Selasa, 11 April 2017

TUGAS MIAD 4 SYARWAN HAMID

Nama       : Syarwan Hamid Pamungkas
Npm         : 17516256
Kelas         : 1 PA 12

TUGAS 4 ILMU MATEMATIKA DAN ALAMIAH DASAR.

RANGKUMAN!
Ada dua tahap didalam mengolah data perkembangan ilmu alam, tahapan yang pertama adalah tahap deskriptif & kualitatif sedangkap tahapan yang kedua adalah tahapan simulatif & kuantitatif. Tahap deskriptif & kualitatif adalah tahap observasi pencatatan atas gejala alam yang disimpulkan dan dilihat kesamaan dan perbedaannya kemudian di sederhanakan dan diklasifikasikan untuk dapat lebih mudah di jelaskan atau di gambarkan dan digeneralisasikan kepada masyarakat. Sedangkan tahap simulatif & kuantitatif adalah tahap yang menirukan peristiwa-peristiwa alam. Dan tahapan ini dikembangkan dengan menggunakan ilmu matematika sehingga meningkatkan daya kontrol dan tepat dalam pengaplikasiannya didalam kehidupan sehari-hari.
Metode-Metode Dalam Ilmu Alam.
1.      Rasionalisme.
Rasionalisme merupakan metode dasar dalam pengumpulan data yang menggunakan akal/rasio untuk mendapatkan kebenaran. Metode ini terletak pada kebenaran yang hakiki dalam kehidupan yang dicari oleh kemampuan alamiah akal. Metode ini memiliki kelemahan yaitu bahwa tidak semua orang percaya kepada kita karena mereka memiliki kebenaran yang di yakini sendiri-sendiri.

2.      Empirisme.
Empirime merupakan metode yang didasarkan pada pengalaman-pengalaman manusiawi yang pernah dirasakan melalui indra-indra manusia. Metode ini bersifat konkrit. Kelemahan dari metode ini adalah fakta yang ada tidak cukup untuk menjelaskan dan memerlukan penjeladan agar dapat dipahami setiap orang.

Metode-Metode Ilmiah.
a.       Obyektif; adalah sesuai dengan obyeknya.
b.      Metodik; menggunakan cara-cara yang bertahap dan teratur.
c.       Sistematik; pengetahuan adalah sesuatu yang struktur, saling terkait sehingga merupakan satu-kesatuan yang utuh.
d.      Berlak umu; dapat digeneralisasikan dan diterima setiap orang.

Langkah-Langkah Metode Ilmiah.
Sebelum kita melakukan penelitian ilmiah, kita diharuskan terlebih dahulu tahu beberapa langkah untuk menyelesaikan penulisan ilmiah tersebut agar lebih mudah dalam melakukan penelitian. Langkah yang pertama adalah perumusan masalah. Langkah ini adalah menyusun rumusan-rumusan masalah dengan pertanyaan seperti apa objek yang diteliti ?mengapa objek itu diteliti ?dll. sedangkan langkah yang kedua adalah penyusunan hipotesis. Selanjutnya adalah pengujian hipotesis yaitu dengan pengumpulan fakta-fakta yang relevan atau masuk akal dan mendukung jalannya penelitian. Langkah yang terakhir adalah langkah penarikan kesimpulan. Setelah semua data-data terkumpul, kita harus menganalisis data-data yang telah terkumpul untuk mencari inti dari apa yang sudah kita teliti.
Sarana Berfikir Ilmiah.
Sarana berfikir ilmiah adalah sarana untuk mendukung proses penelitian. Diantaranya adalah bahasa yang digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi untuk mengungkapkan sebuah pemikiran atau juga untuk berdiskui dalam memecahkan masalah. Logika dalam berpikir ilmiah. Matematika sebagai alat untuk menganalisis data yang telah terkumpul. Dan statistika untuk membantu mencari penyelesaian atau kesimpulan secara teliti.

Penginderaan.
Penginderaan merupakan langkah penting dari metode ilmiah. Segala sesuatu yang tak dapat di indra maka tak dapat juga di selidiki. Agar penginderaan tepat dan benar maka harus di kontrol dan dicek kembali karena kemampuan indra manusia terbatas.

Peningkatan Penginderaan.
1.      Latihan
2.      Instrumen harus kalibrasi
3.      Pengecekan
4.      Eksperimen

5.      Instrumen baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...