Minggu, 19 Maret 2017

Tugas pertemuan 3 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (Winda Lilis Sana)

Nama              : Winda Lilis Sana
Kelas/ Npm     : 1 PA 12/ 17516664
Tugas               : Pertemuan 3
Perkembangan Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari
1.      Jam
            Salah satu contoh teknologi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah jam. Dengan adanya jam kita dapat mengukur waktu dan memanage waktu dengan efektif. Disini saya akan membahas perkembangan jam dari masa ke masa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6WF_Y147yotp8pZcIEmj1K3wX8k85Dm8-pWPpaf3s7RfUSMH0_7izYYzo86-piffpvs_CUYrmvk1zAV-WI-gKdUvpdoXoNZf1FbbpoQVVe0Z04wsqTqzk0IeODnStbswSUYluazrO53U/s1600/sundial11.jpg

            Kata jam berasal dari bahasa latin “clocca”. Jam mulai dikenal pada abad 14 yaitu sekitar 700 tahun yang lalu. Sebelumnya manusia menentukan waktu dengan menggunakan matahari dengan menancapkan tongkat ditengah-tengah dan melihat dimana bayangan itu jatuh. Jam jenis ini disebut jam sundial (Jam matahari). Pertama kali digunakan sekitar 3.500 tahun sebelum masehi. Ibnu Al-Shatir, Ahli astronomi menciptakan jam matahari untuk masjid Jamik Umayyah di Damsyik. Bentuk asal jam matahari telah pecah menjadi 3 keping dan kepingan tersebut sekarang disimpan di musem Negara Syiria di Damsyik.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg2yAD5skuh_9-s3M9M0k5WNLL4jcCAoSw7MrK4oWoHkvRgIKAEQNP-jTqwgwN8U-T0i3n9FcyULMS53UuiYYeCMSb-5k1W0Rnsao1D-WzMNhGjm_tM63TbFZEub0Q4f6p4E1vA_GhleMg/s1600/2.gifSekitar tahun 1.400 sebelum masehi, jam air telah ditemukan di Mesir yang dinamakan clepsydra.




https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJsZ6JSTfX8v9A2DMYoNWWNrE07QM7LG7RI5POBkPQ7EdrEQyOgTkOCPGAp3EyCHkqPHywJH9FvVvxGB3-zj7wgntVuAHg479ygCMmz22twkkhn76BzILk5b73UtWb6zG8ONsV4tzCqfQ/s1600/3.jpg 
Selain itu Al-Jiziri mampu membuat jam air yang berbentuk gajah dan dapat mengeluarkan suara setiap jamnya.


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvs9BI6whkEsDhdtDvTfLymanCoIKj39QX7ccGVKN-NutzJmrSO7mSO0F_AbR9RBhFlY9mhoFykljP1e5emJEKucSzEP6Im_1AOKIYkoliNUONb_t6jCTRT-WckVMEBmF6m9PYi5bE8NE/s1600/suunto-vector-khaki.jpg             Baru sekitar tahun 1950an the hamilton watch co of lanaster, pennsynavia, adalah perusahaan yang pertama kali membuat jam digital.




2.      Mesin Cuci
            Salah satu contoh teknologi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah mesin cuci. Dengan adanya mesin cuci dapat meringankan pekerjaan rumah tangga. Disini saya akan membahas perkembangan mesin cuci dari masa ke masa. 
            Sebelum adanya mesin cuci. Manusia mencuci pakaian dengan cara manual. Mencuci dengan direndam, dikucek-kucek, dan sebagainya. Proses mencuci pakaian dengan cara manual membutuhkan waktu yang cukup lama, dan tidak begitu efektif. Oleh karena itu, manusia mulai berpikir untuk membuat alat pencuci baju agar lebih efektif dan tidak terlalu banyak membuang tenaga.
            Setelah itu, muncullah alat pencuci baju berbentuk papan persegi panjang dengan bagian atas yang bergerigi dan terbuat dari bahan dasar kayu. Di Indonesia, papan itu disebut ‘papan penggilesan’.
            Kemudian pada tahun 1691 di Inggris muncul desain msin cuci pertama kali yang tidak diketahui penciptanya. Desain tersebut dipublikasikan pada 1967.
            Pada 1851, James King untuk pertama kalinya mengenalkan dan mematenkan mesin pencuci baju yang didesain menggunakan sebuah tong. Tong ini digerakkan dengan menggunakan tenaga tangan.
            Beberapa tahun setelah itu, pada tahun 1858 seorang ahli bernama Hamiltan Smith mengenalkan serta mematenkan mesin cuci yang dapat berputar. Mesin cuci tersebut kemudian dikembangkan lagi dengan menambahkan gilasan pemeras. Penemuan itu dikembangkan William Blackstone (1874).
            Mesin cuci bertenaga listrik kemudian muncul untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh seorang ahli asal Amerika bernama Alfa J. Fisher. Akan tetapi, penemuan mesin bertenaga listrik ini masih memiliki kekurangan.
            Kemudian, pada 1930, seorang ahli bernama John W. Chamberlain berhasil menciptakan mesin cuci dengan sistem yang mendekati sempurna. Ia menciptakan mesin cuci yang dapat mencuci, membilas, dan memeras baju dalam satu proses. Kemudian pada pertengahan tahun 1950, mesin cuci dilengkapi dengan alat pengering .
            Mesin cuci yang  efektif dengan desain modern mulai diperkenalkan oleh Perusahaan General Electric pada tahun 1957. Mesin cuci ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya untuk mengatur suhu air ketika mesin sedang dalam proses membilas dan mencuci.




Perkembangan Mesin Cuci
imagesimages (2)images (3)
Perkembangan Teknologi dalam Psikologi
1.      E-Counselling
            E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. E-mail conseling merupakan pelayanan intervensi psikologi yang dilakukan melaui Internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan melaui media ini, untuk kemudian menyusun rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face-to-face akan dilakukan. Fungsi dari e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Dalam aplikasinya, psikoterapi online menawarkan tantangan etika baru bagi mereka para terapis yang tertarik untuk menggunakan media ini dalam memberika pelayanan psikologi.
2.      Program SPSS
            Program ini dibuat untuk membantu dan mempermudah dalam pengembangan ilmu. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi untuk penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian jumleh subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Dengan adanya aplikasi SPSS akan mendapatkan hasil yang akurat, dan waktunya lebih efektif.
Sumber :
http://media.franchiselaundry.com/sejarah-perkembangan-mesin-cuci/#respond
http://dhesyauli.blogspot.co.id/2015/01/makalah-sejarah-dan-contoh-teknologi.html
http://dieta.blog.upi.edu/2013/12/02/teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-bidang-psikologi/







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...