Rabu, 15 Maret 2017

TUGAS 3 MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR#

Nama   : Citra Epina Indatirani
Kelas   :  1PA12
Npm    :  11516633
Dosen  : Rizqi Intansari Nugrahani, Spsi, Msi

1.      Perkembangan Kipas Angin
Saya akan membahas mengenai perkembangan kipas angin dari tahun ke tahun. Berada di wilayah beriklim tropis dengan sinar matahari yang bisa dinikmati sepanjang tahun tentunya membuat suhu udara menjadi panas dan lembab. Kipas angin atau pendingin udara pun menjadi sebuah barang wajib yang dimiliki setiap orang di rumah atau kamar untuk menghindari dari udara pengap dan sesak akibat panasnya udara selama siang hari.
Kipas angin telah dikenal oleh manusia sejak lama sekali. Pemakaian kipas angin dengan tangan sudah dilakukan sejak ribuan tahun silam. Pada masa Mesir kuno, para budak bertugas untuk mengipasi Raja dan para anggota keluarganya dengan menggunakan daun teratai besar. Orang-orang Yunani dan Romawi lebih suka menggunakan bulu merak untuk menjadi kipas. Kaisar Romawi bahkan menggunakan salju dari Pegunungan Alpen untuk digunakan sebagai pendingin udara. Jepang menemukan pemakaian kipas di abad ke delapan yang terinspirasi dari cara kelelawar mengepakkan dan melipat sayapnya. Kejayaan kipas angin tangan di China terjadi pada masa Dinasti Ming (1368-1644 M). Pada masa itu kipas angin tangan dicat dan digambar dengan indah. Para pedagang Portugis kemudian membawa kipas angin tangan China ke Eropa pada tahun 1400-an.
China juga menjadi pelopor kipas angin mekanis. Sekitar tahun 180 Masehi, terdapat seorang penemu terkenal pada masa Dinasti Han yaitu Ting Huan. Ia menciptakan kipas angin berputar dengan menggunakan tujuh roda yang masing-masing diameternya 10 kaki, di mana hanya dengan menggunakan satu kipas dapat mendinginkan seluruh gedung. Kemudian kipas angin berputar tersebut tidak hanya digunakan untuk pendinginan tetapi juga untuk menampi gandum dan menjadi ventilasi lorong tambang.
Fungsi dari kipas angin yang ditemukan di Mesir pada masa itu sebagai alat upacara keagamaan, sehingga sebuah kipas angin merupakan benda yang sakral. Kipas angin juga merupakan lambang kekuatan raja. Ada dua buah kipas angin yang ditemukan di makan raja. Salah satu kipas angin tersebut gagangnya dilapisi oleh emas dan terbuat dari bulu burung unta, sedangkan yang satu lagi dilapisi eboni dengan emas dan batu-batu berharga.
Kipas angin pertama kali berbentuk kipas angin atap yang mulai dikenal masyarakat pada tahun 1860 an. Cara kerjanya digerakkan oleh putaran air yang menggerakkan semacam sabuk yang dihubungkan secara manual dan memiliki kemampuan untuk menggerakkan beberapa kipas angin sekaligus. Kemudian masuklah kipas angin elektrik ke pasar tahun 1880 an.
Tapi kini desain kipas angin tradisional telah di klaim kurang sempurna dalam menghasilkan angin. Udara yang ditangkap dan dihembuskan kurang dapat mengasilkan angin yang maksimal. Jauh dibandingkan teknologi kipas angin tanpa kipas hasil temuannya. Kata James Dyson .
meskipun kipas angin telah mengalami transformasi menjadi bentuk beberapa alat pendingin lain yang lebih di sukai orang seperti AC, James Dyson, penemu dari inggris ini tetap bersih kukuh dengan teknologi hasil temuannya yang luar biasa simpel yaitu dengan menggunakan teknologi "Air Multiplier" untuk menekan 119 gallons udara yang lembut keluar tiap detiknya.
Cara Kerja Kipas  Angin Multipier Udara (Kipas Angin Tanpa Kipas)
Udara di dorong kedalam mesin silinder dengan daya seperti kipas pendorong yang menggunakan cara kerja teknologi untuk mesin jet. Kemudian udara menghembus ke dalam cincin ?blade?. Lalu udara akan menekan keluar melalui celah 1,3 milimeter (kurang dari seperenam belas inchi) yang berputar sepanjang cincin blade.

Kemudian bagian tersulit yang dikembangakn selama 4 tahun masa percobaan adalah bagian Setelah udara keluar dari celah cincin blade, udara berhembus ke tiap sudut cincin, yang bentuknya mengambil model sayap pesawat terbang. Bayangkan sayappesawat terbang  di aplikasikan memutar sepanjang cincin, udara ditahan agar terarah menghembus sepanjang sudut tertentu sayap pesawat terbang, sehingga pada sudut tertentu kecepatan udara meningkat, membentuk area bertekanan udara rendah.
Setelah udara keluar dari loop, sebuah tekanan rendah menekan air dari sepanjang kipas angin, dan udara sekitar (depan) juga tertekan memasuki putaran. Dan sihembuskan keluar, begitu seterusnya. Mekanisme ini juga merupakan jalan untuk menciptakan turbulen udara bebas yang cara kerjanya seperti ?blades?.
Dengan menggunakan teknologi blade ini memeiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan kipas angin konvensional; Tidak perlu pengaman, bagian-bagiannya mudah dibersihkan, cukup digerakkan dengan motor dynamo yang kecil, dan hembusan angin yang dihasilkan, putarannya bisa dikontrol atau di rubah-rubah menggunakan switch yang ada.
Sumber:
https://news.ralali.com › HOT News
 yenyenkumala.blogspot.com/2014/08/kipas-angin-dari-masa-ke-masa.html

2.      Lampu Penerang

Pada zaman dulu sebelum listrik ada penerangan diigunakan dengan cara yang sangat sederhana dan menggunakan bahan bakar dari minyak tanah. Seiring dengan berkembangnya zaman, kini penerangan dilakukan dengan muudah tinggal cetek saklar rumah sudah terang dalam sekejap dan menyeluruh. Namun bayangkan ketika zaman dahulu, untuk mendapatkan sebuah cahaya para masyarakat harus mempunyai ketrampilan dalam membuat alat penerangan. Lampu penerangan zaman dahulu sangat sederhana dan bahkan memanfaatkan alam untuk membuatnya.
Obor 
 
Bagi  anda yang pernah mengikuti pramuka pasti tau obor, yah obor adalah salah satu penerang yang dipakai pada zaman dahulu. Sampai saat ini anda masih bisa menemui obor namun pada saat acara tertentu. Obor terbuat dari bambu yang dipotong melebihi satu ruas, alasannya bambu dipotong lebih dari satu ruas karena satu ruas ini sebagai penahan agar minyak tanah yang digunakan sebagai bahan bakar tidak tumpah. Untuk bahan resapan agar timbul api digunakan “sepet” atau serabut dari kulit kelapa.
                                 
Lampu dian atau cemprong

Lampu ini sudah sedikit cukup modern selain karena bentuknya yang lebih praktis lampu sentir ini bisa dimasukan kedalam rumah, dan tidak seperti obor lampu dian atau lampu cemprong mempunyai pelindung agar apai tidak padam dan apinya merambat membakar rumah ( rumah zaman dahulu masih memakai kayu / papan). Namun lampu ini sama halnya obor masih menggunakan bahan bakar minyak tanah.
  
  Lampu petromaks                    
Sebelum mengenal listrik lampu yang paling modern pada zaman dahulu adalah  lampu petromaks lampu ini sama dengan lampu dian atau lampu cemprong yang membedakan adalah ukuran lampu petromaks lebih besar sehingga penerangannya lebih terang. lampu petromaks unik, karena lampu ini memakai kaos khusus yang bentuknya seperti balon (warna putih). Hanya orang yang mempunyai keahlian tertentu yang bisa menyalakan lampu ini dengan sempurna. Dulu lampu petromaks adalah lampu mewah karena hanya orang-orang kaya yang mempunyainya. Mungkin sekarang ini anda akan sulit menemui lampu ini. Kesimpulannya untuk mendapatkan penerangan atau sedikit cahaya untuk malam hari sangatlah butuh pengorbanan. Oleh karena itu untuk sekarang anda harus lebih bersyukur bisa menikmati cahaya kapan saja.                                           
Lampu Bohlam atau Pijar
Lampu pijar adalah sumber cahaya buatan yang dihasilkan melalui penyaluran arus listrik melalui filamen yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya.Kaca yang menyelubungi filamen panas tersebut menghalangi udara untuk berhubungan dengannya sehingga filamen tidak akan langsung rusak akibat teroksidasi.
Lampu pijar dipasarkan dalam berbagai macam bentuk dan tersedia untuk tegangan (voltase) kerja yang bervariasi dari mulai 1,25 volt hingga 300 volt.Energi listrik yang diperlukan lampu pijar untuk menghasilkan cahaya yang terang lebih besar dibandingkan dengan sumber cahaya buatan lainnya seperti lampu pendar dan dioda cahaya, maka secara bertahap pada beberapa negara peredaran lampu pijar mulai dibatasi.
Di samping memanfaatkan cahaya yang dihasilkan, beberapa penggunaan lampu pijar lebih memanfaatkan panas yang dihasilkan, contohnya adalah pemanas kandang ayam, dan pemanas inframerah dalam proses pemanasan di bidang industri.

Lampu Fluorescen
Karakteristik dari lampu Lampu Flourescent/TL ini, adalah mampu menghasilkan cahaya output per watt daya yang digunakan lebih tinggi daripada lampu bolam biasa (incandescent lamp). Sebagai contoh, sebuah penelitian menunjukkan bahwa 32 watt lampu TL akan mengjasilkan cahaya sebesar 1700 lumens pada jarak 1 meter sedangkan 75 watt lampu bolam biasa (lampu bolam dengan filamen tungsten) menghasilkan 1200 lumens. Atau dengan kata lain perbandingan effisiensi lampu TL dan lampu bolam adalah 53 : 16. Efisiensi disini didefinisikan sebagai intensitas cahaya yang dihasilkan dibagi dengan daya listrik yang digunakan. Prinsip Kerja Lampu TL (Fluorescent Lamp) Ketika tegangan AC 220 volt di hubungkan ke satu set lampu TL maka tegangan diujung-ujung starter sudah cukup utuk menyebabkan gas neon didalam tabung starter untuk panas (terionisasi) sehingga menyebabkan starter yang kondisi normalnya adalah normally open ini akan ‘closed’ sehingga gas neon di dalamnya dingin (deionisasi) dan dalam kondisi starter ‘closed’ ini terdapat aliran arus yang memanaskan filamen tabung lampu TL sehingga gas yang terdapat didalam tabung lampu TL ini terionisasi. Pada saat gas neon di dalam tabung starter sudah cukup dingin maka bimetal di dalam tabung starter tersebut akan ‘open’ kembali sehingga ballast akan menghasilkan spike tegangan tinggi yang akan menyebabkan terdapat lompatan elektron dari kedua elektroda dan memendarkan lapisan fluorescent pada tabung lampu TL tersebut.                               
Lampu LED Lampu LED
ak Shuji Nakamura sebagai penemu LED dengan bahan yang nyaris sudah tidak digubris oleh para peneliti lainnya, Galiun Nitrid (GaN) tahun 1991. Pada tahun 1993, Pak Nakamura kemudian berhasil meciptakan LED biru komersial, menyusul LED berwarna hijau dan putih. Dan pada tahun 1995, Pak Nakamura berhasil menciptakan laser biru. Dengan penemuannya Blue LED (terbaru untuk penopang Blu-Ray PS3 ny SONY itu) ini dinilai telah melakukan revolusi di bidang elektronika dan upaya kepada penghematan enerji.
Melihat latar belakang dan serba serbi penemuannya, maka Pak Nakamura adalah benar2 “inventor sejati” dan orang yang loyal kepada perusahaannya (di awalnya ;-)). Dengan fasilitas seadanya di perusahaan kecil di Tokushima, anggapan ketakadaan prospek bagi materi yang digelutinya, dan di bawah bayang2 persaingan pengembangan diode oleh perusahaan2 besar macam Toshiba, maka keberhasilannya sangatlah mencengangkan. “Jalan sepi” yang dilaluinya, setelah mencapai keberhasilan, hanya diganjar bonus 20 ribu yen saja oleh perusahaannya Nichia Corporation. Padahal keuntungan perusahaan ini jadi berlipat ganda sejak komersialisasi hasil temuannya ini.

Sumber:

Teknologi dalam Bidang Psikologi
  1. E-counseling
Teknologi kini bukan hanya sebatas pada dunia cyber saja, atau dunia komputer saja, teknologi kini telah berkembang pesat dan telah merambah ke berbagai bidang disiplin ilmu lainnya. Teknologi informasi kini telah dikenal dengan luas, dan ternyata keberadaannya dapat dikaitkan dengan berbagai disiplin ilmu. Teknologi kini telah dikenal secra umum dan telah dikenal secara luas, berbagai bidang ilmu telah menggunakan aplikasi dari Teknologi Informasi guna mengembangkan ilmu-ilmu yang berkaitan.
Salah satu disiplin ilmu yang menggunakan Teknologi Informasi adalah Psikologi. Memang antara Psikologi dan Informasi Teknologi memiliki kajian objek teoritis dan aspek yang berbeda mengenai hal apa yang menjadi objek ilmu mereka, namun dalam beberapa hal keberadaan Teknologi Informasi bisa menjadi suatu ilmu yang membantu dalam upaya pengembangan ilmu dan pemaksimalan dalam aplikasi ilmu Psikologi.
E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. Internet menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang baru, dimana melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi psikoterapi itulah yang disebut dengan E-counseling atau e-mail counseling. E-mail conseling merupakan pelayanan intervensi psikologi yang dilakukan melaui Internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan melaui media ini, untuk kemudian menyususn rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face-to-face akan dilakukan. Fungsi dari e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya. Dalam aplikasinya, psikoterapi online menawarkan tantangan etika baru bagi mereka para terapis yang tertarik untuk menggunakan media ini dalam memberika pelayanan psikologi. Perbedaan antara komunikasi berbasis teks interaktif dan komunikasi verbal in-person menciptakan tantangan etika baru yang sebelumnya tidak di temui dalam terapi face-to-face (secara langsung).
Bentuk lain dari penerapan teknologi dalam psikologi adalah program SPSS. Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi pun menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian jumleh subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan, data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya, dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika di olah secra manual dapat teratasi.
SUMBER :
  1. E-Learning (Electronica Learning)
Merupakan pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika yang didukung jasa teknologi seperti telepon, audio, video tape, transmisi satelit atau komputer.
·         Fungsi e-learning antara lain :
a.       memanfaatkan jasa teknologi elektronik yang memudahkan guru dan peserta didik, peserta didik dan sesama peserta didik atau guru dan sesama guru dapat berkomunikasi dengan relatif mudah tanpa dibatasi hal-hal yang protokoler.
b.      memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan jaringan komputer)
c.       menggunakan bahan belajar mandiri (self-learning materials) yang disimpan di jaringan komputer sehingga dapat diakses oleh guru dan peserta didik
d.      memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer.
Sumber :
http://007indien.blogspot.com/2012/09/aplikasi-tik-dalam-pembelajaran-di.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...