Sabtu, 15 April 2017

Tugas MTK & IAD ke 5


Nama  : Maharani Anjar Nuria
Kelas   : 1PA12
NPM   : 14516215
Pertemuan 5
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang 
Penulisan karya ilmiah adalah hal yang mendasar dan wajib dipahami khususnya oleh setiap mahasiswa. Karya ilmiah merupakan bentuk argumentasi penalaran ilmu melalui bahasa tulisan. Maka diperlukannya penguasaan bahasa yang baik. Bukan saja mengetahui teknik penulisannya, melainkan harus memahami dasar pikiran yang melandasi tulisan tersebut. Untuk bisa menulis karya ilmiah yang baik, diperlukan keterampilan yang dapat dicapai apabila kita bisa menguasai teknik penyusunan dan penggunaan bahasa Indonesia secara efektif.

1.2 Rumusan Masalah
1. Pengertian Karya Ilmiah?
2. Apa saja ciri-ciri Karya Ilmiah?
3. Apa saja jenis-jenis Karya Ilmiah?


1.3 Tujuan Penulisan
1. Mangetahui pengertian dari Karya Ilmiah
2. Mengetahui ciri-ciri dari Karya Ilmiah
3.Mengetahui jenis-jenis dari Karya Ilmiah
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Karya Ilmiah
Karya Ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang ditaati oleh masyarakat keilmuan.
Menurut Drs. Totok Djuroto dan Dr. Bambang Supriyadi, pengertian karya ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodologi ilmiah, yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan. 

2.2 Ciri-ciri karya tulis ilmiah
·         Mengungkapkan permasalahan secara logis
·        Menampilkan fakta yang terpercaya
·        Menggunakan analisis yang objektif
·        Memberikan pendapat berdasarkan fakta
·        Menggunakan ragam bahasa baku
·        Menggunakan kalimat secara efektif
·        Menghindari kalimat yang bermakna ambigu
·        Menghindari kalimat yang bermakna konotatif
·        Disusun secara sistematis (teratur)

2.3 Jenis-jenis Karya Ilmiah 
  •             Makalah
Makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data di lapangan yang bersifat empiris-objektif. Makalah disusun guna memenuhi tugas-tugas mata kuliah.
  •              Artikel
Artikel adalah karangan fakta secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk disampaikan melalui koran, majalah, dan sebagainya. Bertujuan untuk menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, pendidik dan menghibur.
  •             Kertas Kerja
Kertas kerja pada prinsipnya sama dengan makalah, namun dibuat dengan analisis lebih dalam dan tajam dan dipresentasikan pada seminar atau acara yang biasanya dihadiri oleh ilmuwan. Kertas kerja tersebut menjadi acuan untuk tujuan tertentu yang dapat diterima atau ditolak oleh forum ilmiah.

  • Paper
Paper adalah sebutan khusus untuk makalah di kalangan mahasiswa dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi (Diploma/S1/S2/S3). Sistematika penulisannya sama dengan artikel atau makalah, tergantung panduan yang berlaku di perguruan tinggi masing-masing.

  • Skripsi
Skripsi adalah karya tulis ilmiah untuk memenuhi persyaratan mengakhiri studi S-1 untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi berisi tulisan sistematis yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan teori orang lain.

  • Tesis
Tesis adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S2 yang sifatnya lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri.

  • Disertasi
Disertasi adalah karya tulis ilmiah mahasiswa untuk menyelesaikan jenjang studi S3 (meraih gelar Doktor) yang mengemukakan suatu keterangan yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan menurut cara yang sebenarnya. Disertasi ini berisi suatu temuan penulis sendiri, yang berupa temuan yang asli.
Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...