Minggu, 26 Maret 2017

matematika dan ilmu alamiah dasar 3

Nama   : Hilda Khoerunisa
Kelas   : 1PA12
Npm    :13516309
Pertemuan 3
Perkembangan teknologi
  1. Kalkulator

Alat untuk menghitung dari perhitungan misalnya pernjumlahan ,pengurangan, perkalian, pembangian hingga kalkulator sains yang dapat menghitung rumus matematika tertentu.
Kalkulator mengalami perkembangan dari masa kemasa. Maka dari itu saya akan menjelaskan perkembangan kalkulator.

Alat hitung tradisional dan kalkulator mekanik abacus, muncul sekitar 5000 tahun yang lalu, alat ini memungkinkan penggunanya untuk menghitung perhitungan menggunakan biji-biji geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang  pada zaman dahulu menggunakan abacus untuk transaksi perdagangan. Lalu munculnya kertas dan pensil abacus sudah tidak di pergunakan tertama di Eropa.


Setelah  hampir 12 abad,  muncul penemuan lain dalam mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662) pada umur 18 tahun, ia menemukan kalkulator roda numerik untuk membantu ayah nya melakukan perhitungan pajak. Alat ini merupakan alat hitung berbasis sepuluh.

pada tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, gottfred wilhem von liebniz memberbaki pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalihkan. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh pascal, leibniz dapat menyempurnakan alatnya.

Tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charler Xavier Thomas De Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal


Herman Hollerith pada tahun 1889 menerapkan prisip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukan data data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Dengan menggunakan alat ini ia dapat menyelesaikan hasil sensus dalam waktu enam minggu. Alat ini memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpanan data.


Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya. Vannervar Bush membuat kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial pada tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan pesamaan differensial yang kompleks.
Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar boolean pada sirkuit elektrik. Mereka membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940, namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan.

2. Kulkas
Kulkas atau alat pendingin yang digunakan masyarakat untuk mendinginkan makanan atau minuman.
Pada zaman dahulu orang membawa makanan mereka ke pinggir danau yang bersalju kemudian menyimpannya agar tahan lama. Pada abad 11, ilmuan Ibnu Sina menemukan sebuah kumparan pendingin yang mampu mengkondensasi uap yang memiliki aroma menjadi cairan.
Pemenuan kulkas pertama adalah seeorang ilmuwan asal Skolandia bernama Willian Cullen, ia melakukan pengembangan pada sebuah mesin pendingin sederhana pada tahun 1784. William memfungsikan pompa untuk membuat vakum parsial diatas sebuah wadah dietil eter, lalu dipanaskan. Adanya tekanan dari uap hasil proses pemanasan tersebut kemudia ia berhasil menciptakan bongkahan kecil es.



Teknologi kulkas selanjunya dikembangkan oleh Jacob Perkins, ia mempelajari banyak penelitian tentang penemuan lemari pendingin. Perkins menggunakan eter dan tekanan air untuk membekukan air. Lalu dikembangkan lebih lanjut oleh Karl Von Linden, namun komposisi bahan kimia yang digunakan berbahaya dan dapat menyebabkan kecelakaan. Pada awal 1920an menenukan gas yang aman dam penggunaan proses pendingin menjadi titik awal terciptanya kulkas moderen.
Setelah menjelaskan perkembangan 2 teknologi dari masa ke masa, selanjutnya akan dijelaskan pula teknologi dalam bidang psikologi.
  1. E-counseling merupakan salah satu  bentuk nyata aplikasi teknologi informasi dala bidang psikologi. Fungsi e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan klienya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Perbedaan antara komunikasi berbasis teks interatif dan komunikasi verbal in-person menciptakan etika baru yang sebelumnya tidak ditemui dalam terapi face to face (secara langsung).
  2.  Program SPPS yaitu program untuk membantu dalam mengolah data di bidang psikologi. Aplikasi ini digunakan ketika seseorang sedang melakukan penelitian dengan metode kuantitatif. Dalam peneletian jumlah subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya.



Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...