Minggu, 19 Maret 2017

tugas 2 matematika dan ilmu alamiah dasar

Nama    : Syifa Afifah
NPM      : 17516264
Kelas     : 1PA12

TUGAS  MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR 2
Mitos timbul karena rasa ingin tahu tetapi mengalami keterbatasan akal (akal) atau rasional dan keterbatasan indera, penjabaran tersebut adalah tentang mitos pada minggu lalu. Tak sedikit masyarakat Indonesia yang mempercayai mitos yang diturunkan dari generasi ke generasi. Mitos yang beredar dari setiap daerah pun berbeda-beda, tapi mereka memiliki tujuan penjelasan yang sama. Disini saya akan menjabarkan beberapa mitos yang saya ketahui ataupun bersumber dari keluarga dan lingkungn disekitar saya yang mayoritasnya orang sunda dan jawa.
Pertama,  banyak yang mengatakan bahwa bayi yang baru lahir dan masih dalam usia menyusui disekitarnya harus ada sapu lidi, yang mana ini bertujuan untuk          menghindari bayi dari berbagai macam makhluk halus dan marabahaya. Menurut  rasional  itu hanya akan melukai sang bayi jika saja bayi tersebut tidak bisa diam maka bisa saja bagian tubuh bayi kena sapu lidi.
Kedua, tak hanya menjadi kepercayaan masyarakan barat. Mitos seekor burung gagak pun menjadi suatu mitos yang dipercayai masyarakat Indonesia. Banyak yang mengatakan bahwa  jika disekitar lingkungan kita terdapat bunyi suara burung gagak maka itu adalah pertanda kematian seseorang dilingkungan tersebut. Entah harus dipercaya atau tidak. Toh, itu semua hanyalah sebuah mitos. Akan lebih baik jika mitos itu ditinggalkan sehingga psikologis seseorang ketika mendengar suara burung gagak tidak negative.karena sesuatu yang negative tidaklah baik.
Ketiga, membuka payung didalam rumah akan menyebabkan seseorang meninggal. Tentu ini bukan lah sesuatu kepercayaan yang masuk akal. Kematian seseorang sudah menjadi sebuah keputusan Yang Maha Kuasa, kematian sudah tertulis ditakdir masing-masing orang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa mitos ini bertujuan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan terjadi. Seperti, terpelesetnya seseorang ketika payung yang masih basah di letakan didalam rumah dan payung juga akan menghalangi jalan seseorang.
Keempat, ketika seorang bayi baru lahir dan memiliki ari-ari maka ari-ari tersebut harus dikubur dan diberikan peneranga seperti lampu dalam beberapa bulan. Banyak orang yang menganggap bahwa jika tempat terkuburnya ari-ari bayi tersebut diberi cahaya lampu maka aka nada peri yang menemani dan menjaga si bayi tersebut. Lampu ini ditujukan selain guna menandai tempat dikuburnya ari-ari, cahaya yang dihasilkan juga dapat menandakan agar orang-orang yang lewat di depan rumah tidak membuat kegaduhan atau suara-suara mengagetkan. Umumnya, suara gaduh dan bising dapat mengganggu si kecil dan membuatnya rewel.
Dari semua mitos yang telah saya jabarkan, dapat disimpulkan bahwa mitos ada untuk kebaikan dan keselarasan manusia dalam bertindak di dunia ini. Semua mitos pada dasarnya memiliki suatu tujuan tersirat yang baik untuk yang mendengar ataupun yang mempercayainya.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...