Senin, 20 Maret 2017

TUGAS PERTEMUAN 2 (MATEMATIKA DAN ALAMIAH DASAR)



NAMA       : SILFANI ANAFIKA
NPM           : 17516041
KELAS      : 1PA12

MITOS-MITOS DI YOGYAKARTA
Banyak mitos-mitos yang beredar di Indonesia dan di yakini oleh masyarakat karena bisa membawa dampak, baik positif maupun negative. Disini saya mengambil daerah Yogyakarta karena memang kebetulan daerah ini sangat menarik dan ibu saya lahir di kota ini. Ibu saya lumayan banyak cerita tentang daerah yogya maka dari itu saya mengambil mitos ini.
1.     Kelak kamu akan kembali ke kota Jogja jika sempat berfoto dan bisa memeluk Tugu Jogja.



Jangan heran ketika malam hari, kawasan Tugu Jogja akan ramai dengan orang-orang yang berfoto atau sekedar menghabiskan waktu berbincang dengan teman. Tugu yang berdiri selama hampir 3 abad ini memang telah menjadi ikon kota Jogja.
Bahkan, banyak orang yang percaya jika bisa berfoto tepat di depan Tugu Jogja, maka suatu saat kita akan kembali lagi menginjakkan kaki di kota ini. Ada juga mitos lain yang berpendapat bahwa dengan memeluk bagian dari Tugu ini akan membuat mahasiswa melewati masa kuliahnya dengan cepat. Kabarnya pula, para pelajar yang berasal dari luar Jogja yang telah menyelesaikan kuliah akan mampir untuk memeluk dan mencium Tugu ini sebelum meninggalkan kota Jogja.
2.      Jangan berkunjung ke candi Prambanan bersama pasangan, hubunganmu bisa jadi kandas layaknya kisah Bandung Bondowoso dan Roro Jonggrang.


Ketika duduk di bangku sekolah dan belajar sejarah, kamu tentu tahu legenda terbentuknya Candi Prambanan ‘kan?Konon, ada seorang ratu cantik bernama Roro Jonggrang, putri dari kanjeng ratu Boko yang akan dipinang oleh Bandung Bondowoso.
Roro Jonggrang yang tidak menyukai Bandung Bondowoso memilih untuk mengajuk syarat, yaitu membangun seribu candi. Namun, Roro Jonggrang berbuat curang dengan berusaha menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Akibat perbuatan itu, murkalah Bandung Bondowoso sehingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu.
Dari cerita itu pula, banyak yang percaya bahwa hubungan cintamu akan kandas saat mengunjungi candi Prambanan bersama pasangan.
3.      Saat mendaki Merapi, kamu akan melewati Pasar Bubrah yang dikenal sebagai tempat berkumpulnya bangsa jin.


Pasar bubrah yang dianggap angker.
Bagi kamu para penghobi kegiatan outdoor di gunung, tentu kamu akan familiar dengan Pasar Bubrah ketika melakukan pendakian ke kawasan Gunung Merapi. Penduduk di sekitar kawasan tersebut percaya bahwa Merapi tidak hanya dihuni oleh manusia dan tumbuhan, melainkan ada mahluk lain yang biasa mereka sebut sebagai bangsa alus alias mahluk halus.
Walaupun bernama pasar, tapi tempat ini sebenarnya adalah daerah luas yang terdiri dari batuan dan pasir, terletak tepat di bawah kaki Gunung Merapi. Namun, masyarakat sekitar percaya akan keangkeran tempat tersebut. Konon, batu besar yang berserakan di Pasar Bubrah sering dianggap sebagai kursi dan warung bagi para mahluk halus.
Dikisahkan pula bahwa tempat yang dianggap sebagai pasar besar ini akan ramai setiap malam Jumat, sehingga tidak mengherankan jika kamu dapat mendengar keramaian layaknya pasar malam lengkap dengan alunan suara gamelan dari sini, hiiiii… Menurut pengakuan para pendaki yang bermalam di tempat ini, tak jarang mereka sering diganggu oleh mahluk tak kasat mata, lho!
4.      Jika berhasil melewati dua pohon beringin di Alun-Alun Kidul dengan mata tertutup, berarti kamu punya hati dan pikiran yang bersih.


Banyak orang yang ingin membuktikan kebenarannya.
Bagi kamu yang bervakansi ke Jogja, tidak lengkap rasanya jika tidak mendatangi objek wisata yang satu ini. Alun-Alun Kidul, sebenarnya adalah tempat yang tidak terlalu istimewa dari segi bentuk, tapi menarik dari segi historis dan urban legend yang ada di sekitarnya.
Konon, hanya orang berpikiran dan berhati bersih yang mampu melewati jalan di antara dua pohon beringin raksasa yang ada di tengah area Alun-Alun Kidul dengan mata tertutup. Orang yang punya pikiran buruk diyakini akan gagal dan dibuat bingung hingga berjalan dengan berbelok arah tanpa mereka sadari.
Banyak juga yang percaya bahwa berhasil melewati beringin kembar itu dengan mata tertutup, maka segala keinginan akan tercapai. Hingga kini, kawasan tersebut masih populer dengan banyaknya orang yang berlomba-lomba untuk membuktikan mitos tersebut, lho!


Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...