Sabtu, 25 Maret 2017

Tugas 3 MIAD

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Tugas 3
Nama : Mia Ayu Musarofah
NPM : 145163893
Perkembangan Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari

1.   Perkembangan Sepatu
Dari dulu, nenek moyang kita sudah memanfaatkan sepatu untuk dijadikan alas kaki. Hal ini terjadi, karena mereka sudah memikirkan tentang efek-efek besar jika tidak memakai alas kaki. Misalnya, saat berburu, menginjak bebatuan yang kasar dapat melukai kaki dan lain-lain, akhirnya mereka menciptakan alas kaki berupa sepatu untuk melindungi kakinya. Bermula dari zaman es atau 5 juta tahun yang lalu, sepatu dibuat dari kulit binatang. Sepatu ini di temukan temukan dalam jumlah besar di Pedalaman Missouri, Amerika Serikat.
Di Mesir Kuno, terlihat dari lukisan di Thebes, Mesir, bahwa orang Mesir telah
mengenakan alas kaki sekitar abad ke 15 SM. Lukisan ini menggambarkan pengrajin yang sedang duduk di kursi pendek. Seorang perajin sibuk membuat sandal dan terdapat juga pengrajin lainnya yang sedang sibuk memjahit sepatu. Sandal dan sepatu pada saat itu di buat dari kain, daun palem, papirus, kulit atau bahan serupa yang dianyam. Di Mesir, sepatu merupakan benda yang menunjukkan status sosial. Biasanya yang menggunakan sepatu adalah orang-orang kaya. Untuk Raja mesir, sepatu yang digunakan merupakan sepatu yang di lukis dengan indah.
Calceus (Sebutan Sepatu dari orang Mesir Kuno)
Di jaman Yunani dan Romawi Kuno juga terdapat ciri khas jenis sepatu (caligae). Sepatu mereka terdapat tali-tali yang mengelilingi betis. Biasanya setelah peperangan dan mengalami kemenangan, para prajurit menempelkan paku dari perunggu, perak atau emas pada sepatu mereka.

Perkembangan Sepatu Sesuai Jaman
1. Plimsolls
Sepatu yang pertama kali di buat beralaskan sol karet di buat pada tahun 1800
2. Keds (1916)
Keds (dibaca: Kets) adalah merk dari Amerika yang memperkenalkan sepatu beralaskan sol karet dengan badan yang terbuat dari kanvas. Keds di buat pertama kali pada tahun 1916 oleh U.S Robber Company (Lalu mengganti nama menjadi Uniroyal, lalu Uniroyal Goodrich, dan yang di kenal sekarang yaitu Michellin) lalu merk ini di beli oleh Stride Rite dan terakhir di miliki oleh Collective Brands.

Convers Jaman Dahulu
Converse adalah perusahaan sepatu yang sudah ada sejak abad ke 20. Perusahaan ini di buat oleh seorang manager sepatu, yaitu Marquis Mills Converse pada tahun 1908.
         
4. Adidas dan Puma
 Sejarah merek sepatu yang sangat terkenal ini di mulai pada tahun 1920 oleh Adi (Adolf) Dassler di rumang cuci milik Ibunya. Waktu itu Adi Dassler membuat proyek kecil-kecilan dengan membuat sepatu olah raga. Karena tingginya kualitas sepatu yang dihasilkannya, akhirnya bisnis kecil-kecilan pun membuahkan hasil.

5. Nike
Nike adalah nama yang berbasis dewi Yunani yang berarti kemenangan. Merek sepatu yang memiliki slogan "Just Do It" ini didirikan oleh atlet sekaligus pengusaha Oregeon bernama Philip Knight  pada tahun 1964. Philip yang mengagas impor sepatu lari dari Jepang untuk bersaing dengan Puma dan Adidas yang kemudian mendominasi pasar sepatu di Amerika Serikat. Keuntungannya, tenaga kerja Jepang dapat dibayar murah, sehingga harga sepatu Nike ini memiliki harga yang lebih terjangkau.

              Pada tahun 2006-sekarang, sepatu wedges, heels merupakan sepatu yang digemari oleh para wanita. Brand untuk sepatu sekarang sudah sangat banyak sekali. Mulai dari Jimmy Choo, atau brand-brand khusus sepatu lainnya. Lalu brand-brand yang tas juga mengeluarkan sepatu, contohnya Chanel, Tory Burch dan lain lain. Bahkan artis di luar negri atau pun di dalam negri sudah mengeluarkan sepatu dengan brand yang mereka buat. Berikut ini merupakan 12 brand terbaik yang di miliki artis luar negeri.

Sumber : http://labsky2012.blogspot.co.id/2012/08/tugas-5-sejarah-perkembangan-sepatu.html

2.   Perjalanan Lemari Pendingin Dari Masa ke Masa

Sebelum munculnya lemari pendingin proses pengawetan makanan dilakukan dengan berbagai proses. Ada yang menggunakan senyawa alami seperti garam dalam pengasinan, dan ada pula yang memakai teknik pemanfaatan seperti pengeringan menggunakan sinar matahari ataupun melakukan pemanasan. Akan tetapi, pendinginan dianggap hal yang utama karena mampu mengawetkan daging, susu, sayuran dan buah-buahan.

Sebenarnya, kebutuhan akan pengawetan makanan adalah untuk mencegah manusia dari bencana kelaparan. Sejak manusia mampu melakukan budidaya baik dari sumber makanan hewani dan tumbuhan, penyimpanan dalam jangka waktu yang lama sangat dibutuhkan. Oleh karena itu sejak ribuan tahun sebelum masehi, peradaban manusia telah menemukan berbagai cara dalam mengawekannya, khususnya dalam proses pendinginan (cooling) dan pembekuan (freezing).

Kulkas atau lemari es adalah sebuah media yang mampu menghasilkan suhu yang dapat dikontrol dengan proses perpindahan kalor. Prinsip kerja lemari es mampu mencegah pertumbuhan mikro-organisme, jamur dan bakteri yang mengakibatkan pembusukan pada bahan-bahan makanan yang disimpan untuk jangka waktu yang lama. Berikut teknik-teknik pendinginan yang telah dilakukan oleh manusia.

Rumah Es. 
Pada 1700 sebelum masehi, Zimri-Lim seorang raja di Syria memerintahkan untuk membangun sebuah gedung yang didalamnya terdapat es. Sumber es diambil dari gunung-gunung terdekat dan lokasi rumah es berdekatan dengan gunung tersebut. Hal tersebut untuk meminimalisir terjadinya kekurangan es. Raja dari kerajaan Syiria ini adalah orang pertama yang memerintahkan pembangunan ini. Ia memerintahkan agar benih-benih tanaman tetap terjaga sehingga dapat digunakan setiap saat. 

Pendingin Evaporasi. 
Bangsa Mesir adalah salah satu bangsa yang memberikan sumbangsih dalam perkembangan lemari pendingin. Akan tetapi, wilayah Mesir yang sangat jauh dan bahkan mustahil untuk mendapatkan es menjadi permasalahan. Oleh karena itu, bangsa Mesir kuno menggunakan proses alami iklim wilayah mereka yaitu perbedaan suhu yang signifikan antara siang dan malam. Mereka menggunakan guci tembikar bernama Amphorae. Guci ini berisi minuman anggur dan ketika di malam hari diletakkan di luar rumah. Pada saat malam hari, para budak menyemprotkan air pada guci tersebut sehingga ketika air yang mengembun di sekitar guci akan mengalami pendinginan pada saat angin malam melewati guci.

Yakhchal.
 Adalah sebutan sebuah gudang es yang diciptakan oleh bangsa Persia sekitar tahun 400 SM. Yakhchal dibuat dengan menggunakan lumpur dengan bentuk memiliki kubah. Ketika musim dingin dimulai, bangsa Persia mengambil es dari pegunungan terdekat dan meletakkanya di dalam Yakhchal. Dengan material yang memiliki insulasi yang baik, es tersebut mencair dalam jangka waktu yang lama membuat Yakhchal dapat digunakan sebagai tempat menyimpan makanan.

Kotak Es.
 Dibutuhkan waktu hingga hampir 2000 tahun perkembangan kulkas di mulai. Pada tahun 1748, seorang kimawan dari Skotlandia William Cullen mendemonstrasikan cara membuat es. Hal ini menstimulus ilmuwan lain untuk menciptakan penemuan-penemuan di bidang pendinginan. Akan tetapi, belum ada ilmuwan yang mampu menciptakan sebuah alat yang lengkap dalam membuat es. Peradaban pada saat itu hanya masih mampu membuat sebuah tempat untuk menyimpan es. Kotak es ini dibuat menggunakan kayu, yang dilapisi oleh kayu dan disekat menggunakan jerami atau gabus.

Mesin Pendingin. Pada tahun 1834, Jacob Perkins, seorang penemu asal Amerika Serikat membuat mesin pendingin pertama. Namun, mesin pendingin yang dibuat sangat berbahaya karena menggunakan gas berbahaya sebagai bahan pendingin. Dengan biaya pembuatan yang mahal mesin pendingin ini dianggap dapat menyebabkan kematian.

Kulkas Modern. 
Penemuan gas yang aman dalam penggunaan proses pendinginan menjadi titik awal terciptanya kulkas modern. Freon digunakan oleh para ilmuwan pada tahun 1920an untuk membuat mesin pendingin. Dengan berkembangnya berbagai aplikasi di bidang pendinginan, kemajuan di bidang ini tak hanya merambat ke dunia penyediaan bahan makanan. Bahkan, hingga sekarang freon tak hanya digunakan untuk kulkas juga untuk penyejuk udara di rumah maupun di alat-alat transportasi.


Perkembangan Teknologi  yang Digunakan Bidang Psikologi
1.   Perkembangan Alat Tulis Dari Masa Ke Masa
Berpikir bagaimana asal mula ditemukanya alat tulis yang kita gunakan sekarang? Tentunya terjadi inovasi dari masa-masa yang dilakukan agar kita manusia dapat membuat sebuah tulisan. Alat tulis pertama diketahui dibuat oleh bangsa Mesopotamia 5000 tahun silam. Berbagai alat tulis diciptakan mulai dari pena bulu ayam dan kemudian berkembang hingga sekarang ini menjadi berbagai macam pena dan bolpoin. Bahkan sekarang ini kita sudah dapat menulis menggunakan tablet dengan hanya bermodalkan jari kita. Nah kira-kira bagaimana perkembangan alat tulis dari masa ke masa? berikut ulasanya.

1. Batu Tajam
Sejak zaman manusia gua, budaya menulis dan membuat catatan sudah ada. Pada saat itu alat yang para manusia gua gunakan untuk menulis adalah berupa batu tajam yang juga merupakan perlengkapan untuk berburu. Pada zaman tersebut manusia membuat gambar kehidupan mereka sehari-hari dengan cara menggoreskan batu tajam itu ke dinding gua. Namun yang menjadi masalah saat mereka membuat tulisan di dinding-dinding gua tulisan itu tidak dapat dibawa kemana-mana. Hingga pada 8500 SM ditemukanlah tanah liat, sehinga manusia dapat menulis di atasnya dan bisa dibawa kemana-mana.

2. Pena Jarum
Alat tulis pena jarum ini ditemukan oleh orang Yunani pada sekitar tahun 1700 SM. Pena jarum yang ditemukan ini terbuat dari tulang, beasi maupun gading yang kemudian digunakan dengan cara dioreskan pada lempengan kayu yang dilapisi lilin. Lempengan kayu tersebut dibuat berpasangan agar dapat ditutup sehingga dapat melindungan goresan tulisan tersebut. Dan pena jarum ini juga merupakan alat tulis pertama yang memiliki bentuk hampir mirip dengan alat tulis yang kita gunakan sekarang.

3. Indian Ink
Penggunaan tinta dalam membuat tulisan pertama kali ditemukan olah seorang filusuf cina yang bernama Tien Lcheu. Mengapa kemudian alat ini diberi nama indian ink karena, pada saat bersamaan tinta ini juga digunakan secara besar-besaran di India. Bahan dasar pembuatan Indian Ink ini adalah jelaga asap pohon cemara dan minyak lampu yang dicampur dengan minyak dari kulit keledai dan juga kelenjar rusa jantan. Pada tahu 1200 SM tinta ini sangatlah populer. Beberapa kebudayaan lain lalu melakukan beberapa modifikasi dengan mengembangkanya dengan cara menambahkan bahan lain yang berasal dari tanaman, buah beri dan mineral lainya untuk memberi warna pada tulisan mereka.

4. Pena Bulu
Setelah indian ink lalu ditemukanlah sebuah alat tulis baru yaitu pena bulu. Pena bulu sendiri terbuat dari bulu burung dan pena bulu ini ditemukan sekitar tahun 700. Bahan baku yang paling bagus dalam pembuatan pena bulu ini adalah burung yang hidup di musim semi. Pena bulu juga menjadi alat tulis yang digunakan paling lama dan tetap dipakai hingga 1000 tahun lamanya.

5. Pensil
Pensil sendiri ditemukan dengan diawali oleh penemuan batu grafit pada tahun 1500. Batu grafit ini sebenarnya digunakan para penggembala untuk menandai domba-domba mereka. Namun kemudian orang mulai menyadari bahwa batu grafit ini dapat digunakan untuk menulis jika dapat dibentuk secara khusus. Karena batu grafit ini membuat tangan orang yang menggunakanya menjadi kotor, maka pada sekitar tahun 1700 an ditambahkan pegangan kayu untuk melapisinya. Ide ini pertama kali dimunculkan oleh orang Italia dan terciptalah pensil seperti yang kita gunakan seperti sekarang ini.

6. Fountain Pen
Fountai pen berbeda dengan pena biasa, fountai pen tidak perlu ditekan untuk mengeluarkan tintanya. Tinta akan ditarik keluar menuju mata pena dan langsung menuju ke kertas. Pena jenis ini sudah ditemukan pada tahun 1700-an. akan tetapi seorang selesman asal Amerika Serikat, Lewis Waterman memiliki ide untuk menambahkan lubang udara pada mata pena agar tinta yang keluar dapat lebih terkontrol.  Dan Lewis pun menjadi orang pertama yang mematenkan fountain pen ini pada tahun 1884. Akan tetapi pena jenis ini sulit sekali kotor hingga sering membuat kertas menjadi kotor karena tintanya meluber.

7. Pulpen
Lazio Biro adalah orang yang pertama kali menemukan pulpen Ia mencoba membuat sebuah pena jenis baru dengan cara menggunakan tinta percetakan yang lebih tebal. Agar tinta yang tebal ini dapat mudah mengalir, lazio menambahkan sebuah bola kecil dalam pena yang dapat mengangkut tinta ke mata pena. Dan pena hasil ciptaan orang Hongaria inilah yang kita gunakan hinggar sekarang ini.


Sumber : http://vevnews.blogspot.co.id/2014/12/perkembangan-alat-tulis-dari-masa-ke.html?m=1

2.   Perkembangan Buku dari Masa ke Masa

Buku telah melewati sejarah yang panjang. Buku yang kita kenal sekarang berbentuk lembar-lembar kertas yang dijilid di salah satu sisinya. Sebelumnya, tulisan diletakkan dalam gulungan kertas. Gulungan ini dianggap tidak praktis dan hanya bisa ditulis di satu sisinya saja. Manusia kemudian menumpuk-numpuk gulungan ini, menjilidnya, dan membuat tulisan di kedua sisi kertas. Maka jadilah bentuk buku seperti yang kita lihat sekarang.

Buku Antik
Buku ini ditulis dan digambar dengan tangan. Perlu waktu sangat lama untuk menyelesaikan sebuah buku, bisa memakan waktu bertahun-tahun. Biaya pembuatannya pun sangat mahal. Buku yang dibuat dengan cara ini kebanyakan adalah kitab suci dan pemikiran tokoh-tokoh terkenal. Akibatnya, tidak semua orang bisa membaca buku. Hanya orang-orang kaya dan berjabatan penting yang bisa membacanya.

Buku Cetak
Buku cetak mulai cetak dikenal luas di dunia sejak adanya penemuan mesin cetak oleh Johannes Gutenberg pada tahun 1455. Dengan menggunakan mesin ini, buku bisa diperbanyak lebih cepat dan lebih banyak. Mesin cetak terus berkembang, makin lama makin canggih. Harga buku pun menjadi lebih murah. Toko-toko buku dan perpustakaan bermunculan di seluruh dunia. Lebih banyak orang yang bisa membaca buku dan mendapatkan pengetahuan.

Buku Elektronik
Dengan berkembangnya teknologi, buku tidak lagi harus selalu dicetak dengan menggunakan kertas. Buku elektronik ini bisa dibaca dengan menggunakan komputer atau perlengkapan khusus untuk membaca buku elektronik. Bentuk dan tata letaknya hampir sama seperti buku yang dicetak. Seperti juga buku yang dicetak, kita bisamendapatkan buku ini secara gratis atau membelinya.

Sumber : http://kidnesia.grid.id/Boleh-Tahu/Ilmu-Pengetahuan-Umum/Buku-Dari-Masa-Ke-Masa-2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...