Minggu, 26 Maret 2017

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR 3# ( Ni Luh P. Kintan )

Nama   : Ni Luh Putu Kintan.A.
Kelas   : 1 PA 12
NPM   : 15516392
TUGAS III
MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR TENTANG PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
1.      Perkembangan Kompor
-          Tungku
Tungku merupakan alat pertama kali yang digunakan untuk memasak. Tungku api  sudah ada di China sejak jaman Dinasti Qin (221-206/207 SM). Tungku tersebut terbuat dari tanah liat. Desain tungku mirip dengan kamado yang ada di Jepang pada periode Kerajaan Kofun di abad 3 sampai 6. Tungku sendiri berbentuk kotak dengan lubang dibagian depan untuk meletakan kayu dan bagian atasnya untuk menaruh panci. Bahan bakarnya adalah kayu atau batu bara yang dimasukkan dari lubang di bagian depan.

-          Kompor Minyak
Kompor minyak tanah portable pertama kali dikenalkan tahun 1849 oleh Alexis Soyer. Penggunaan kompor berbahan bakar minyak tanah pada saat itu dinilai jauh lebih baik karena mengurangi asap tungku yang dapat membahayakan kesehatan. Dalam sejarah perkembangannya, kompor minyak tanah dilengkapi pengatur api.

-          Kompor Gas
Kompor gas pertama yang diciptakan pada awal tahun 1820 namun pada saat itu hanyalah percobaan tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang tahu. Akhirnya pada tahun 1826, seorang penemu berkebangsaan Inggris bernama James Sharp mematenkan karya ciptaannya yaitu kompor gas.  Dia kemudian membuka pabrik kompor gas pada tahun 1836.

Kompor gas pertama tidak bisa dinyalakan tanpa bantuan korek api. Jadi pada saat itu, ibu – ibu selalu menyetok korek api kayu dalam jumlah banyak karena tanpa api pancingan, kompor tidak akan bisa nyalan dan digunakan  untuk memasak. Dan masalah lainnya adalah, apabila gas lupa dicabut dan dimatikan, gas bisa saja memenuhi ruangan sehingga ada sedikit aja percikan dari barang elektronik, kebakaran akan terjadi.


2.      Perkembangan AC ( Air Conditioner )
AC atau Air Conditioner adalah sebuah alat yang berfungsi untuk mengondisikan udara atau dengan kata lain AC berfungsi sebagai penyejuk udara. AC sendiri sudah dimulai sejak jaman Romawi. Pada tahun 1890, Michael Faraday menemukan cara mendinginkan udara dengan menggunakan Gas Amonia. Pada tahun 1842, seorang dokter menemukan cara mendinginkan ruangan di rumah sakit Apalachicola yang berada di Florida, Amerika Serikat. Willis H. Carrier seorang insinyur dari New York menyempurkan penemuan dari Dr. Jhon Gorrie. Saat ini AC sudah digunakan disemua sektor baik industri, perkantoran maupun perumahan.

TEKNOLOGI DALAM BIDANG PSIKOLOGI

1.      E – counseling
Merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. E-counseling merupakan pelayanan intervensi psikologi di mana counseling ini  hanya dapat dilakukan melalui intenet. Fungsi dari E-counseling ini adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya.

2.      Program SPSS
Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian jumlah subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan, data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya, dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika di olah secara manual dapat teratasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...