Senin, 13 Maret 2017

TUGAS 1 MATEMATIKA & IAD

Nama : Ainun Niamah
NPM : 10516422
Kelas : 1PA12

TUGAS 1

Matematika & Ilmu Alamiah Dasar 1
Tujuan mempelajari mata kuliah ini adalah agar mahasiswa non-MIPA dapat mengetahui tentang perkembangan teknologi yang tentunya sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari.
Untuk menciptakan teknologi, yang harus kita miliki adalah ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan tersebut kita bisa menciptakan berbagai teknologi yang dapat mensejahterakan manusia. Teknologi yang mensejahterakan manusia contohnya adalah penggunaan teknologi handphone, dimana dulu sebelum ada handphone kita sangat sulit untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang tinggalnya jauh dengan kita, tapi sekarang handphone sangat dapat memudahkan kita dalam berkomunikasi kepada siapapun bahkan dalam jarak yang sangat jauh. Kemudian ada teknologi berupa laptop yang juga mensejahterakan manusia dalam segala hal dimana laptop tidak hanya digunakan sebagai pengganti mesin ketik tetapi juga dapat dijadikan media penyimpanan pekerjaan-pekerjaan kita sehari-hari. Kita juga dapat menggunakan teknologi internet baik itu untuk saling berkomunikasi ataupun mencari berbagai informasi yang kita butuhkan. Namun teknologi tidak selalu mensejahterakan, teknologi juga dapat menghancurkan kehidupan manusia seperti penggunaan internet dengan salah, menciptakan nuklir, dan lain-lain. Yang mendorong manusia menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah rasa ingin tahu.
Ilmu pengetahuan bermula dari rasa ingin tahu, yang hanya dimiliki oleh manusia atau menjadi ciri khas dari manusia. Rasa ingin tahu manusia berkembang sedikit demi sedikit dan menjadi banyak karena berlangsung berabad-abad, maka akan terjadi akumulasi rasa ingin tahu dari kita kecil, remaja sampai dewasa sehingga terjadi perbendaharaan pengetahuan. Dari rasa ingin tahu muncul juga hal yang disebut MITOS.
Mitos timbul karena rasa ingin tahu tetapi memiliki keterbatasan akal dan keterbatasan indera. Mitos terjadi karena manusia tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan apa, mengapa dan bagaimana tentang suatu hal sehingga manusia mereka-reka jawaban di dalam alam pikirannya sendiri.
Salah satu dari ilmu pengetahuan adalah SAINS yaitu sebuah ilmu yang tidak membahas mengenai sistem nilai dan moral, keindahan atau estetika, baik-buruk, sopan-tidak sopan, menjijikan atau tidak, sistem politik dan kekuasaan, serta tidak menjangkau wahyu ilahi karena sains sangat mengandalkan logika. Cara mempeoleh pengetahuan ada tiga cara yaitu Prasangka, adalah perasaan menduga-duga terhadap sesuatu. Lalu ada Intuisi yaitu kemampuan memahami sesuatu tanpa melalui penalaran rasional dan intelektualitas. Seperti pemahaman itu datang secara tiba-tiba. Dan yang ketiga adalah Trial and Error yaitu proses mencoba lalu gagal, mencoba lagi gagal lagi dan seterusnya sampai ia berhasil, seperti yang dilakukan Thomas Alva Edison dalam usaha penemuan lampu pijar untuk pertama kalinya. Ada yang menyebut dia gagal sampai 9955 dan berhasil pada percobaan yang ke 9956.
Kriteria ilmu pengetahuan adalah objektif (keadaan yang sebenarnya), metodik (tersusun atas berbagai cara), sistematik (susunan atau aturan) dan berlaku untuk umum. Langkah pokok metode ilmiah yaitu: perumusan masalah, penyusunan hipotesa (dugaan sementara), pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan.
Peranan matematika dalam sains adalah, sejak awal matematika merupakan alat untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputasi. Dalam perkembangannya matematika mutlak dibutuhkan dalam sains. tanpa matematika sains tidak akan berkembang karena sebelum melibatkan matematika, sains hanya mengandalkan metode induksi (eksperimen) sedangkan matematika menggunakan metode deduksi (perhitungan matematika /statistik) yang sangat handal untuk keperluan permodelan dan rekonstruksi gejala alam dan perilakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...