Minggu, 19 Maret 2017

ilmu alamiah dasar# 2

Nama         : Hilda Khoerunisa
NPM         : 13516309
Kelas         : 1PA12
Pertemuan 2
Mitos-mitos di Bandung

Banyak sekali mitos-mitos yang tersebar di indonesia dan di percaya oleh masyarakat sekitar.  Salah satu nya yaitu kota Bandung tempat kelahiran saya. Ada banyak bangunan atau gedung-gedung yang dianggap mistis oleh masyarakat bandung, yaitu:

1. Gedung Sate

         Gedung Sate merupakan icon utama kota Bandung yang dibangun pada tahun 1920 pada masa Hindia Belanda.  Gedung ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan jawa Barat.

Namun dibalik keindahan gedung ini tersimpan cerita-cerita mitos berhantu, yaitu jika berjalan di gedung ini pada malah hari kita akan melihat kabut tebal disekitar gedung yang dipercayai sebagai pasukan kerajaan jin.
Selain melihat kabut tebal, ada kemungkinan akan bertemu dengan hewan mirip angsa yang dapat berubah menjadi seorang wanita yang bernama neng siti yaitu, seorang pebantu yang ditinggal kekasihnya dan meninggal karena gantung diri di belakang gedung sate. Dan dibelakang gedung ini terdapat pohon besar yang dipercaya sebagi tempat tinggal makhluk halus yang menguasai Gedung Sate tersebut.

2.  Jembatan Cincin

Jembatan ini terletak di daerah Jatinangor, persis dekat dengan Universitas Padjajaran. Jembatan ini dibangun pada masa penjajahan, konon jembatan ini bekas jalan kereta api yang menghubungkan Rancaekek dan Tanjung Sari sebagai pembawa hasil perkebunan karet di daerah tersebut.
Jembatan yang terlihat indah di pagi hari namun di sangat berbeda jika dilihat pada malah hari yang terlihat sangat seram.
Cerita yang tersebar dimasyarakat sekitar konon terdapat sosok perempuan berbaju merah suka terbang melayang di jembaran tersebut dengan tawa yang tinggi. Selain itu, jembatan ini sering menjadi tempat bunuh diri dan tempat pembuangan mayat.

3. Tanjakan Emen

Tanjakan Emen terletak di daerah Kampung Cicenang, Ciater, Subang. Banyak terjadi kecelakaan di tanjakan ini yang dihubungkan dengan hal mistis. Sosok emen yang dipercaya sebagai penunggu tanjakan tersebut.
Ada beberapa versi mengenai Tanjakan Emen ini. Ada yang menyebutkan pada tahun 1969 ada kecelakaan yang menyebabkan kernet bernama Emen meninggal dunia. Menurut masyarakat sekitar pada jaman dahulu ada sebuah bus yang mogok di tanjakan tersebut dan Emen berusaha mengganjal ban bus dengan batu. Tetapi, rem nya jebol sehingga pak Emen terseret jauh hingga meninggal.
Versi kedua mengatakan, Emen adalah korban tabrak lari dan mayat nya di sembunyikan dakam rimbunan pohon sekitar tanjakan tersebut. Dan masih banyak sekali versi cerita tentang tanjakan emen itu.
Namun anak pak Emen tersebut membenarkan cerita yang tersebar ia mengatakan bahwa ayah nya meninggal di rumah sakit, yang menyebabkan meninggal karena bus yang di kendarainya kemungkinan diakibatkan rem blong sehingga menabrak tebing, terbalik, kemudia terbakar. Tetapi, kabar mitos-mitos tersebut sudah tersebar ke masyarakat luas.

4. Taman Hutan Raya Ir.H.juanda, Dago Pakar

Hutan ini terdapat peninggalan sejarah penting, yaitu goa Belanda dan goa Jepang.
Bagi yang berkunjungi ke tempat ini ada larangan yang cukur berbahaya bila mengatakan kata “LADA” atau dalam bahasa Indonesia di artikan “ PEDAS”.
Jika mengucapkan kata tersebut, maka suasana mistis akan langsung menyekimuti kita. Misalnya, suara langkah kuda dibarengi dengan suara lain, kemunculan sosok tentara, dan hal-hal buruk lainnya.

5. Rumah Gurita

Rumah Gurita terletak dibelakang Hotel Grand Aquila. Asal nama “Rumah Gurita” karena terdapat patung cumi  besar di atas rumah tesebut. Bangunan rumah tersebut menggunakan kaca gelap yang besar, gambar wajah-wajah jaman dulu, dan kartu domino dengan ukuran raksaksa.
Menurut Ketua RT tersebut kepala gurita merupakan tempat penampungan air. Patung tersebutlah yang membuat terlihat mengerikan.
Dari kabar yang bereda sering kali masyarakat melihat penampakan di rumah itu.  Selain itu juga, ada isu bahwa ruma tersebut sebagai tempat ritual sesat. Menurut Ketua RT disana rumah tersebut ada orang yang menempati nambun bukan pemiliknya melainkan orang tua yang malas buka pintu kepada tamu seolah-olah tampak tak berpenghuni. Dan menurutnya ada seseorang yag ingin mendaftar di gereja yang diakui di rumah gurita tersebut.


Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...