Senin, 27 Maret 2017

TUGAS 3 MATEMATIKA & IAD

Nama : Ainun Niamah
NPM : 10516422
Kelas : 1PA12

Dua perkembangan teknologi yang ada dalam kehidupan sehari-hari
Setrika
Setrika adalah alat yang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia dalam hal merapikan pakaian dan juga berguna untuk menghilangkan bibit penyakit yang menempel pada serat kain.
Setrika sudah dikenal sejak 400 SM di Yunani dan Romawi yang dulu digunakan untuk merapikan pakaian-pakaian kebesaran. Setrika juga sudah di kenal di China pada abad ke-1 SM, bentuknya seperti pot yang terbuat dari logam dan diisi dengan bara api atau arang kayu. Kemudian pada awal abad ke-17 di Inggris ditemukan setrika dengan nama “sadiron” yang bentuknya kotak dan untuk menghasilkan panas juga masih menggunakan bara api yang dimasukkan kedalamnya.
Pada tahun 1870 seorang ibu rumah tangga bernama Mary florence potts memodifikasi bentuk setrika tersebut dengan membuat runcing dibagian depan dan membuat pegangan diatasnya yang bisa dilepas agar saat setrika dipanaskan, panasnya tidak merambat ke pegangan tersebut.
Pada tahun 1882 setrika listrik ditemukan dan di patenkan, tapi masih jarang di gunakan oleh masyarakat karena pada saat itu aliran listrik belum tersebar luas dimana-mana. Dan pada awal abad 20 setrika listrik mulai dikenal di seluruh dunia, tahun 1920 setrika listrik sudah dilengkapi dengan thermostat yaitu untuk mengontrol suhu pada setrika.
Setrika yang pernah ada di Indonesia
Setrika kuno, setrika ini terbuat dari logam tebal dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Sumber panasnya didapat dari bara arang kayu yang dimasukkan kedalam setrika terlebih dahulu baru setrika bisa digunakan.
Setrika listrik, setrika ini lenih mudah penggunaanya yaitu dengan memasukkan kabel penghubung ke stopkontak kemudian tunggu sampai panas dan sudah bisa digunakan. Setrika ini lebih mudah digunakan karena tidak perlu membuat bara api terlebih dahulu.
Setrika listrik otomatis, setrika ini adalah perkembangan dari setrika listrik sebelumnya. Setrika ini sudah dilengkapi thermostat untuk mengontrol suhu setrika sesuai keinginan kita dan untuk menyesuaikan suhu panas dengan jenis bahan pakaian yang kita setrika. Setrika ini juga sudah dilengkapi dengan bahan anti lengket dibawahnya.
Setrika uap, setrika ini sama dengan setrika sebelumnya hanya ada tambahan fitur yaitu dapat menyetrika dengan uap panas yang disemprotkan dari bagian atas atau bawah setrika, jadi setrika tidak perlu menyentuh pakaian yang disetrika.
Sumber: https://perawatanrtdonto.blogspot.co.id/2013/03/sejarah-perkembangan-setrika-dari-masa.html?m=1

 Mesin Cuci
Mesin cuci adalahh teknologi yang sangat membantu untuk para ibu rumah tangga karena saat mencuci para ibu bisa dengan mengerjakan pekerjaan yang lainnya tanpa terganggu oleh kegiatan mencuci.
Teknologi pencuci pakaian atau mesin cuci berkembang dengan berbagai tahap, pada tahun 1797 alat pencuci pakaian terbuat dari papan kayu tapi alat ini tidak bertahan lama karena banyak kendalanya termasuk juga dari segi keawetan alat tersebut. Kemudian pada tahun 1850 mesin uap komersial diciptakan dan dijual di Inggris dan Amerika. Lalu pada tahun 1858 Hamilton Smith mematenkan mesin cuci model rotary, tapi karena kendala listrik maka pada tahun 1930 tercipta mesin cuci berbahan bakar bensin dengan putaran rendah.
Tahun 1691 di Inggris telah dipatenkan mesin cuci yang dapat memeras, tahun 1782 Jacob Christian Schaffer dari Jerman membuat desain mesin cuci, pada tahun 1862  dipatenkan mesin cuci rotary dengan rol oleh Richard Lansdale dari Pendleton, Manchester. Pada tahun 1940 di Aamerika sudah banyak orang yang menggunakan mesin cuci listrik di rumahnya dan pada awal 1950-an produsen Amerika mulai memasarkan produk mesin cuci yang sudah terdapat pengering bukan pemeras lagi. Pada tahun 1957 GE memperkenalkan mesin cuci dengan 5 tombol untuk mengatur suhu mencuci, membilas, kecepatan mencuci dan kecepatan putaran pengerinya. Perkembangan pada mesin cuci inilah yang sering kita sebut dengan mesin cuci 2 tabung.
Sumber: http://www.agamtorik.web.id/2016/05/sejarah-teknologi-mesin-cuci-washing_41.html?m=1

Dua teknologi dalam bidang psikologi
Teknologi Informasi
Contoh kemajuan teknologi yang digunakan dalam bidang psikologi adalah kemajuan teknologi informasi. Contohnya adalah ketika seorang HRD melakukan perekrutan karyawan di sebuah perusahaan maka tidak semuanya dilakukan secara manual, ada yang menggunakan teknologi informasi untuk mengolah data dalam pengambilan keputusan
E-Conselling
Salah satu bidang IT yang digunakan dalam bidang psikologi adalah E-conselling,  dimana seseorang bisa melakukan konsultasi secara online melalui email.
Sumber: https://murkelefaud.wordpress.com/2012/08/08/penerapan-teknologi-dalam-bidang-psikologi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...