Rangkuman
Materi Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Tugas
Pertemuan 1
Nama :
Salsabila
Kelas/NPM : 1PA12/16516784
·
Tujuan dari pembelajaran Matematika dan
Ilmu Alamiah Dasar adalah untuk mengembangkan wawasan mahasiswa/i non-MIPA mengenai
perkembangan IPA & teknologi (kehidupan manusia, SDA dan lingkungan
sekitarnya).
·
Ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar
meliputi:
1
Pengenalan dengan IPA
2
Peranan ilmu pengetahuan dalam
perkembangan IPTEK
3
Dampak IPTEK bagi kehidupan sosial dari
segi positif maupun negatif, dan
4
Masalah yang berhubungan dengan IPTEK
dan manusia.
·
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi:
IPTEK
merupakan landasan dari teknologi. Namun IPTEK juga memiliki dampak positif dan
negatif, yaitu:
a. Dilihat
dari dampak positifnya, IPTEK dapat mensejahterakan manusia dengan keberadaan
teknologi yang dapat memudahkan pekerjaan manusia.
b. Dilihat
dari dampak negatifnya, IPTEK dapat menghancurkan kehidupan. Akan semakin
banyak manusia yang bersikap individualisme karena mereka sudah memiliki
teknologi sehingga mereka tidak akan membutuhkan bantuan dari manusia yang
lainnya.
Apa yang mendorong manusia
menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi?
·
Rasa Ingin Tahu
Manusia
merupakan satu-satunya makhluk hidup yang memiliki rasa ingin tahu. Hal
tersebut yang mendorong munculnya ilmu pengetahuan. Rasa ingin tahu tersebut
kemudian berkembang menjadi ilmu pengetahuan. Karena hal ini juga, muncul lah
hal yang disebut mitos.
·
Mitos
Mitos
timbul karena adanya rasa ingin tahu tetapi mengalami keterbatasan pengetahuan
dan penginderaan sehingga manusia menerka-nerka jawabannya di dalam alam
pikirannya sendiri.
Sains
·
Karakter Sains
Dalam
sains kita tidak membahas mengenai:
1
Sistem nilai dan moral
2
Keindahan (estetika)
3
Baik-buruk, sopan-tidak sopan,
menjijikan, dan lain lain
4
Sistem politik dan kekuasaan, dan
5
Tidak menjangkau Wahyu Ilahi (agama).
·
Cara memperoleh pengetahuan:
1
Prasangka
2
Intuisi, dan
3
Trial and Error.
Perbedaan
yang terlihat pada pengetahuan zaman dahulu kuno dan sekarang adalah, pada
pengetahuan zaman kuno masih bersifat non-ilmiah, karena umumnya mereka masih
menerka-nerka sebab saat itu masih ada keterbatasan ilmu pengetahuan. Sedangkan
zaman sekarang sudah bersifat ilmiah, karena ilmu pengetahuan sudah berkembang
sehingga mereka dapat menjelaskan fenomena-fenomena yang berlangsung dengan
ilmu pengetahuan yang sudah ada.
Pengetahuan Ilmiah
·
Ciri-ciri pengetahuan ilmiah, yaitu:
1
Objektif
2
Metodik
3
Sistematik, dan
4
Berlaku umum.
·
Langkah-langkah metode ilmiah:
1
Perumusan masalah
2
Penyusunan hipotesa
3
Pengujian hipotesis, dan
4
Penarikan kesimpulan.
Peranan Matematika dalam Sains
1
Manusia menulis dan berhitung sejak
12.000 tahun silam
2
Tulisan merupakan simbol dari pikiran
atau imajinasi
3
Berhitung awalnya hanya menggunakan jari
tangan, namun ketika jari tidak mencukupi digantikan oleh benda seperti kerikil
atau batang. Ketika benda tersebut cukup banyak, digantikan dengan tulisan
(angka)
4
Matematika merupakan alat untuk
mengatasi masalah yang berkaitan dengan komputansi
5
Keberadaan matematika dalam ilmu sains
adalah mutlak. Tanpa matematika, IPA tidak akan berkembang, dan
6
Matematika menggunakan metode deduksi untuk
keperluan pemodelan dan rekonstruksi gejala alam dan perilakunya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar