Sabtu, 18 Maret 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar (tugas 2)

Nama : Dina Ainun Nabilla
NPM  : 12516070
Kelas : 1 PA 12

1.      4 mitos yang ada di daerah mu!
Saya akan membahas tentang beberapa mitos yang berkembang di daerah tempat kakek saya tinggal di Lampung. Mengapa saya mengambil daerah Lampung? Karena masih banyak masyarakatnya yang percaya akan mitos tersebut. Pertama saya akan menjelaskan pengertia tentang mitos. Mitos berasal dari bahsa Yunani
Mythos atau Mite adalah cerita prosa rakyat yang menceritakan kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta dan keberadaan makhluk di dalamnya, serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Dalam pengertian yang lebih luas, mitos dapat mengacu kepada cerita tradisional. Pada umumnya mitos menceritakan terjadinya alam semesta, dunia dan para makhluk penghuninya, bentuk topografi, kisah para makhluk supranatural, dan sebagainya. Mitos dapat timbul sebagai catatan peristiwa sejarah yang terlalu dilebih-lebihkan, sebagai alegori atau personifikasi bagi fenomena alam, atau sebagai suatu penjelasan tentang ritual. Mereka disebarkan untuk menyampaikan pengalaman religius atau ideal, untuk membentuk model sifat-sifat tertentu, dan sebagai bahan ajaran dalam suatu komunitas.
   Mitos Pepadun
1.      Tidak boleh menggunting kuku pada malam hari. Itu dipercaya dapat mendatangkan celaka, padahal maksud dari sebenarnya adalah pada saat itu belum ada listrik dan menggunting kukunya menggunakan pisau jadi dikhawatirkan dapat melukai tangan atau kaki.
2.    Pada  masyarakat lampung, dalam melaksanakan perkawinan terdapat tradisi yang unik yaitu kedua mempelai harus memegang kendi, kemudian kedua mempelai harus saling menyentuhkan kendi tersebut sampai benar-benar bertemu hingga air yang didalam kendi tersebut tumpah keluar melalui lubang yang telah dibuat pas mengenai jempol kaki kedua mempelai tanpa kendinya pecah. Jika air tersebut tidak keluar maka di percaya bahwa kelurga tersebut tidak akan mempunyai keturunan sampai kapanpun, namun bila air dalam kendi tersebut bisa keluar dan airnya jatuh pas di jempol kaki ke dua mempelai maka keluarga tersebut akan mendapatkan keturunan..
3.    Saat perempuan hamil 9 bulan disarankan bila ingin pergi keluar rumah maka harus menggunakan pakaian hitam. Mitos ini dipercaya jika perempuan hamil tidak menggunakan pakaian serba hitam maka perempuan tersebut akan tertimpa bencana.
4.      Pengantin baru dilarang tidur dikamar pada siang hari.

Maknanya dari mitos tersebut adalah jika pengantin baru tidur dikamar di siang hari akan menyebabkan salah satu pasangan akan memiliki sifat cemburu yang berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...