Minggu, 12 Maret 2017

Tugas 1 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar



Nama : Gading Sari Wulandari
Kelas : 1PA12
NPM : 12516942
Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar
Tujuan dalam pembelajaran matematika dan ilmu alamiah dasar di sini adalah sebagian yang masuk jurusan psikologi adalah non mipa dan mata kuliah ini menjelaskan kepada mahasiswa yang non mipa bagaimana pengetahuan tentang IPA dan teknologi yang ada di dalamnya. Seperti yang tidak diajarkan IPS seperti faktor penting kehidupan manusia, Sumber Daya Alam dan lingkungannya. Ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar adalah kita mengenal lebih dalam tentang IPA. Lalu bagaimana peranan ilmu pengetahuan terhadap teknologi pada zaman sekarang dan perkembangan. Lalu dampak apa saja yang terjadi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pada kehidupan manusia. Apa dampak itu negatif atau positif, kita akan mengetahuinya dalam mempelajarinya.

IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi). IPTEK hadir karena adanya ilmu pengetahuan yang mendasari terciptanya suatu teknologi. Namun di dalam IPTEK ada yang memberikan pengaruh positif untuk mensejahterakan manusia dan ada juga yang memberikan pengaruh negatif untuk menghancurkan manusia. Seperti misalnya yang bermanfaat saat ini yang sering kita rasakan adalah handphone. Handphone bisa memberikan dampak yang positif maupun yang negatif untuk kehidupan kita. Positifnya adalah pada zaman dulu orang tua kita memberikan kabar untuk keluarga atau saudara yang jauh harus menggunakan surat tetapi dengan adanya handphone memberikan kabar dengan hitungan detik. Sedangkan dampak negatif yang dirasakan adalah orang menjadi cenderung tertutup dan anti sosial karena keseringan bermain handphone.

Rasa ingin tahu. Suatu ilmu pengetahuan muncul karena ada rasa keingin tahuan seseorang lalu rasa ingin tahu manusia berkembang lama kelamaan menjadi ilmu pengetahuan. Rasa ingin tahu yang dimiliki manusia merupakan ciri khas yang tidak dimiliki makhluk lainnya. Seperti binatang mereka tidak memiliki rasa ingin tahu, tetapi hanya memiliki instink. Terkadang rasa ingin tahu seseorang juga bisa muncul menjadi sesuatu yang disebut dengan MITOS. Kenapa disebut dengan MITOS? Karena orang dulu seperti orang tua kita memiliki keterbatasan pengetahuan dan teknologi sehingga mereka mengartikan secara sepengetahuan mereka saja. Itulah yang menjadikan rasa ingin tahu itu menjadi MITOS.

MITOS. Seperti yang dijelaskan sebelumnya mitos terjadi karena adanya keterbatasan pengetahuan dan teknologi. Terkadang tidak semua rasa keingin tahuan kita bisa dijawab melalui apa yang kita lihat dan pengalaman kita. Sehingga seseorang menebak-nebak jawaban yang ada dipikirannya itu sendiri. Seperti misalnya, ada orang tua bilang “jangan nyapu malem malem nanti susah untuk cari rezeki” lalu kita berpikir apa hubungannya kita menyapu di malam hari dengan susah untuk mencari rezeki? Tetapi sebenarnya bisa dijelaskan dengan logika, pada zaman dulu kurangnya penerangan sehingga kalau kita menyapu di malam hari siapa tahu yang kita sapu adalah duit atau emas yang jatuh. Jadi itu sebabnya mengapa menyapu di malam hari bisa susah untuk mendapatkan rezeki.

SAINS. Ciri khas dari sains, sains itu tidak membahas mengenai sistem nilai dan moral, keindahan, baik buruk menjijikan seperti darah, urin, fases dll, tidak mengenal politik dan juga tidak sampai wahyu illahi. Ada 3 cara untuk memperoleh pengetahuan yaitu, prasangka, intuisi, dan trial and error. Prasangka adalah sesuatu hal yang masih menjadi dugaan. Intuisi adalah kemampuan yang dimiliki seseorang secara tiba-tiba tidak melalui akal pikiran. Trial and error adalah suatu metode yang dapat digunakan dalam mencari solusi dalam sebuah masalah.

Peranan matematika dalam sains
·        1. sejak 12.000 tahun silam manusia mulai menulis dan berhitung.
·        2. Kemudian berkembang matematika mutlak dibutuhkan dalam sains (IPA).
·        3. Matematika menggunakan metode deduksi yang sangat handal untuk keperluan pemodelan dan rekontruksi gejala alam dan perilakunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...