Jumat, 17 Maret 2017

Tugas Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar pertemuan 2 (winda lilis sana)

Nama              : Winda Lilis Sana
Kelas/ Npm     : 1 PA 12/ 17516664
Tugas               : Pertemuan 2

MITOS
1.    Pamali duduk di depan pintu
Menurut orang tua atau orang zaman dulu, duduk di depan pintu itu dilarang. Artinya pamali duduk di depan pintu itu bisa mengahalangi orang yang akan lewat atau mahluk gaib yang akan lewat. Sebenarnya duduk di depan pintu itu memang tidak sopan dan menyebabkan menghambat orang yang akan lewat. Menurut orang tua duduk di depan pintu juga akan menghambat masuknya rejeki dan sulitnya mendapatkan jodoh, karena terhalangi oleh diri kita sendiri. Oleh sebab itu para orang tua melarang anaknya duduk di depan pintu agar tidak menghalangi apapun yang akan masuk.
2.    Cicak jatuh di kepala
Menurut orang tua atau masyarakat dulu, jika kita kejatuhan cicak itu menandakan akan mendapatkan kesialan, musibah atau pertanda tidak baik dalam jangka pendek ataupun panjang. Menurut orang tua cicak adalah hewan yang jahat, di dalam islam juga di sunahkan untuk membunuh cicak di hari jumat.
3.      Bagi perempuan : menyapu harus bersih agar tidak dapat suami brewokan
Menurut orang tua anak perempuan itu harus nyapu dengan bersih, agar tidak mendapatkan suami yang brewokan. Setiap anak perempuan pasti mengerjakan pekerjaan rumah seperti menyapu. Akan tetapi terkadang setiap anak perempuan melakukannya dengan tergesa-gesa atau terburu-buru, sehingga pekerjaan menyapu menjadi kurang bersih. Maka saat itu orang tua akan mengatakan kepada anaknya “jika menyapu tidak bersih , kelak akan dapat suami yang brewokan”
4.      Bermain pada saat maghrib diculik wewe gombel
Mitos tentang wewe gombel telah lama ada. Wewe gombel adalah hantu yang suka mengambil anak kecil. Orang tua selalu mengingatkan kepada anaknya untuk tidak bermain pada saat maghrib. Sebenarnya yang dimaksud itu bermain pada waktu maghrib itu tidak sopan atau pamali.


sumber : Nur Asiyah dan Wahono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...