Senin, 24 April 2017

Tugas 6 Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

Nama  : Dimas Kurniawan Jonathan
Kelas   : 1 PA 12
NPM   : 12516048

Tugas 6 MIAD


Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar

1. Jurnal Bahasa Indonesia

Judul: Penyesuaian Psikologis orang tua dengan anak down syndrome

Tujuan               : Untuk mengetahui bagaimana penyesuaian psikologis pada orang tua yang memiliki anak down syndrome dan faktor apa saja yang mempengaruhi penyesuaian tersebut.

Manfaat             : Dapat mengetahui gambaran penyesuaian psikologis orang tua yang memiliki anak down syndrome dan faktor yang mempengaruhinya.

Alasan               : Peneliti tertarik untuk mencari tau pengalaman dan gambaran penyesuaian psikologis pada orang tua yang memiliki anak down syndrome

Metode              : Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain fenomenologi.

Populasi             : Para orang tua yang memiliki anak down syndrome yang berdomisili di Denpasar dan Tabanan.

Subjek               : Para orang tua yang memiliki anak down syndrome

Sampel              : 8 orang terdiri dari empat ayah dan empat ibu yang berdomisili di Denpasar dan Tabanan.

Cara Meneliti    : Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain fenomenologi. Cara pengumpulan datanya menggunakan observasi non-participant, wawancara semi terstruktur dan laporan diri responden.

Hipotesis           : Para orang tua mampu melakukan penyesuaian psikologi dan ada faktor yang mempengaruhinya.

Hasil                  : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dengan anak down syndrome mampu melakukan penyesuaian psikologis. Dalam melakukan penyesuaian psikologis terdapat lima faktor yang berpengaruh yakni karakteristik dari anak down syndrome yang mampu mandiri, dukungan dan semangat dari lingkungan sekitar, memiliki pandangan yang positif terhadap anak yang down syndrome, menggunakan strategi koping adaptif serta karakteristik individu berupa pendidikan yang cukup tinggi.




2. Jurnal Bahasa Inggris
Judul : Effect of Father Absence on Children's Academic Performance

Tujuan               : Untuk mengetahui pengaruh kehadiran seorang ayah bagi kinerja atau prestasi akademik anak

Manfaat             : Dapat mengetahui pengaruh kehadiran ayah bagi kinerja akademik anak

Alasan               : Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh kehadiran soerang ayah bagi prestasi akademik anak - anaknya.

Metode              : menggunakan metode kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan formulir penilaian diri.

Subjek               : 45 orang anak dari status sosial ekonomi yang sama, tanpa perbedaan budaya, terdiri dari siswa kelas 6,7,8,9, dan 10. Subjek dipilih dari tiga jenis keluarga, yaitu anak dari keluarga utuh, anak dari keluarga dengan ayah yang sudah meninggal, anak dari keluarga yang orang tuanya bercerai.

Kesimpulan       : menurut hasil penelitian ini, anak - anak dengan keluarga yang utuh menunjukkan kinerja akademik yang lebih baik daripada anak - anak yang tidak merasakan kehadiran seorang ayah. Anak - anak yang ayahnya sudah meninggal dan anak - anak yang orang tuanya bercerai menunjukkan kinerja akademik yang sama. Hal ini mengungkapkan bahwa kehadiran seorang ayah memiliki peran yang sangat penting bagi kinerja dan prestasi akademik anak - anak.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Matematika dan Ilmu Alamiah Dasar Tugas 9

Nama  : Intan Justitia Dewi Top of Form Bottom of Form Kelas  : I PA 12 NPM  : 18516337 The Great Blue Hole, Jurang Terdalam ...