Jumat, 10 Maret 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar 1#



Eni Setiawati
[12516338]
1PA12
Pertemuan 1
Pada pertemuan pertama kami membahas mengenai pengenalan mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar. Materi yang akan dibahas yaitu peranan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi serta dampaknya terhadap kehidupan sosial. Tujuan dari mata kuliah ini tak lain agar mahasiswa non-MIPA dapat memperoleh wawasan mengenai perkembangan ilmu alam dan teknologi yang mana semua itu merupakan faktor penting dalam keberlangsungan hidup manusia dengan lingkungannya. Mengetahui perkembangan IPTEK adalah penting bagi kita karena erat kaitannya dengan segala sesuatu yang berkembang mengikuti zaman.
Sungguh, kita ngga akan belajar aljabar ataupun matriks disini. Karena matematika yang dimaksud merupakan cikal bakal dalam perkembangan berbagai ilmu pengetahuan. Sebelum melibatkan matematika, sains hanya mengandalkan metode induksi (eksperimen). Matematika menggunakan metode deduksi (perhitungan matematik/statistik) yang sangat handal untuk keperluan permodelan dan rekonstruksi gejala alam dan perilakunya. Dengan menggunakan ilmu matematika sebagai landasan, ilmu alam menjadi pasti.
Teknologi merupakan buah dari ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang didapat melalui pendekatan secara rasional maupun empiris telah menghasilkan sebuah mahakarya dari tangan manusia yang dinamakan teknologi.
Teknologi diciptakan tentu saja dengan tujuan agar dapat memudahkan segala aktivitas serta membantu memenuhi kebutuhan dalam keberlangsungan hidup umat manusia di muka bumi. Dengan adanya teknologi manusia dapat mengerjakan segala sesuatu yang sulit menjadi mudah, yang berat menjadi ringan, dan juga dapat mempersingkat waktu tempuh. Namun, dalam perkembangannya kita dapat melihat dampak dari IPTEK bagaikan dua sisi mata uang. Produk IPTEK yang diciptakan manusia semata-mata untuk memberikan keuntungan bagi manusia itu sendiri juga dapat memberikan dampak yang merugikan bahkan kehancuran bagi keberlangsungan ekosistem.
Manusia yang seharusnya dapat dengan bijaksana dalam mengendalikan teknologi tersebut justru malah menjadikan teknologi yang diciptakannya mengendalikan mereka. Sehingga tak heran jika telah terjadi banyak kehancuran di alam semesta diakibatkan oleh ulah manusia yang tidak bijaksana dan bertanggungjawab dalam pendayagunaan teknologi yang diciptakannya.
Teknologi dapat memfasilitasi manusia tanpa lelah sedang manusia sendiri memiliki sifat alamiah yaitu mudah lelah. Teknologi dibuat sedemikian cerdas hingga kecerdasannya melampaui kecerdasan manusia. Teknologi dapat dengan mudah mengambil alih seluruh aktivitas manusia, sehingga manusia hanya dapat melihat cara kerja teknologi yang menakjubkan itu tanpa melakukan apa-apa.
Sejak zaman kuno bahkan sejak awal kehidupan manusia telah diciptakan sebagai makhluk yang memiliki keinginan. Keinginan untuk tumbuh dan berkembang. Keinginan untuk mengetahui segala hal yang ingin mereka ketahui. Berbeda dengan makhluk Tuhan lainnya, seperti hewan dan tumbuhan, manusia diciptakan dengan akal pikiran sedangkan makhluk lain tidak. Mereka hanya memiliki insting. Insting untuk berkembang biak dan melindungi diri.  
Zaman dahulu manusia berusaha memahami alam dengan segala keterbatasan indera. Sehingga banyak sekali kesimpulan dari berbagai kejadian alam atas dasar alam pikiran mereka hanya dengan cara menerka-nerka. Berbeda tempat berbeda pula kesimpulan yang didapat. Itulah yang hingga kini akrab kita dengar sebagai mitos. Saya berkesimpulan bahwa mitos merupakan satu dari berbagai alasan mengapa sains berkembang begitu pesat hingga saat ini dan akan terus berkembang hingga masa mendatang. Mitos membuat manusia berkeinginan lebih untuk mengetahui dan menguji kebenarannya sehingga terciptalah pengetahuan ilmiah yang dilandasi oleh pemikiran rasional yang biasa kita sebut sebagai sains atau keterungkapan fakta.
Perlu kita ketahui karakteristik dari sains sendiri yaitu tidak membahas mengenai sistem nilai dan moral, estetika, baik-buruk, sopan-tidak sopan, sistem politik dan kekuasaan, serta tidak menjangkau wahyu Ilahi.
Ada tiga cara untuk memperoleh pengetahuan. Pertama ialah melalui prasangka yaitu penilaian terhadap satu objek yang berujung pada pengambilan sikap terhadap objek tersebut. Kedua merupakan intuisi, pemahaman yang datang secara tiba-tiba di luar kesadaran. Ketiga yaitu trial and error dimana memperoleh ilmu dengan cara mencoba kemudian salah dilakukan secara berulang hingga mendapatkan pemahaman yang mendalam.
Jika membicarakan sains maka kita akan mengenal pengetahuan ilmiah. Adapula beberapa kriteria pengetahuan ilmiah yang harus kita pahami, yaitu:
  • Objektif. Melihat pada kenyataan yang ada tanpa dipengaruhi pendapat ataupun pandangan pribadi.
  • Metodik. Meneliti dengan menggunakan langkah-langkah/ cara.
  • Sistematik. Merumuskan secara terstruktur dan logis.
  • Berlaku umum. Universal.
Adapun langkah-langkah pokok metode ilmiah, yaitu:
  1. Perumusan masalah
  2. Penyusunan hipotesa (dugaan sementara)
  3. Pengujian hipotesis
  4. Penarikan kesimpulan
Begitulah resume materi pengenalan dari mata kuliah Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar dari saya. Semoga bermanfaat:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...