Rabu, 22 Maret 2017

Tugas Ketiga Matematika&IAD



Nama   : Maharani Anjar Nuria
Kelas   : 1PA12
NPM   : 14516215
Pertemuan 3
1. Carilah Perkembangan Teknologi dalam kehidupan sehari-hari (2 Teknologi)

1.       Perkembangan Teknologi Produksi Pakaian



Alat Tenun Tradisional

Untuk memenuhi kebutuhan sandang, masyarakat masa lalu menggunakan alat tenun yang terbuat dari kayu dengan rakitan yang sangat sederhana. Untuk bahan pewarnanya biasanya menggunakan bahan-bahan dari kulit pohon atau daun tanaman. Mereka meraciknya secara sederhana. Tentu saja pekerjaan ini memerlukan tenaga yang cukup besar dan waktu yang lama. Produk yang dihasilkannya pun tidak banyak. 



Pabrik Tekstil Dengan Mesin Jahit Modern

Masyarakat masa kini sudah dapat memenuhi kebutuhan sandangnya dengan mudah. Alat-alat yang berteknologi modern sudah banyak ditemukan. Pabrik tekstil dengan mesin-mesin modern kini dapat menghasilkan kain dalam jumlah besar dan kualitas yang tinggi. Bahan baku pembuatan kain pun juga lebih bervariasi, misalnya kapas, bulu biri-biri serta bahan sintetis (buatan). Meskipun demikian, saat ini masih banyak orang yang menggunakan cara dan bahan tradisional. Biasanya harganya justru lebih mahal.

2.       Perkembangan Kompor

1.       

Tungku Api

Tungku adalah alat yang dirancang sebagai tempat  pembakaran sehingga bahan bakar dapat digunakan untuk memanaskan sesuatu. Tungku pada umumnya terbuat dari bahan tanah liat atau batu bata. Selain itu tungku tersusun menggunakan batu yang diatur sehingga bahan bakar terlindungi dan panas dapat diarahkan. Tungku api sudah ada di China sejak jaman Dinasti Qin (221-206/207 SM). Bahan bakarnya adalah kayu bakar yang dimasukkan dari lubang di bagian depan.

Kelebihan tungku api adalah; menghemat biaya, masakan menjadi lebih nikmat, Akan tetapi kekurangnya masih sangat banyak seperti; tidak bisa mengontrol besar kecilnya api, api tidak menyebar dengan rata, asap yang ditimbulkan lebih banyak, dan mengakibatkan polusi udara. Selain itu asapnya dapat menyebabkan mata perih dan menyebabkan dapur menjadi menghitam.

2.

Kompor Minyak

Kompor minyak tanah pertama kali dikenalkan tahun 1849 oleh Alexis Soyer. Penggunaan kompor berbahan bakar minyak tanah pada saat itu dinilai jauh lebih baik karna mengurangi asap tungku yang dapat membahayakan kesehatan. Kompor minyak tanah mempunyai ruang penampungan minyak tanah di bagian dasar, jari-jari sumbu kompor di bagian tengah, dan dudukan di bagian atas untuk meletakkan alat masak. Dalam sejarah  perkembangannya, kompor minyak tanah dilengkapi pengatur api/sumbu dan petunjuk jumlah miyak tanah.
3.

Kompor Gas

Kompor gas pertama kali dibuat pada tahun 1820, namun masih dalam bentuk eksperimen dan bersifat rahasia. Baru benar-benar muncul pertama kali pada World Fair di London tahun 1851. Masyarakat jaman sekarang sudah menggunakan  kompor gas karena lebih praktis dan tidak membuat mata perih dan tidak menyebabkan dapur menjadi hitam. Cara kerja kompor gas ini hanya perlu memutar tombol untuk membesarkan dan mengecilkan api sesuai dengan keingingan. Selain itu kompor gas juga mempunyai kekurangan, yaitu masih sering terjadinya ledakan kompor gas yang memakan korban jiwa dan harta benda.

           4.

Kompor Listrik

Seiring dengan perkembangan zaman, muncullah yang dinamakan dengan kompor listrik. Kompor Listrik dibuat pada tanggal 20 September 1859, George B. Simpson di Washington DC, Amerika Serikat. Kompor ini dinilai lebih aman karena tidak membutuhkan api melainkan listrik yang diubah menjadi energi panas. Selain itu kompor ini akan jauh lebih praktis dan efisien. Kelebihan dari kompor listrik antara lain; lebih aman, tidak  bepolusi, mudah di bersihkan, terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan modern, dilengkapi dangan alat pengukur suhu, cara menggunakannya hanya di colok ke stop kontak. Sedangkan kekuranganya ialah; membutuhkan daya listrik lebih besar, harganya mahal, tidak bisa digunakan ada pemadaman listrik, Tak semua peralatan masak bisa dipakai di kompor listrik, contohnya wajan. Namun perlu kita sadari tidak semua kalangan masyarakat mampu memiliki kompor berjenis ini. Karena jika dibandingkan dengan kompor jenis lain harga dari kompor listrik ini cukuplah menguras kantong karena harganya yang mahal.

2.      Carilah Teknologi yang digunakan dalam Psikologi (2 teknologi)

1.      E-counseling
Contoh teknologi penerapan internet dalam bidang Psikologi yaitu E-counseling (E-mail Counseling). Internet menawarkan proses Psikoterapis yang menggunakan media komunikasi yang baru, melalui media tersebut mereka dapat memberikan intervensi Psikoterapi. E-counseling merupakan pelayanan intervensi Psikologi yang dilakukan melalui internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan, kemudian menyusun rencana dalam melakukan intervensi Psikologi secara bertatap muka. E-counseling membantu terapis mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya.

2.      Program SPSS
Program ini dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu Psikologi. Ilmu Psikologi menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Dalam penelitian jumlah subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan. Data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia. Jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya. Dengan aplikasi SPSS masalah yang muncul jika diolah secara manual dapat teratasi.

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...