Jumat, 17 Maret 2017

Tugas (2) Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama   : Nur Herlista A.M
NPM   : 15516546
Kelas   : 1PA12
Tugas (2) Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
-          Mitos dari daerah Sumatera Utara
1.      Boneka kayu Si Gale-Gale
Dahulu kala, ketika masih memimpin menjadi raja di salah satu kerajaan di Samosir, Raja Rahat memerintahkan Manggale putra sematawayangnya berperang melawan musuh di perbatasan. Tak disangka, Manggale gugur di medan perang. Sedihnya lagi jenazahnya tak ditemukan. Sang raja pun sedih hingga jatuh sakit. Untuk menghibur sang raja, rakyatnya membuat patung mirip Manggale yang dinamakan Sigale-gale. Dukun pun kabarnya ikut andil dalam memanggil roh si putra raja, sehingga patung kayu itu bisa menggerakkan tangan. Tak disangka, Raja Rahat berangsur-angsur sembuh dari sakitnya. Sejak saat itu, boneka Sigale-gale sering dimainkan. Biasanya boneka akan menari dengan iringan musik sordam dan gondang sabangunan.
Image result for si gale gale
Sigale-gale dalam bahasa batak berarti lemas atau lemah, berasal dari kata “gale”. Gerakan atau tarian lemah gemulai dari boneka inilah yang membuatnya dinamakan “sigale-gale”. Boneka “sigale-gale” ini bisa menangis dan menari dengan sendirinya dan saat ini sering kali dijumpai pada saat acara upacara kematian. Upacara ini sering diperlakukan untuk orang yang meninggal tanpa memiliki keturunan. Hal yang cukup menarik lainnya yang patut diketahui adalah cerita mistis mengenai proses pembuatan boneka ini. Konon katanya bahwa orang yang membuat boneka kayu ini akan menjadi tumbal. Setelah menyelesaikan pahatan dan ukiran boneka tersebut, sang pemahat juga akan meninggal dunia. Karena hal inilah jumlah boneka kayu “sigale-gale” tersedia dalam jumlah yang terbatas.
Sumber : mama

2.      Sosok Begu Ganjang Pencabut Nyawa
Begu Ganjang merupakan sosok makhluk mistis yang sejak lama dikenal oleh suku Batak Toba. Begu Ganjang berarti hantu panjang yang keberadaannya sering kali dikaitkan dengan fenomena aneh seperti orang yang tiba-tiba sakit atau meninggal secara misterius. Begu Ganjang adalah makhluk tinggi yang jika dilihat bisa mencekik orang yang melihatnya. Sosoknya dipercaya berambut panjang dan suka berdiam di pohon-pohon yang tinggi. Meski keberadaan makhluk misterius ini masih menjadi perdebatan, akan tetapi banyak yang percaya atas keberadaannya.
Sumber : mama

-          Mitos dari daerah Banten
1.      Gerhana Matahari Total
masyarakat Banten percaya bahwa saat gerhana terjadi, bagi wanita hamil harus bersembunyi di bawah meja atau ranjang. Tujuannya agar sang anak kelak tak menjadi belang warna kulitnya.
Sumber : papa

2.      Mencuci benda pusaka pada waktu tertentu
Mencuci keris pada waktu tertentu bertujuan untuk membersihkan agar keris tersebut tidak berkarat. Masyarakat Banten juga mempercayai tujuan mencuci keris selain menjaga kebersihan dipercaya juga untuk menjaga kekuatan keris, melindungi rumah,dsb.
Sumber : papa

3.      Ngalamun di jendela
Perilaku yang dilarang di Banten salah satunya yaitu tidak boleh melamun di jendela dipercaya jika melamun orang tersebut akan menjadi gila.

Sumber : papa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...