Jumat, 10 Maret 2017

TUGAS PERTEMUAN 2 MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR

Nama  : Citra Epina Indatirani
Kelas   : 1PA12
Npm    : 11516633
Dosen  : Rizqi Intansari Nugrahani Spsi, Msi
Matkul  : Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Tugas 2 : Mitos

1. Mitos Siluman Buaya Putih

Hasil gambar untuk gambar buaya putih

Di sebuah Kampung di Ternate, Maluku Utara ada cerita tentang siluman buaya putih yang dipercayai masyarakat setempat. Ketika warga masyarakat datang ke Danau Tolire yang terletak sangat jauh dari rumah saya. Yaitu di Kampung Tolire, dan bukan hanya dari warga Ternate saja yang mengunjungi dan berwisata di Danau Tolire, tetapi dari wisatawan asing. Danau Tolire besar yang berair tawar ini memiliki banyak ikan, namun masyarakat setempa tidak berani yang menangkap ikan atau mandi di danau itu, karena mereka mmeyakini bahwa danua yang airnya berwarna cokelat kekuning-kuningan dihuni oleh banyak buaya siluman. Buaya-buaya siluman ini sering terlihat berenang di tengah danau. Tidak semua orang bisa melihat buaya itu. Hanya orang-orang beruntung yang bisa melihat. Menurut masyarakat setempat, kalau berhati besih baru berpeluang melihat buaya siluman di danau itu. Ada cerita juga, dulu ada wisatawan asing yang tidak percaya bahwa di danau itu ada buaya siluman. Wisatawan itu turun mandi ke danau tersebut dan dan setelah berenang beberapa menit, ia menghilang. 

2. Mitos Danau Tolire

Danau Tolire yang ada di Ternate merupakan danau yang besar di Ternate. Danau Tolire yang disebut sebagai Tolire Gam Jaha, yang berarti lubang kampung tenggelam. Dikatakan Gam Jaha karena pada zaman dahulu Danau Tolire adalah sebuah kampung. Dimana dulunya ada seorang ayah yang menghamili anaknya dan saat ayah dan anaknya ingin melarikan diri tiba-tiba tanah tempat mereka berdiri anjlok dan kampung tersebut berubah menjadi danau. Danau Tolire ada 2, yang pertama danau Tolire kecil (ici) dan Tolire besar (lamo). Warga masyarakat yang datang ke Danau Tolire pasti akan membeli batu yang harganya Rp2.000 dan Rp5.000. Tidak semua warga masyarakat Kota Ternate percaya bahwa saat melempar batu atau benda lain maka benda yang dilempar tidak akan pernah menyentuh permukaan air danau karena karena tertahan oleh kekuatan gaib dari dasar danau. Kekuatan gaib itu diyakini datang dari buaya siluman yang ada di danau itu. Betapa kuatnya melempar menggunakan batu atau benda lainnya, tidak akan pernah mencapai air danau yang letaknya kurang lebih setinggi 50 meter di bawah tempat berdiri. Padahal saat melempar dari pinggir atas danau, air danau terlihat berada di bawah kaki si pelempar.
Sumber:http://forum.viva.co.id/misteri/843419-misteri-siluman-buaya-dari-maluku.html
3. Mitos Membuang Bayi yang Menimbulkan Bencana 

Di Ternate yang saya ketahui sendiri bahwa ada sebuah cerita dan mitos juga bahwa ketika hujan yang terus menerus terjadi disertai dengan angin yang kencang maka itu terjadi karena ulah manusia sendiri. saat ada berita bahwa sorang ibu menggugurkan bayi dan membuang janin maka akan terjadi bencana besar di Kota Ternate. Selain membuang bayi ada juga cerita bahwa jika ada kasus mutilasi maka akan terjadi bencana. Selagi belum di temukan bayi dan potongan tubuh dari kasus mutilasi maka hujan tidak akan berhenti.
4. Mitos Gunung Gamalama

 

Mitos tentang Gunung Gamalama di Kota Ternate. Yang saya ketahui sendiri bahwa  ketika ada warga masyarakat yang mendaki gunung gamalama maka harus berhati bersih dan mempunyai niat yang bersih. Dan jika sudah sampai di gunung gamalama maka tidak boleh berbicara kotor, memaki-maki, berhubungan intim. Karena jika melakukannya maka akan terjadi bencana kepada orang yang melakukan dan sampai-sampai semua yang ada di atas gunung gamalama tidak akan bisa turun lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...