Selasa, 21 Maret 2017

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 2



Nama : Gading Sari Wulandari
Kelas : 1 PA12
NPM : 12516942
MITOS
1.      Mitos Tidak Boleh Menyapu di Malam Hari
Pada suatu hari bapak saya menyapu di malam hari entah kenapa waktu bapak saya ingin menyapu saja. Lalu ibu saya berkata “Jangan nyapu malam-malam pak nanti rezekinya seret”. Saya bingung kenapa ibu saya kok ngomong seperti itu. Lalu saya bertanya tanya, kenapa sih kok tidak boleh menyapu di malam hari? Ternyata saat saya mencari di internet, saya mendapatkan jawabannya. Jadi jaman dahulu itu, penerangan itu sangat sulit atau susah. Jadi, kalaupun kita menyapu di malam hari pun percuma toh juga tidak terlihat apa yang di sapu. Terus kenapa bisa menjadi rezeki kita susah atau seret. Itu karena seandainya ada emas atau uang yang jatuh dan karena gelap tidak ada penerangan sehingga tidak terlihat kan kalau di sapu, jadinya kalau di sapu sama saja kita kehilangan rezeki kita. Begitu lah maksud mitos dari tidak boleh menyapu pada malam hari.
2.      Mitos Membuka Payung Dalam Rumah
Ada mitos yang mengatakan bahwa kalau membuka payung di dalam rumah akan membawa bencana atau kesialan. Saya pernah suatu saat ditegur oleh ibu saya karena membuka payung di dalam rumah. Menurut saya tidak masuk akal saja membuka payung bisa membuat kesialan. Kemudian saya mencari penjelasan di internet. Ternyata mitos membuka payung itu tidak hanya di percaya oleh daerah ibu saya saja, tetapi di luar negeri juga percaya dan membuat film tentang mitos tersebut. Jadi sebenarnya penjelasannya itu mengapa tidak boleh? Karena bayangkan saja kita sedang membuka payung di dalam rumah dan kemudian kita melukai anggota keluarga kita karena terkena ujung dari payung tersebut itu sama saja kan mendatangkan masalah juga. Kecuali di dekat kita tidak ada orang saat sedang membuka payung. Demikian maksud mitos dari tidak boleh membuka payung di dalam rumah.
3.      Mitos Kalau Menyapu Tidak Bersih Dapat Suami Brewokan
Saya pernah suatu saat menyapu, namun saya agak sedikit malas melakukannya. Kemudian ibu saya melihat saya dan bilang “dek kalo nyapu yang bersih nanti suaminya brewokan” memang sulit untuk mengerti maksud dari mitos tersebut. Tetapi kebanyakan wanita jaman dahulu mempercayai mitos tersebut. Dan juga beberapa wanita dulu menganggap kalau laki-laki brewokan itu kriminal atau penjahat. Jadi wanita dulu lebih memilih memilih menyapu bersih ketimbang tidak bersih dan nantinya mendapat suami brewekon.

4.      Mitos Bayi Baru Lahir di Tempat Tidurnya Harus Dikasih Sisir dan Kaca
Saya diberitahu oleh ibu saya, jadi di jawa itu ada sebuah mitos saat bayi yang sangat baru-barunya lahir itu kalau tidur di tempat tidurnya harus ditaruh sisir dan kaca. Menurut kepercayaan orang-orang di sana hal tersebut dapat menangkal gangguan makhluk halus terhadap si bayi. Memang menurut ahli metafisika makhluk halus seperti kuntilanak, kolong wewe, atau sebangsanya akan takut bila melihat sisir atau kaca. Oleh karena itu mitos tersebut ada benarnya karena bayi itu masih suci, jadi banyak makhluk halus yang berusaha untuk mengganggu. Kalau ada kedua benda di dekatnya secara langsung makhluk halus yang ingin menggangu akan pergi atau menjauh.

Sumber :
1.      Ibu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...