Senin, 13 Maret 2017

TUGAS 1 MATEMATIKA & IAD

Nama : Rani maharani
Npm : 16516075
Kelas : 1PA 12

TUGAS 1

Matematika dan ilmu alamiah dasar
Tujuan pembelajaran matematika dan ilmu alamiah dasar yaitu agar mahasiswa mengetahui wawasan ilmu pengetahuan alam (IPA) dan teknologi karena itu merupakan faktor yang penting di kehidupan manusia, sumber daya alam dan lingkungan. Karena manusia sebagai mahluk hidup yang sempurna dibanding mahluk lainnya, karna manusia di beri akal dan pikiran, tidak seperti hewan yang hanya mempunyai insting, dan manusia juga tidak akan bisa lepas dengan lingkungan alam yang ada di sekitar.
Ruang lingkup IAD, A).Perkenalan dengan ilmu pengetahuan alam (IPA) Yaitu ilmu yang membahas tentang alam semesta, dan seluruh isinya. Tentang penciptaannya serta teori-teori yang bersifat ilmiah dalam pengembangannya. B).Peranan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi, Peranan ilmu pengetahuan itu sangat besar tanpa adanya ilmu pengetahuan teknologi tidak akan pernah berkembang, tanpa adanya ilmu pengetahun bagaimana orang bisa menciptakan teknologi yang baru. Karna zaman semakin maju dan ilmu pengetahuan yang bertambah luas dan pesat maka orang-orang dengan mudah mengembangkan teknologi. C). Dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan sosial, Dampak tersebut dapat berupa dampak positif dan dampak negatif, dampak positif seperti dengan adanya teknologi memudahkan kita untuk berkomunikasi, memudahkan kita untuk mengerjakan pekerjaan kantor, tugas kuliah, dll. Dampak negatif nya yaitu dengan adanya teknologi dengan mudahorang berbuat penipuan-penipuan di media sosial, banyaknya kasus-kasus asusila di kalangan remaja. Karna faktor tersebut bisa dari faktor keluarga maupun lingkungan, jadi kalau bukan diri kita sendiri yang mengawas diri siapa lagi. D). Ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah kelangsungan hidup manusia, Dengan adanya teknologi emang dengan mudah manusia melakukan segala hal, namun dengan kelangsungan hidup manusia yang terus menerus tergantung pada teknogi membuat manusia semakin malas, jika manusia tersebut salah menggunakan teknologi tersebut.
IPTEK
Yang mensejahterakan manusia
Dengan adanya teknologi yang semakin canggih, manusia bisa memanfaatkan teknologi tersebut karena cara tersebut sangat membantu aktivitas di kehidupan sehari-hari.
Yang menghancurkan manusia
Dengan tidak memanfaatkan teknologi banyak yang bisa menghancurkan manusia dengan rusaknya nilai moral, banyaknya kasus-kasus kekerasaan, pelecehan, dll. Dan itu akan merusak penurus bangsa.
Apa yang mendorong manusia menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi?
Rasa ingin tahu, Ilmu pengetahuan bermula dari rasa ingin tahu banyak orang zaman dulu yang menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi karena rasa ingin tahun yang besar. Dan selain itu ada ciri khas dari manusia (mahluk lain tidak memilikinya), misalnya di suatu desa masyarakat tersebut ingin menciptakan sesuatu yang berbeda dari desa yang lain, inilah yang menimbulkan adanya ilmu pengetahuan dan teknologi. dan rasa ingin tahu tersebut berkembang, karena berlangsung berabad-abad, maka terjadilah pengetahuan yang turun-temurun dari generasi ke generasi dan dari rasa ingin tahu tersebut muncul juga hal yang di sebut mitos.
MITOS
Mitos adalah suatu informasi yang sebenarnya salah tapi di anggap bener karena telah beredar dari generasi ke generasi. Begitu luasnya mitos yang beredar di masyarakat sehingga masyarakat. Karena masyarakat tersebut mengalami keterbatasan akal dan keterbatasan indera, tidak semua kejadian itu dijawab melalui pengamatan dan pengalaman. Maka, tidak menyadari bahwa informasi yang diterimanya itu tidak bener. Karena begitu kuatnya kenyakinan mereka maka mempengaruhi perilaku masyarakat.
Karakter sains, sains tidak membahas mengenai: Sisitem nilai dan moral,Keindahan (estetika),Baik-buruk, sopan tidak sopan, menjijikan,dll. System politik dan kekuasaan, Tidak menjakau wahyu ilahi. Cara memperoleh pengetahuan Prasangka atau menduga-duga pengetahuan tersebut, Intuisi yaitu kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran, Trial and eror Yaitu dengan cara gagal dan mencoba lagi. Pengetahuan ilmiah yaitu Objektif Yaitu teori tersebut terbuka untuk diteliti oleh orang lain, sehingga hasil tersebut universal, Metodik yaitu pengetahuan tentang metode atau cara pengajaran. Sistematik Merupakan kesatuan teori-teori yang tersusun sebagai suatu system, Berlaku umum Sifatnya terbuka berlaku untuk semua orang
Langkah-langkah pokok metode ilmiah
Perumusan masalah Susun terlebih dahulu masalah apa saja yang mau di kaji
Penyusunan hipotesaMenyusun suatu pendapat atau kesimpulan yang bersifat sementara
Pengujian hipotesis Metode pengambilan keputusan yang di dasari dari analisis data, baik percobaan maupun observasi
Penarikan kesimpulan ialah menarik inti dari sebuah pokok tersebut.
Peranan matematika dan sains
Peranan matematika dan sains sangat erat hubungannya, manusia mulai menulis dan berhitung dalam waktu bersamaan sejak12000 tahun silam. Jadi,  setiap awal kehidupan manusia matematika itu merupakan alat bantu untuk mengatasi setiap permasalahan menghadapi lingkungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...