Minggu, 19 Maret 2017

Tugas 2 iad

Nama : Zhafira Febrianty
Kelas : 1PA12
Npm : 17516934
Pertemuan 2


Candi Bajang Ratu
Candi Bajang Ratu merupakan salah satu candi peninggalan kerajaan majapahit yang berada di Trowulan, Mojokerto. Candi Bajang Ratu merupakan sebuah gapura peninggalan majapahit, namun karena masyarakat  sekitar terbiasa menyebut candi, maka terkenalnya menjadi Candi Bajang Ratu. Gapura atau candi bajang ratu dibangun dari bata yang direkatkan satu sama lainnya dengan sistem gosok, kecuali pada ambang pintu dan anak tangga terbuat dari batu andesit. Dari kepercayaan masayarakat dan mitos yang telah beredar, Candi Bajang Ratu diduga sebagai pintu masuk ke sebuah bangunan suci untuk memperingati wafatnya raja Jayanegara pada tahun saka 1250 atau tahun 1328 masehi. Tidak hanya itu, ada sebuah pantangan atau pamali bagi para pejabat pemerintah untuk melintasi atau memasuki pintu gerbang Candi Bajang Ratu ini. Menurut kepercayaan yang ada, seseorang yang mempunyai jabatan di pemerintahan dan melanggar pantangan tersebut, dipercayai akan mengalami nasib buruk.



Candi Tikus
Candi Tikus yang terletak di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, bagi sebagian penduduk sekitar dipercayai memiliki unsur magis dan dapat memberikan kesejahteraan. Cerita ini bermula dari seorang petani yang gelisah karena serbuan tikus sawah. Hasil tani yang biasanya cukup untuk menghidupi seluruh anggota keluarga, kini nyaris tak tersisa. Tak tahan menghadapi serbuan tikus, dia memohon kepada sang pencipta. Lalu suatu malam si petani mendapat wangsit(bisikan) agar mengambil air di kawasan Candi Tikus lalu menyiramkan air itu ke empat sudut sawah. Sebuah keajaiban terjadi, tikus-tikus yang biasanya kerap beraksi di malam hari hilang begitu saja. Tanah sawah juga mendadak jadi subur. Si Petani tak kuasa menahan kegembiraannya dan bercerita pada warga desa.
Mitos dari Candi Tikus yang dipercaya jika dahulu sawah rakyat majapahit diserang oleh hama tikus, maka mereka akan pergi ke Candi tersebut untuk mengambil air dan memercikan ke tanaman padi mereka agar terhindar dari hama tikus.



Goa Belanda Bandung
Saluran/terowongan berupa jaringan goa di dalam perbukitan ini dinamakan Goa Belanda. Pada masa kemerdekaan Goa ini pernah dipakai atau dimanfaatkan sebagai gudang mesiu oleh tentara Indonesia. Goa Belanda saat ini dapat dimasuki dengan aman dan dijadikan sebagai tempat wisata yang penuh dengan nilai sejarah. Mitos yang beredar di masyarakat mengenai Goa Belanda atau yang sering disebut Dago Pakar ini, ada satu kata dalam bahasa daerah yaitu “Lada” atau falam bahasa Indonesia berarti pedas. Pada saat kita sedang berada di kawasan ini, kita tidak boleh mengucapkan kata “Lada” tersebut. Karena kata lada itu merupakan sebutan atau nama dari salah satu tokoh masyarakat atau leluhur di daerah tersebut yang sangat dihormati dan namanya pun disakralkan oleh masyarakat setempat. Kalau kita bicara kata itu, saat berada di Dago Pakar suka kejadian hal-hal mistis atau orang yang mengucapkan kata itu akan sial dan tak jarang juga yang kerasukan.


Situ Ciburuy
Situ Ciburuy mulanya adalah dua buah sungai kecil yang kedua ujung nya saling bertemu di desa ciburuy. Pada tahun 1918, lokasi pertemuan kedua sungai itu di bendung , lalu air nya digunakan untuk mengairi persawahan,lama kelamaan, bendungan airnya makin tinggi dan menggenagi wilayah seluas 14,76 ha. Tapi tanah tertinggi yang berada di tengah danau tidak tergenang, yang kemudian membentuk sebuah pulau kecil, Masyarakat pun menamainya  Situ Ciburuy
Situ artinya danau dan Ciburuy adalah nama desa.
Disamping itu banyak mitos yang beredar tentantang situ ciburuy contohnya Ikanya susah di pancing
fenomena ini sudah ada ratusan tahun yang lalu, seperti di baitkan dalam sebuah lagu yang liriknya “ Situ Ciburuy Laukna hese di pancing “ yang artintya disitu ciburuy ikanya susah di pancing.
Memang ikannya susah untuk di pancing dan konon hanya orang pribumi yang mampu memancing ikan disitu.




Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...