sangat panjang hingga dapat melewati gunung sampai ke kota terdekat.  Namun sayangnya, luas gua suci ini tidak ada yang pernah mengeksplorasi sehingga semua yang di dalamya hanya menjadi mitos.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...