Minggu, 12 Maret 2017

Tugas 1 Matematika & Ilmu Alamiah Dasar

Nama   : Rhea Ahmad Matin
Kelas   : 1PA12
NPM   : 16516280

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Tujuan dari pembelajaran matematika dan ilmu alamiah dasar tidak lain adalah untuk memperluas wawasan tentang pengembangan IPA dan teknologi, terlebih untuk mahasiswa yang non-MIPA.

Ruang lingkup yang dipelajari dalam ilmu alamiah dasar antara lain :
1. Perkenalan dengan IPA.
2. Peranan ilmu pengetahuan dalam perkembangan teknologi.
3. Dampak perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap kehidupan sosial.
4. Ilmu pengetahuan, teknologi dan masalah kelangsungan hidup manusia.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Ada hasil positif dan negatif yang diberikan oleh ilmu pengetahuan yang merupakan landasan dari teknologi, antara lain :

1. Dapat mensejahterakan umat manusia.
2. Dapat menghancurkan umat manusia.

Berikut ini ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa manusia menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi ?

1. Rasa ingin tahu

Rasa keingin tahuan manusia terhadap sesuatu yang baru merupakan ciri khas yang tidak dimiliki oleh makhluk lain selain manusia, karena manusia sudah ditakdirkan untuk mendapat akal sehat.

Rasa keingin tahuan itu sendiri mampu membuat manusia berkembang dan karena berlangsung selama berabad-abad, maka terjadilah akumulasi pengetahuan sehingga terjadi perbendaharaan pengetahuan.

Setelah rasa ingin tahu berlangsung berabad-abad dan upaya untuk membuktikan ilmu pengetahuan itu tidak tersanggupi, lalu dari penasaran terlahirlah sesuatu yang diyakini oleh masyarakat zaman sekarang dengan sebutan mitos.

2. Mitos

Mitos sendiri muncul karena rasa keingin tahuan akan sesuatu yang mengalami keterbatasan akal dan teknologi serta keterbatasan indera manusia, dan dari semua itu tidak semua pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana dapat dijawab dengan menggunakan pengataman dan pengalaman, sehingga daripada itu manusia menebak-nebak jawaban dari dalam pikirannya sendiri

Sains

Dalam karakter sains kita tidak membahas mengenai :
1. Sistem nilai dan moral.
2. Keindahan.
3. Baik-buruk,sopan-tidak sopan, menjijikan, dll.
4. Sistem politik dan kekuasaan.
5. Tidak membawa agama.

Berikut cara mendapatkan pengetahuan :
1. Berprasangka.
2. Intuisi.
3. Mencoba dan salah.

Pengetahuan Ilmiah

Beberapa ciri dari pengetahuan ilmiah, antara lain :
1. Objektif.
2. Metodik.
3. Sistematik.
4. Berlaku umum.

Langkah dalam melakukan metode ilmiah
1. Perumusan masalah.
2. Penyusunan hipotesa.
3. Pengujian hipotesis.
4. Penarikan kesimpulan.

Peranan Matematika dalam Sains

Manusia mulai menulis dan berhitung dalam kurun waktu yang bersamaan, dimulai dari 12.000 tahun silam, tulisan itu sendiri merupakan simbol dari pikiran dan imajinasi, berhitung pada awal mulanya berupa korelasi korespondensi satu-satu antara obyek yang dihitung menggunakan jari tangan, dan ketika jari tangan tidak cukup, digantikan dengan benda seperti kerikil, ketika benda-benda itu tidak cukup banyak, perannya digantikan oleh angka.

Dalam perkembangannya matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputasi dan mutlak sangat dibutuhkan dalam sains, tanpa matematika sains tidak akan berkembang, karena sebelumnya sains mengandalkan metode induksi (eksperimen). Matematika yang menggunakan metode deduksi (perhitungan matematik/statistik) yang handal sekarang digunakan untuk perkembangan sains.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...