Senin, 13 Maret 2017

Tugas 1 - Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar


Nama: Nabila Sari Permata

Kelas: 1PA12

NPM: 18516113



Matematika atau Ilmu Alam Dasar mempunyai tujuan yaitu memperluas wawasan perkembangan IPA dan Teknologi (Itu merupakan factor-faktor penting dalam kehidupan manusia selain Sumber Daya Alam dan lingkungannya)

Ruang Lingkup Ilmu Alam Dasar meliputi pengenalan tentang IPA atau segala hal yang berhubungan dengan alam dan juga penjelasan tentang peranan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi. Serta mempunyai dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan social kita hingga sekarang. Itu juga meliputi segala ilmu pengetahuan dan juga teknologi dan pembahasan tentang beragam macam masalah yang mempengaruhi kelangsungan hidup manusia.

Ilmu pengetahuan juga merupakan landasan dari teknologi yang menciptakan berbagai macam produk IPTEK yang bertujuan untuk mensejahterakan manusia dan mempunyai dampak negative yaitu menghancurkan kehidupan karena pergeseran pekerja yang mulai digantikan oleh mesin. Seperti pengurangan jasa cuci mobil yang biasanya dilakukan oleh 6 orang kini digantikan menjadi mesin pencuci mobil yang dapat dilaksanakan oleh 1 orang atau 2.

Apa saja yang mendorong manusia enciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi?

Yang pertama-tama adalah rasa ingin tahu dan itu merupakan ciri khas dari manusia karena makhluk lain tidak memilikinya. Rasa ingin tahu manusia berkembang mengikuti perkembangan jaman, karena berlangsung selama berabad-abad hingga sekarang, maka terjadilah akumulasi pengetahuan sehingga terjadi perbendaharaan pengetahuan. Rasa ingin tahu muncul juga dapat disebut dengan mitos.

Mitos? Apakah itu? Mitos adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah yang berlatar pada masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang menceritakan cerita ataupun penganutnya.

Mitos timbul karena rasa ingin tahu tetapi masih mengalami keterbatasan akal atau rasionalitas dan juga indera yang membuat gerak-gerik yang membuat validitas suatu mitos masih dalam cerita rakyat belaka. Tapi tidak semua apa, mengapa dan juga bagaimana dapat dijawab melalui pengamatan dan pengalam yang kemudian manusia dapat menerka-nerka jawaban yang ada di dalam pikiran, logika dan nalarnya sendiri.



Sains mempunyai beberapa sifat dan yang utamanya adalah tidak pernah menyinggung atau membahas hal mengenai:

1.      Sistem Nilai dan Moral

2.      Estetika

3.      Baik-buruk sesuatu, kesopanan atau ketidaksopanan, segala hal yang subyektif tergantung oleh pengamat

4.      Sistem politik dan juga kekuasaan/kerajaan

5.      Dan juga keyakinan

Maupun begitu, ada beberapa cara untuk memperoleh suatu pengetahuan yaitu: Prasangka, intuisi dan juga kegiatan Trial and Error.

Pengetahuan ada dua masa yaitu Zaman Kuno dan juga sekarang. Pembedaannya adalah, zaman kuno masih dibatasi oleh keujian ilmiah dan juga pembuktian kebenarn sedangkan pengetahuan yang sekarang sudah menjadi pengetahuan yang bersifat ilmiah dan sudah terbukti kebenarannya.

Pengetahuan Ilmiah mempunyai beberapa kriteria yaitu;

1.      Bersifat Objektif: Karena didasari oleh fakta-fakta yang berlaku

2.      Metodik: Merupakan disiplin ilmu yang mempunyai tugas untuk menjawab berbagai pertanyaan tentang bagaimana pengetahuan, keterampilan dan sikap yang telah diajarkan oleh orang yang mengetahui atau menguasai suatu bidang ke pada anak ajarnya.

3.      Sistematik: Tersusun secara rapi.

4.      Berlaku umum: Dapat digeneralisir kedalam kehidupan nyata dan dapa digunakan disetiap tempat.

Peranan Matematika dalam Sains merupakan:

Manusia sudah mulai menulis dan berhitungan dalam waktu bersamaan, dimulai sejak 12.000 tahun silam yang merupakan simbol dari pikiran dan juga imaginasi penulisnya. Berhitung awalnya merupakan relasi korespondensi satu-satu antara obyek (yang kita hitung) menggunakan jari tangan. Ketika jumlah jari tidak cukup, dapat digantikan dengan benda seperti kerikil ataupun batang. Ketika benda-benda itu cukup banyak maka peranannya akan digantikan dengan penulisan angka. Sejak awal, matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputerisasi karena dalam perkembangannya, matematika mutla dibutuhkan dalam Ilmu Pengetahuan Alam. Tanpa matematika, IPA tidak akan berkembang karena saind hanya mengandalkan metode induksi atau eksperimen sebelum melibatkan matematika ke dalam perkembangan suatu permasalahan. Matematika menggunakan metode deduksi yaitu perhitungan matematis/statistis yang sangat handal untuk suatu keperluan permodelan dan rekonstruksi seluruh gejala alan dan keterkaitan dalam perilakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...